Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Motivational Tips

Nilai Tambah


Bagaimana agar kita mendapatkan penghasilan terbaik dalam hidup ini? Entah menjadi entrepreneur, maupun intrapreneur?

Saya akan menjelaskan dengan sebuah metafora, sebelumnya izinkan saya bertanya satu hal, kira kira, Nokia jaman dahulu (yang ada senter nya), dibandingkan BlackBerry, lebih mahal mana?

Tentunya BlackBerry. Mari kita bedah, mengapa? Karena BlackBerry memiliki nilai lebih dibandingkan Nokia tadi. Ketika Nokia hanya bisa sms, telp, main game, dan kalkulator. Blackberry juga bisa melakukan itu, bahkan lebih, bisa foto, video, mengirimkan gambar, musik, mengirimkan voice note, berkomunikasi dengan BBM, dan masih banyak lagi.

Andersons_APlus_System_Gray_Logo_Web

Begitu juga dengan diri kita, agar kita dihargai lebih, atau memiliki penghasilan lebih, adalah dengan membuat nilai tambah dalam diri, atau produk, atau jasa kita.

Sama seperti ini, mengapa seorang dokter dibayar lebih mahal, dibandingkan penjaga rumah sakit? Karena dokter bisa melakukan apa yang tidak dilakukan oleh penjaga rumah sakit.

Saya teringat, dengan kata kata dari salah satu guru saya, T Harv Eker tentang hukum pendapatan (law of income). Ia menyebutkan seperti ini, “You will be paid in direct proportion to the value you deliver according to the marketplace.”

Atau dalam Bahasa Indonesia, pendapatan kita, akan sesuai dengan nilai yang kita berikan dalam pasar.

Berarti, kalau kita menginginkan pendapatan yang terbaik, kita harus memberikan yang terbaik.

Salah satu contoh bidang usaha yang memanfaatkan nilai tambah, adalah warung nasi padang yang ramai di dekat tempat saya tinggal. Saya penasaran, apa yang menyebabkan warung padangnya begitu ramai, sedangkan yang lain tidak.

Ketika saya masuk dan makan di sana, ternyata di dalamnya ada tulisan, “Tambah nasi gratis.” Pantas aja, orang orang pulang kerja banyak yang ke sana.

Ketika saya lihat ke warung padang lain, ternyata tidak ada yang memberikan tambah nasi gratis. Itu adalah nilai tambah warung padang tersebut.

Nah sekarang, apa yang bisa kita lakukan atau pelajari, untuk memberikan nilai tambah pada diri kita, produk kita, serta jasa kita?

 

Semoga bermanfaat! Salam Dahsyat!

Andreas Bordes

Penulis adalah Andreas Bordes, Penulis buku Rahasia menjadi Pribadi Dahsyat dan peraih rekor MURI. Untuk mengenal lebih dekat, bisa membuka andreasbordes.com

Facebook Twitter