Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Membuat Contoh Iklan Penawaran Anti Mainstream


Kalau Memang Harus Beriklan, Buatlah Iklan Penawaran Anti Mainstream.

Iklan itu mahal. Bukan cuma dari segi biaya, melainkan juga dari tingkat efektifnya. Karena, seringkali meski Anda telah berhasil menyusun iklan penawaran yang super menarik, namun pesan marketing Anda mungkin masih saja gagal masuk ke benak konsumen. Biasanya hal ini karena pikiran mereka sudah penuh dengan banyak pesan marketing lainnya. Apalagi ketika iklan Anda tidak standout. Jadi, seperti apakah contoh iklan penawaran yang menarik dan efektif itu?

 

Call-to-action yang menarik

Sebuah iklan penawaran yang efektif memberikan alasan yang kuat bagi audiens untuk segera bertindak. Misalnya, “Klik di sini” atau “Mengapa harus menunggu? Dapatkan Sekarang!”. Jika iklan penawaran adalah sebuah pistol, maka call-to-action adalah pelurunya. Maka, call-to-action iklan Anda selain dari segi kata-kata, juga harus diperhatikan dari segi visual seperti bentuk dan kontras warna.

simple-ads

Keep it super simple

Kalimat panjang tidak akan menjual iklan Anda, apalagi produk yang Anda iklankan. Karena, rentang perhatian orang cenderung terus menyusut. Jadi jangan membosankan pembaca Anda dengan kalimat yang panjang. langsung to the point!

 

Pertimbangkan ambient media

Trik ambient media menempatkan iklan di tempat-tempat yang tidak Anda duga bisa digunakan sebagai media beriklan. Tidak harus di luar ruangan. Iklan ambient bisa Anda taruh di mana saja, bahkan di kloset! Ketika kita melihat sesuatu yang tidak normal, maka kita bisa menahan diri untuk berhenti dan mengamati. Ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan rasa penasaran dan menarik orang lain untuk melihat lebih dekat.

 

Konsistensi di lintas media

Ketika mendesain, ada baiknya Anda menciptakan satu desain yang bisa dipasang di banyak media, mulai cetak hingga billboard, bahkan ambient. Selain efisiensi waktu dan biaya pembuatan desain, Anda menciptakan simbol yang dapat mengantarkan pada antisipasi. Salah satu contoh yang bagus adalah kampanye HBO dalam mengiklankan serial terbaru mereka: Game of Throne. Suatu waktu, HBO memasang bayangan naga berwarna abu-abu di halaman koran New York Times. Bayangan naga yang sama juga muncul di bus-bus kota, hingga di seluruh bangunan kantor HBO 20 lantai!

 

Ciptakan urgensi

Orang jaman sekarang sudah sangat sibuk. Dan ditengah kesibukan mereka, semenarik apapun pesan marketing Anda, mereka akan cenderung hilang seiring dengan waktu. Jika Anda memberikan deadline yang jelas pada pesan marketing Anda, maka Anda akan menciptakan urgensi yang akan membuat mereka merespon segera setelah mereka menerima pesan marketing Anda.

Salah satu contoh iklan penawaran terbaik yang memenuhi setiap kriteria ini adalah iklan Kvallspessen Impact, salah satu advertiser terbesar dan tertua di Swedia. Mereka menawarkan jasa dengan cara yang sangat berbeda: Make fun of alternative media in alternative media. Kreatifitas seperti inilah yang sangat Anda butuhkan di tengah era pesan yang super sibuk. Anda bisa menonton video selengkapnya tentang upaya marketing Kvallspessen Impact di Youtube. Mereka juga memastikan bahwa iklan marketing mereka sampai juga di Youtube!

Jadi Sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Emma]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Ini yang Membedakan Orang Kaya dengan Anda

Berjualan Sepatu Online, Anak SMA Ini Raup Puluhan Juta Rupiah

Dulu Buruh Kapan, Kini Orang Terkaya di Jepang

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+