Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People July 2012 Edition

Indah Adelia – Mencintai Reptil


Saat pertama kali kenal dengan Indah Adelia, tim StudentPreneur sempat tersontak kaget. Gadis kelahiran Tokyo ini sangat dekat dengan reptil! Namun Indah tidak hanya menggemari reptil, dia berhasil mendapatkan pendapatan yang sangat besar dari bisnisnya. Indah dikenali sebagai salah satu juragan reptil terbesar di Surabaya. Mari kita dengar ceritanya.

Bagaimana awal mula bisnis yang terbilang unik ini?

Awalnya saya suka dan mencoba berinteraksi dengan hewan-hewan eksotik. Bisa dibilang saya mencintai hewan-hewan tersebut. Lalu saya menangkap peluang untuk bisnis di bidang ini dengan belajar terlebih dahulu kepada orang lain. Saya sampai dipilih menjadi kepala toko. Gaji sebagai kepala toko tersebut saya tabung dan akhirnya membuat bendera sendiri dengan nama DnD Reptiles pada 15 Maret 2011. Lalu pada tanggal 11 November 2011, nama DND Reptiles diubah menjadi Adelle Exotic Pet Specialist sampai sekarang.

Selain dari segi bisnis, kenapa anda bisa mendirikan Adelle Exotic Pet Specialist?

Mungkin bisa digambarkan dari visi misi kami ya. Visi dari Adelle Exotic Pet Specialist adalah merubah pandangan masyarakat mengenai reptil menjadi baik, menjadikan reptil sebagai pilihan hewan peliharaan yang aman, serta menjadi panutan dalam memilih reptil yang cocok untuk dipelihara. Lalu secara singkat, misi kami adalah memberikan arahan yang benar untuk memelihara hewan eksotik khususnya reptile, mengedukasi masyarakat untuk mencintai hewan, dan memberikan pelayanan yang terbaik pada konsumen.

Hewan apa sajakah yang dijual?

Berpusat kepada reptil (Ular, Tortoise/kura darat, turtle/kura air, kadal & Biawak impor dan lokal), amphibi (Katak, kodok, salamander, Axolotl) dan Arachnida (Tarantula,scorpion). Basically, saya ingin memberi pilihan hewan-hewan eksotis selengkap mungkin pada pelanggan.

Apakah ada perawatan khusus agar hewan – hewan eksotik tersebut tetap mempunyai nilai tinggi saat berada di tangan konsumen?

Perawatannya seperti menjaga kebersihan, menjaga keamanan, dan membentuk citra yang baik. Kita juga harus mengetahui dan menguasai tempramen masing-masing hewan agar saat menjelaskan pada pelanggan kita tidak gagap karena takut. Semua hewan harus diperlakukan secara khusus dan hati-hati. Tidak boleh disamakan. Bagaimana strategi penjualannya? Strategi kami sebenarnya sangat sederhana. Kami hanya pasang iklan online melalui social media dan promosi lewat BBM setiap hari. Kualitas dari hewan juga dijaga setinggi mungkin sehingga pelanggan puas. Kalau pelanggan puas, nanti pasti mereka mempromosikan kepada teman dan keluarganya sendiri. Sehingga ketika ada teman dan keluarga dari pelanggan mencari reptil atupun hewan eksotis, tentu kami menjadi pilihan pertama.

Omzet bulanan saat ini? Lebih dari Rp. 75.000.000 per bulannya. Kami berusaha untuk tetap bertumbuh lagi. Ceritakan hal yang paling sulit dalam bisnis tersebut dan bagaimana solusinya?

Yang paling sulit adalah ketika harus tetap meyakinkan customer agar berbelanja di kami saat toko sebelah pasang harga lebih murah. Kami berusaha menjaga kualitas hewan sehingga meskipun saingan memberikan harga lebih murah, pelanggan tetap datang dan memilih kami.

Apa kunci sukses anda dalam menjalankan bisnis anda? Bersyukur dengan apapun yang telah terjadi dan menerima apa yang akan terjadi. Never look back! If Cinderella went back to get her shoes. She wouldn’t be a princess, jadi kita tidak boleh menyesal dengan apapun yang terjadi. Kita juga tidak boleh takut untuk mencoba, meskipun terkadang akan gagal. If you’re not prepared to be wrong, you’ll never come with anything original. Lalu biasakan untuk berkata “terima kasih” atas semua hal yang telah terjadi serta berkata “baiklah” untuk hal-hal yang akan terjadi. Intinya, hadapi saja!!

Data Diri Nama : Indah Adelia

Tempat / tgl lahir : Tokyo – 15 Maret 1991

Email fb / twitter : [email protected]

Kuliah, semester : Universitas Ciputra Semester 8

Asal SMA : SMA. YPPI 1

Hobi : Traveling

Nama Bisnis : Adelle Exotic Pet Specialist

Website : iadelia.multiply.com