Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Event Tips

Ini yang Dapat Dipelajari di NXTCon 2014


Halo Sobat Studentpreneur. NXTCon 2014 yang juga didukung oleh Studentpreneur merupakan konferensi besar yang melibatkan banyak pebisnis teknologi besar dunia. Berikut adalah beberapa pelajaran yang didapatkan tim Studentpreneur saat mengikuti NXTCon 2014. Dari banyak pembicara luar biasa, ada 2 point yang wajib dibagikan ke Sobat Studentpreneur. Pertama, konsep PHD dari Ray Chan, bos 9Gag, website komedi terbesar di dunia. Kedua, konsep “Fake It Until You Make It” dari Tikhon Bernstam, bos Scribd, sharing dokumen terbesar di dunia sebelum Google Docs lahir,  dan Parse yang merupakan salah satu web pembuatan aplikasi mobile paling terkenal. Berikut ulasannya.

 

PHD: Passion, Hustle, Determination.

 

Passion:

Menurut Ray Chan, ide bisnis terbaik adalah ide bisnis yang melibatkan passion pendirinya. Tanpa tertarik sampai level personal ke jenis bisnisnya, maka perusahaan tersebut tidak bisa menuntut lebih ke pendirinya. Passion adalah poin utama yang membedakan entrepreneur dengan pekerja kantoran biasa.

NXTCon

Hustle:

Contoh hustle yang diceritakan Ray saat keynote dia adalah tentang Bill Gates, bos Microsoft sekaligus orang terkaya di dunia yang tidak pernah mengambil libur 1 hari pun di usia 20an. Tapi yang seru tentang Hustle Ini justru tidak diceritakan saat sesi Ray, tapi waktu sesi wawancara private Ray Chan dengan Studentpreneur. Pada awalnya, sebelum mendapatkan traffic besar, 9Gag itu pada awalnya web komedi, sudah pasti investornya tidak percaya masa depan 9Gag. Tapi bagaimana akhirnya mereka mendapat kepercayaan hingga ada traffic membuktikan masa depan mereka? Tim 9Gag adalah satu-satunya tim di Y Combinator yang kerjanya paling ekstrem, dari jam 6 pagi sampai jam 1-2 pagi, tiap hari!

Jadi Sobat Studentpreneur, kalau kalian merasa kerja kalian sudah maksimal, malu dengan Ray Chan. Hustle, Hustle, Hustle!!

 

Determination: 

Contoh determination yang diceritain sama Ray adalah Elon Musk, pendiri Paypal, SpaceX, Tesla, serta inspirasi karakter dalam Tony Stark dalam film Iron Man. Berikut quote Elon Musk yang sangat menggambarkan hal ini:

 

Optimism, pessimism, fuck that; we’re going to make it happen. As God is my bloody witness, I’m hell-bent on making it work.

 

Bukan soal siapa optimis siapa pesimis, as long as you’re making it happen. Ketika kita sudah Hustle, lalu hasil tidak sesuai ekspektasi kita, cuma determinasi yang bisa buat kita bangkit dan make it work.

 

Fake It Until You Make It

Tikhon Bernstam bercerita saat dia membangun Scribd, dia personally mengupload semua file, menulis komentar-komentar, dan lain-lain, sampai akhirnya traffic yang asli dateng. Sama seperti kasus Alexis Ohanian dengan Redditnya (semacam Kaskusnya Amerika) yang awalnya membuat 1000 akun palsu untuk membuat forumnya terlihat ramai sampai akhirnya anggota forum yang asli mulai muncul.

 

Bagaimana menurut Anda Sobat Studentpreneur? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga:

Peluang Bisnis Rumahan Untuk Karyawan

Ini Cara Membuat Pelanggan dan Investor Peduli Pada Anda

Skill Komunikasi Penting yang Harus Dimiliki Pebisnis

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+