Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Peraturan 5 Jam yang Bisa Buat Kamu Sukses


Sobat Studentpreneur, siapa sih yang tidak ingin meraih sukses di usia muda? Terlebih bagi kamu yang sudah berani untuk memulai bisnismu sendiri. Belajar menjadi sukses dari orang lain itu memang sangat diperlukan, namun siapa sangka jika ada peraturan 5 jam ini yang bisa membuatmu sukses lebih cepat. Penasaran apa saja bagian dari peraturan 5 jam yang harus kamu taati?

 

Rajin Membaca

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Arti dari pepatah tersebut adalah kamu akan menemukan banyak ilmu dengan membaca. Tak terkecuali bagi para pengusaha sukses kelas dunia seperti David Rubenstein yang membaca sebanyak enam buku dalam satu minggu, serta Dan Gilberts yang juga meluangkan waktu selama satu hingga dua jam dalam sehari untuk membaca. Inilah peraturan pertama yang harus kamu lakukan untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan.

Jika kamu adalah tipikal yang mudah jenuh, sebaiknya hindari untuk membaca buku bertemakan bisnis usai jam kerja. Sebaliknya, kamu bisa membaca buku-buku lain yang lebih menyegarkan pikiran, seperti buku motivasi ataupun biografi tokoh yang kamu idolakan. Dengan demikian kamu pun akan lebih termotivasi untuk segera meraih kesuksesan.

 

Berikan Waktu Untuk Berpikir

Peraturan kedua yang tak kalah pentingnya adalah dengan memberikan waktu bagi diri sendiri untuk berpikir. Tujuannya adalah untuk menemukan jalan keluar atas permasalahaan yang ada maupun mendapatkan ide-ide baru yang lebih segar sehingga bisnis yang dijalankan dapat berkembang pesat. Terbukti bahwa Tim Amstrong, petinggi AOL, pun meluangkan waktu hingga empat jam dalam seminggu untuk berpikir bersama dengan seluruh anggota tim senior di perusahaannya.

Namun, tetap pertimbangkan waktu untuk istirahat. Terus menerus berpikir keras bisa membuat dirimu mudah lelah dan justru berakibat fatal jika hal ini mempengaruhi kondisi kesehatan tubuhmu. Berpikir dan beristirahat, keduanya harus berjalan seimbang.

 

Melakukan Percobaan

Mendapatkan ilmu dari membaca dan ide baru dari berpikir bersama tim akan semakin lengkap jika disertai dengan percobaan. Sebagai seorang pebisnis kamu dituntut untuk selalu berinovasi dalam menciptakan produk ataupun pemberian layanan kepada para pelanggan. Percobaan ini dapat dilakukan untuk menemukan peluang-peluang yang mungkin tidak dimiliki oleh pebisnis lain di bidang yang sama denganmu. Jangan takut menemui kegagalan, sebab dari kegagalan kamu lebih bisa bangkit dan memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan.

Tidak sedikit perusahaan besar yang juga rutin melakukan percobaan, seperti Facebook yang terus melakukan percobaan menghalau upaya peretasan selama satu bulan penuh. Berlaku pula pada Google yang juga tetap melakukan percobaan selama 20% dari total jam kerja karyawannya.

 

Mengukur Kemajuan

Mark_Zuckerberg_-_South_by_Southwest_2008_-_5

Peraturan terakhir yang bisa membuatmu sukses adalah dengan mengukur sejauh mana kemajuan yang telah dicapai oleh perusahaan. Hal ini tentu akan bermanfaat untuk melakukan perbaikan apabila memang ada bagian atau kinerja yang harus diperbaiki. Selain itu, mengukur kemajuan sebuah bisnis juga dapat dijadikan sebagai tolok ukur atas hasil yang dicapai oleh kerja kerasmu dan juga para karyawan lainnya.

Mark Zuckerberg adalah salah satu orang terkaya dan paling sukses di dunia pada usia yang relatif muda. Ia terus melakukan pengukuran terkait bisnis yang dijalankan, seperti terjun secara langsung untuk melihat kinerja karyawan bahkan pada divisi yang paling bawah. Baginya, mengukur kemajuan perusahaan sangatlah penting untuk mengetahui efektivitas serta produktivitas di perusahaannya.

 

Kesuksesan itu dimulai dari diri sendiri. Siap melakukan peraturan 5 jam yang bisa membuatmu sukses? Selamat mencoba!

Inas Twinda

Inas adalah social media manager di Picodio, sebuah startup digital agency di Surabaya. Dia sangat mencintai dunia startup!

Facebook Twitter