Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tiga Tips Keuangan Sederhana


Semua entrepreneur mempunyai ide yang bagus, atau setidaknya semangat dan kemampuan menjual yang baik. Namun, tidak semuanya mempunyai latar belakang ilmu keuangan yang bagus. Dengan modal yang pas-pasan, tidak mungkin bagi startup untuk mengangkat seorang CFO, Chief Financial Officer, atau orang yang berpengalaman di bidang keuangan. Apabila Sobat Studentpreneur termasuk entrepreneur yang tidak terlalu mengerti tentang keuangan, maka tips keuangan sederhana ini akan sangat berguna bagi Anda. Setidaknya, dengan mengikuti tiga tips keuangan ini, Anda tidak akan terkena masalah besar yang berkaitan dengan keuangan.

 

Tambah uang sakumu

 

Cari Tahu Angka Bersihnya

Net, atau angka bersih adalah salah satu tolak ukur penting dalam keuangan. Kebanyakan entrepreneur lupa bahwa net adalah yang benar-benar diterima oleh perusahaan mereka, bukan omzet ataupun keuntungan kotor. Semakin besar prosentase net profit margin Anda, semakin sehat dan baik perusahaan Anda. Setidaknya, ketika penjualan menurun, Anda akan bertahan sedikit lebih lama daripada perusahaan serupa dengan net profit margin kecil.

 

Cash Flow Positif

Aturan keuangan sederhana berikutnya yang harus dipahami oleh entrepreneur adalah pentingnya cash flow. Selama cash flow positif, setidaknya perusahaan Anda tidak akan bangkrut. Cash flow juga membantu entrepreneur untuk memantau posisi cash sebenarnya, tolak ukur apakah pengeluaran tidak melebihi budget ataupun penjualan perusahaan telah mencapai target. Selain itu, Anda akan “feel good” apabila cash flow dalam kondisi positif, itu penting bagi entrepreneur yang baru saja memulai bisnis.

 

Meminjam Uang Dengan Bijak

Wajar apabila perusahaan mempunyai hutang. Untuk mendanai ekspansi yang telah dicanangkan, mengambil hutang adalah strategi yang wajib. Namun, berhati-hatilah ketika Anda meminjam uang. Pastikan bahwa model bisnis Anda memang bisa dipraktekkan dalam ekspansi yang diinginkan, baru meminjam uang. Jangan hanya karena ada sedikit traksi, Anda sudah kepedean dan meminjam banyak uang. Apabila Anda tidak mempunyai hutang, setidaknya Anda tidak akan bangkrut. Kondisi bangkrutnya entrepreneur muda biasanya karena tidak berhasil membayar hutang.

 

Apakah Anda mempunyai tips keuangan sederhana lainnya Sobat Studentpreneur? Share di comment ini ya!

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter