Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Mark Zuckerberg Ingin Menghubungkan 5 Milliar Orang ke Internet


The tactics change all the time, but you know mission doesn’t change. We want to make the world more open and connected

Mark Zuckerberg – facebook co-founder and CEO

Sebagai salah satu perusahaan internet terbesar di dunia, facebook telah mempunyai lebih dari 1 milliar pengguna. Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus CEO facebook mempunyai sebuah satu misi besar, “To make the world more open and connected”, untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung. Mark membuktikan kata-katanya sendiri. Dia benar-benar ingin “dunia”, terlepas dari lokasi mereka dan penghasilannya. Untuk mewujudkan misi tersebut, selain facebook, Mark Zuckerberg juga meluncurkan internet.org, sebuah organisasi nirlaba yang mempunyai tujuan menghubungkan setidaknya 5 milliar orang ke internet.

zuckerberg-connect-the-world

Menurut Mark, apabila dia dan banyak perusahaan telekomunikasi dan mobile phone lainnya berhasil bekerjasama untuk membangun infrastruktur data, maka 5 milliar orang yang saat ini tidak mempunyai akses ke internet akan berhasil terkoneksi di internet. Saat ini, biaya termahal untuk terkoneksi ke internet bukanlah alatnya, namun biaya data internetnya. Zuckerberg memberikan contoh apabila kita menggunakan iPhone sebagai alat untuk terkoneksi ke internet, maka apabila kita memakai iPhone tersebut selama 2 tahun, kita harus mengeluarkan dana sebesar $2000, berupa $500 untuk membeli iPhone dan $1500 untuk datanya. Selama harga data masih semahal saat ini, maka 5 milliar orang tidak akan mendapatkan kesempatan menggunakan internet.

Ketika mengutarakan misi sosialnya yang baru ini, banyak yang mencibir Mark Zuckerberg sesungguhnya hanya ingin mendapatkan jumlah pengguna tambahan bagi facebook. Namun Mark membantahnya. Tentu saja ketika jumlah pengguna internet bertambah, ada kemungkinan jumlah pengguna facebook juga bertambah yang berujung pada naiknya penghasilan facebook. Tetapi, ingat misi utama facebook dan Mark Zuckerberg secara pribadi, membuat dunia lebih terbuka dan terhubung. Dengan adanya internet tambahan bagi 5 milliar orang yang kurang beruntung, maka secara tidak langsung pendidikan dan ekonomi akan meningkat bagi orang-orang tersebut.

Mark Zuckerberg meyakinkan pada publik bahwa facebook benar-benar tulus dalam menjalankan misinya, bahkan sejak pertama perusahaan ini didirikan pada tahun 2004. Ketika berbicara di acara TechCrunch Disrupt, Mark berkata, “the tactics change all the time, but you know mission doesn’t change. We want to make the world more open and connected.” Artinya, boleh saja taktik dan strategi facebook berubah, namun misi utama mereka tidak akan berubah. Apapun caranya, mereka akan membuat dunia lebih terbuka dan terhubung.

Nah Sobat Studentpreneur, bisakah Mark Zuckerberg dan facebook mewujudkan misinya? Berikut ada cuplikan video menarik ketika Mark berbicara di TechCrunch Disrupt. Langsung saja ke menit ke-3 untuk mendengar inti percakapan Mark Zuckerberg.

 

 

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter