Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah 5 Cara Jitu Menentukan Harga Jual Suatu Produk


Menentukan harga jual yang tepat akan mempengaruhi laku atau tidaknya suatu produk Anda di pasaran

Harga jual suatu produk bisa menjadi salah satu kunci sukses Anda dalam berbisnis. Secara tidak langsung, konsumen akan terpengaruh untuk membeli produk Anda jika berhasil menentukan harga jual yang tepat. Pasalnya, harga jual yang tepat akan menentukan laku atau tidaknya suatu produk yang akan dijual. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi yang tepat dalam menentukan harga jual suatu produk.

 

Menentukan harga pokok

Dalam menentukan suatu harga jual maka seorang produsen harus mengetahui harga pokok suatu produk yang akan dijualnya. Hal tersebut bisa diketahui berdasarkan beberapa hal seperti melihat harga pokok suatu produk ditambah dengan biaya-biaya lainnya. Kemudian, Anda bisa menghitung keuntungan yang ingin diperoleh sehingga bisa ditentukan harga jual suatu produk. Namun, jika Anda mengambil produk dari seorang pedagang maka sebaiknya bandingkan terlebih dahulu dengan yang lainnya. Jika memang harga pokok yang didapat dari agen sudah terlalu tinggi maka Anda sebaiknya mengurangi jumlah laba yang diinginkan agar bisa mendapatkan harga jual yang tetap dapat bersaing dengan yang lainnya.

 

Sesuaikan dengan kondisi pasar

Sebelum menentukan harga jual, Anda seharusnya bisa memastikan apakah produk yang akan dijual termasuk yang sudah dikenal oleh masyarakat. Jika produk yang akan dijual memang sudah dikenal secara luas maka Anda bisa menentukan harga yang tinggi. Artinya, produk yang dijual memang memiliki permintaan yang cukup tinggi sehingga membuat Anda mudah untuk menentukan harga tinggi. Namun jika persaingannya cukup ketat maka keuntungan yang didapat pun juga tidak terlalu besar. Oleh karena itu, Anda tetap harus menyesuaikan dengan kondisi pasar agar bisa menentukan harga yang tepat dengan selisih keuntungan cukup tinggi.

 

Memantau harga pesaing

Cara termudah untuk menentukan harga jual suatu produk yang tepat adalah dengan melihat harga jual yang sudah ditentukan oleh pesaing. Paling tidak, Anda sudah memiliki patokan untuk menentukan harga jual dengan menyesuaikan harga jual milil pesaing. Namun, Anda tetap bisa menentukan harga jual sendiri yang lebih kompetitif dengan melihat banyak faktor. Diantaranya adalah kualitas pelayanan, lokasi strategis, tempat yang lebih mewah ataupun karena sudah memiliki pelanggan tetap yang banyak.

 

Menggunakan harga yang lebih rendah

Sebagai seorang pebisnis, anda dituntut agar lebih peka terhadap harga jual yang ditentukan oleh para pesaing. Hal itu bertujuan agar produk Anda tetap menjadi pilihan konsumen karena memakai harga jual yang tepat. Namun, jika Anda memiliki suatu produk yang tidak dijual oleh pesaing maka hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda. Pasalnya, Anda bisa menentukan harga sendiri tanpa harus mengikuti harga jual yang dimiliki oleh pesaing. Selain itu, dengan menggunakan harga yang lebih rendah maka bisa menarik minat konsumen untuk membeli produk Anda. Memasang harga rendah bukan berarti membuat Anda mengabaikan keuntungan yang akan didapat. Jadi, Anda tetap bisa memiliki margin sekitar 10-20% untuk suatu produk.

harga-produk

Bertujuan khusus

Ketika menentukan harga jual suatu produk, ada beberapa faktor yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Tak terkecuali pertimbangan khusus dimana Anda menentukan harga jual memang dikarenakan ingin menggunakan pendekatan khusus. Artinya, dalam menentukan harga jual memang ada yang ingin dicapai. Diantaranya adalah menetapkan harga jual karena ingin meningkatkan jumlah penjualan ataupun meningkatkan image produk. Hal tersebut menjadi sebuah alasan khusus bagi Anda dalam menentukan harga jual suatu produk sehingga tidak memiliki kesamaan dengan pesaing lainnya.

 

Beberapa hal diatas bisa menjadi pedoman bagi Anda dalam menentukan harga jual suatu produk. Anda harus pandai-pandai dalam menentukan harga jual agar tetap bisa bersaing dengan yang lainnya. Pasalnya, keputusan akhir dalam menentukan harga jual suatu produk tetap berada di tangan ada. Nah Sobat Studentpreneur, silakan tulis komentar Anda melalui kolom di bawah ini jika pernah memiliki pengalaman dalam menentukan harga jual suatu produk. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau mengikuti kelas-kelas online gratis di Studentpreneur. [Photo Credit: Mike]

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+