Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Geng Facebook: Muda, Sukses, dan Kaya Raya


Facebook saat ini telah digunakan oleh milliaran orang dari seluruh dunia, semakin dekat dengan misi utama mereka untuk membuat semua orang di dunia terhubung. Dari segi bisnis, Facebook juga tumbuh sangat pesat, menghasilkan keuntungan sangat besar bagi semua pemegang sahamnya. Harga saham Facebook di pasar modal cukup tinggi, membuat para pendirinya kaya raya. Namun, tahukah Anda bahwa Facebook dibangun oleh beberapa anak muda di usia awal 20an? Kini, mereka sudah berusia mendekati 20an akhir atau 30 awal, masih sangat muda, namun sukses dan kaya raya. Ini dia sedikit cerita tentang anak-anak muda anggota Geng Facebook yang sangat sukses dan menginspirasi Sobat Studentpreneur.

 

Mark Zuckerberg – Ingin Mengubah Dunia, Bukan Sekedar Membangun Perusahaan

Aktor utama dari keberhasilan Facebook tentu saja CEO mereka, Mark Zuckerberg. Sejak muda, Mark sangat berbakat di dunia teknologi, sampai diperebutkan oleh Apple dan Microsoft ketika masih SMA. Mark Zuckerberg selalu merasa bahwa Facebook dapat mengubah dunia, bukan hanya sekedar menjadi perusahaan yang menghasilkan banyak uang. Menurut Mark, Facebook menghasilkan uang untuk membangun service yang lebih baik, demi dunia yang lebih baik.

mark-zuckerberg

Dustin Moskovitz – Anak Muda Terkaya Amerika Hidup Sederhana

Dustin Moskovitz adalah teman sekamar Mark Zuckerberg ketika berkuliah di Harvard. Dustin yang lebih muda beberapa hari dari Mark merupakan orang termuda yang masuk daftar orang terkaya di Amerika sesaat setelah Facebook IPO. Namun, meskipun kaya raya, ketika keluar dari Facebook Dustin Moskovitz malah terjun lagi ke dunia startup, bekerja 16 jam sehari demi membesarkan perusahaan barunya, Asana. Dustin hidup sederhana, masih menggunakan sepeda untuk berangkat ke kantor dan terbang dengan kelas ekonomi meskipun bisa membeli jet pribadi.

 

Eduardo Saverin – Pencipta Algoritma Awal Facebook yang Menikmati Uang

Film The Social Network yang bercerita tentang Facebook berhasil memenangkan oscar pada dasarnya menggambarkan pertengkaran antara Mark Zuckerberg dengan Eduardo Saverin. Eduardo yang ikut menciptakan algoritma awal Facebook ditugaskan pada bagian pengembangan bisnis Facebook justru bekerja buruk. Mark mengeluarkan Eduardo, berujung pada perang di pengadilan selama beberapa tahun. Eduardo berhasil memenangkan sahamnya kembali, senilai 40-50 Trilliun Rupiah. Berbeda dengan Dustin, Eduardo kini tinggal di Singapura dan berfoya-foya dengan wanita cantik tiap malamnya.

 

Chris Hughes – Tidak Bisa Coding Namun Membuat Facebook dan Barrack Obama Berhasil

Chris Hughes sangat unik di tim awal Facebook. Dia adalah satu-satunya orang yang tidak mempunyai kemampuan coding maupun algoritma. Chris membantu Facebook mengenali pasar karena kemampuannya yang besar di bidang media. Pada masa awal Facebook, Chris berhasil membuatnya viral dan digunakan banyak orang. Setelah Facebook berhasil, Chris keluar dan membantu Barrack Obama menjadi presiden di Amerika. Chris menciptakan sebuah website dan gerakan social media yang menghasilkan dukungan sangat besar bagi Obama. Dengan uangnya dari Facebook, Chris Hughes membeli media yang sangat dia cintai sejak kecil, The New Republic dan berusah membangunnya kembali.

 

Adam D’Angelo – Lebih Pintar 6x Lipat Dari Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg pernah berkomentar bahwa Adam D’Angelo, CTO (Chief Technology Officer) pertama Facebook lebih pintar 6x lipat darinya. Adam juga termasuk salah satu dari hanya 6 orang yang idenya dinilai sangat brilliant oleh Mark Zuckerberg. Kecerdasan teknis ini membuat Mark sangat berat melepaskan Adam dari Facebook. Kemampuan eksekusi teknis Adam sangat luar biasa. Saat ini, Adam D’Angelo membangun Quora, sebuah tempat dimana Anda bisa bertanya pertanyaan apapun dan mendapatkan jawaban dari ahli di bidangnya.

 

Kalau Anda ingin membaca cerita lengkap masing-masing anggota Geng Facebook ini, tinggal klik nama mereka diatas. Semoga menginspirasi. Jangan lupa ikuti Facebook dan Twitter kami ya!

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+