Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah 4 Cara Jitu Agar Tetap Bisa Bersaing di Bisnis Online


Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisnis online milik Anda bisa terus bersaing setiap saat.

Kehadiran teknologi internet membuat perkembangan dunia bisnis semakin pesat dari waktu ke waktu. Bahkan, banyak sekali pengusaha yang memanfaatkan internet sebagai media untuk promosi sekaligus menjual produknya. Setiap hari muncul ribuan hingga jutaan pebisnis online yang baru di dunia internet dari seluruh penjuru dunia. Para investor pun tak segan menanamkan sejumlah dana segar untuk mengoptimalisasi bisnis online yang saat ini sedang mengalami pertumbuhan. Yang terbaru, bisnis e-commerce milik salah satu perusahaan di Korea Selatan telah mendapatkan pendanaan higga mencapai 1 Milliar dolar.

Dengan investasi yang sangat besar tersebut, tentu saja akan sangat memudahkan bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan strategi bisnisnya. Oleh karena itu, Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis online pun perlu memperhatikan strategi bisnis yang baik agar bisa terus eksis dan memenangkan persaingan. Dengan begitu, bisnis online sedang dirintis oleh Anda saat ini akan berhasil dan menjadi yang terbaik.

 

Meningkatkan search engine optimization

Dalam menjalankan sebuah bisnis online maka salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah terkait keyword untuk search engine optimazation [SEO]. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat maka pelanggan akan dengan mudah menuju halaman website bisnis milik Anda. SEO akan sangat membantu bisnis online dalam mempromosikan produk-produk yang dijual. Bahkan, saat ini di twitter pun banyak sekali pebisnis online yang sedang berperang dengan menggunakan SEO terbaik untuk menarik perhatian pengguna. Jadi, jangan pernah sekalipun Anda meremehkan kekuatan SEO untuk bisnis online milik Anda agar tetap bersaing dengan pebisnis online yang lainnya.

 

Memiliki tampilan toko yang menarik

Sama halnya dengan bisnis offline dimana pemiliki toko selalu mengganti dekorasinya secara rutin maka dalam bisnis online pun juga harus dilakukan hal yang sama. Sebisa mungkin Anda juga mengupdate tampilan online shop milik Anda. Dengan memiliki tampilan yang menarik dan update setiap saat maka pengunjung pun akan betah menjelajah di online shop milik Anda. Sebaiknya Anda membuat tampilan yang unik sehingga bisa meninggalkan kesan tersendiri bagi pengunjung saat berbelanja di online shop milik Anda. Pasalnya, online shop yang menarik akan lebih mudah membuat pengunjung melakukan transaksi sehingga menghasilkan keuntungan besar bagi Anda.

 

Gunakan media sosial

twitter-commerce

Jangan pernah sekalipun Anda meragukan kemampuan media sosial untuk mendapat keuntungan besar. Terlebih, jika saat ini Anda bosan menggunakan facebook atau twitter maka sebaiknya Anda segera menutup online shop dan beralih pada bisnis lainnya. Betapa tidak, jumlah pengguna twitter di Indonesia adalah salah satu yang terbesar di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa twitter bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda dalam menjalankan online shop. Selain itu, dalam menjalankan bisnis Anda tidak boleh pernah merasa bosan. Jika Anda saat ini sedang tidak memiliki ide untuk menjalankan bisnis online melalui media sosial mungkin saatnya bagi Anda untuk merekrut tenaga professional. Dengan menggunakan tenaga professional maka Anda tetap bisa mempromosikan bisnis online melalui media sosial.

 

Mengembangkan newsletter sebagai media promosi

Seiring dengan perkembangan teknologi internet, teknologi smartphone pun juga berkembang sangat pesat. Hampir setiap orang di seluruh penjuru dunia saat ini telah memiliki smartphone yang terhubung dengan internet setiap saat. Hal ini juga bisa dimanfaatkan dengan baik melalui newsletter yang selalu memberikan informasi terbaru dari online shop milik Anda. Pasalnya, newsletter akan memberikan informasi secara update tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

 

Bisnis online yang berkembang pesat akan menuntut para pemiliknya untuk selalu update agar bisa menarik minat konsumen untuk membeli. Tanpa adanya suatu update yang baru dari sebuah online shop maka sulit untuk bisa meraih keuntungan dan bahkan bertahan dari persaingan bisnin online. Silakan tulis komentar Anda melalui kolom di bawah ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.  [Photo Credit: Simon]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Calvin Kizana, Pebisnis Sukses Dibalik Kesuksesan PicMix

Gadis Cantik Ini Melestarikan Budaya Sambil Berbisnis

Mereka Tidak Beruntung, Tapi Jauh Lebih Sukses Dari Anda

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+