Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Ingin Sukses Jangan Bermimpi Saja, Harus Mau Melakukan Hal Tidak Enak Juga


Setiap orang menginginkan kehidupan yang mapan dan sukses. Namun demikian, kesuksesan tidak bisa diraih dengan mudah. Kamu harus berjuang demi memperolehnya terlebih di usia yang cukup mudah. Untuk mendapatkan kesuksesan dalam berkarir, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, termasuk melakukan beberapa hal tidak menyenangkan berikut ini Sobat Studentpreneur:

 

Bangun Lebih Awal

Percaya atau tidak, seseorang dapat lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu di pagi hari. Pikiran yang masih segar dan tenaga yang masih utuh setelah bangun tidur tentu menjadi alasan utamanya. Nah, jika kamu ingin sukses, mulai sekarang cobalah untuk bangun lebih awal dibandingkan biasanya. Kamu bisa memasang alarm sesaat sebelum tidur untuk memudahkan kamu bangun di pagi hari jika memang tidak ada orang lain yang bisa membangunkanmu.

 

Olah Raga di Pagi Hari

Tidak semua orang menyukai aktivitas fisik yang satu ini. Berolah raga di pagi hari sering kali dilewatkan padahal banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Kamu yang malas berolah raga, cobalah untuk mulai memotivasi diri untuk menyukai kegiatan ini. Pilih aktivitas yang memang tidak terlalu berat untuk kamu lakukan, misalnya jogging atau yoga. Ingatlah, modal utama yang kamu miliki untuk bisa meraih sukses adalah dengan menjaga kesehatan tubuh dengan rutin berolah raga.

 

Berani Berbicara di Depan Publik

Jason_Lewis_adventurer_public_speaking

Berbicara di hadapan banyak orang tentu bukan hal yang mudah, terlebih untuk kamu yang tidak terlatih dalam hal ini. Namun, kemampuan berbicara dapat dengan mudah membantumu untuk meraih kesuksesan. Kunci sukses berbicara di depan publik adalah dengan memiliki rasa percaya diri serta pengetahuan yang cukup terkait hal-hal yang akan kamu sampaikan. Kamu bisa berlatih berbicara di depan cermin sebelum mempraktikannya di hadapan orang banyak.

 

Bekerja dengan Data

Bisa jadi matematika adalah musuh dari kebanyakan orang. Bekerja dengan data tentu erat kaitannya dengan rumus dan angka-angka perhitungan. Hal ini adalah sesuatu yang tidak menyenangkan untuk dilakukan, tetapi justru bisa dengan mudah membuatmu sukses. Dengan menggunakan data-data yang ada, kamu dapat menemukan kemungkinan-kemungkinan yang ada di pasar dan tidak dilihat oleh pesaing bisnismu.

 

Belajar Menerima Kritik

Dalam bekerja kamu terkadang akan menerima kritik yang mungkin kurang menyenangkan. Namun, harus dijadikan catatan bahwa kritikan adalah cambuk yang harus bisa membuatmu terpacu untuk bekerja lebih baik lagi. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia, kamu pun pasti pernah melakukan kesalahan. Harus ada seseorang yang mengingatkan dalam bentuk kritikan agar kamu bisa melakukan evaluasi untuk diri sendiri.

 

Belajar Menerima Pujian

Selain kritik, kamu pun harus belajar cara menerima pujian dengan baik dan benar. Pujian bisa saja menghanyutkanmu terlebih jika kamu adalah tipikal orang yang mudah merasa puas terhadap segala sesuatu yang telah kamu lakukan. Belajar menerima kritikan dapat dimulai dengan mendengarkan pujian itu dan mengucapkan terima kasih kepada pemberinya.

 

Berani Menyampaikan Saran atau Kritik

Belajar menerima kritik memanglah sulit, namun lebih sulit lagi ketika kamu dituntut untuk berani menyampaikan saran atau kritik kepada rekan kerja bahkan atasan. Padahal, kritik yang kamu berikan dapat membantu mereka untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Untuk menghindari kesalahpahaman, kamu bisa belajar untuk menyampaikan saran atau kritikan dengan cara yang lebih baik, seperti memilih kalimat positif dan menghindari nada bicara yang kurang enak didengar,

 

Itulah tadi beberapa hal tidak enak yang justru akan membantu kamu meraih kesuksesan Sobat Studentpreneur. Tunggu apalagi? Lakukan sekarang dan bersiaplah menjadi sukses.

Inas Twinda

Inas adalah social media manager di Picodio, sebuah startup digital agency di Surabaya. Dia sangat mencintai dunia startup!

Facebook Twitter