Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

6 Peluang Usaha 2017 yang Wajib Kamu Coba


Tidak usah bingung jika kamu ingin memulai sebuah usaha, ini enam peluang yang bisa kamu coba!

Belakangan ini tren menjadi seorang wirausaha atau pemilik bisnis memang sedang diminati oleh banyak orang, khususnya anak muda di Indonesia. Banyak alasan mengapa bidang bisnis menjadi pilihan alternatif bahkan mata pencaharian utama seseorang, mulai dari karena kebutuhan biaya yang semakin meningkat, lelah dengan rutinitas kantor, bahkan karena sudah malas bekerja dan diperintah oleh orang lain. Apakah kamu salah satu orang yang mulai berpikir untuk beralih sebagai seorang entrepreneur?

Memang sih tidak ada salahnya jika kamu ingin mendirikan bisnis, apalagi untuk menyelamatkan diri atau mencari pengalaman terbaru sambil berharap mendulang keuntungan lebih. Tapi, ada banyak hal yang harus disiapkan oleh seorang pebisnis terutama bagi kamu yang masih pemula. Cara termudah yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah melihat peluang usaha yang ada.

Perlu diingat kembali kalau peluang bisnis tidak selamanya sama setiap tahun karena tidak pernah lepas dari perkembangan ekonomi yang ada di sekitarmu. Perkembangan ekonomi yang sangat pesat dan terus mengikuti zaman, tidak menutup kemungkinan tingkat persaingan yang akan kamu hadapi semakin ketat. Nah, Apakah kamu sudah menyiapkan beberapa ide bisnis yang menguntungkan? Kalau belum, berikut peluang usaha 2017 yang bisa kamu coba dan pertimbangkan Sobat Studentpreneur.

 

Bisnis Online (internet marketer)

Karena kita berada di era digital, tidak heran kalau bisnis online atau internet marketer tetap menempati posisi paling atas untuk dijadikan sebagai peluang usaha 2017. Sudah banyak bukti yang mengatakan kalau bisnis online memiliki pertumbuhhan yang sangat signifikan sehingga bisa dibilang bisnis online bisa menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan 2017.

Belum lagi ditambah dengan fakta kalau pengguna internet di dunia semakin bertambah hingga tak bisa terkendali dan sudah menjadi kebutuhan hidup masyarakat setiap harinya. Melalui fakta inilah kesempatan terbaik untuk dijadikan sebagai peluang untuk membuka usaha. Dari bisnis ini pula kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar, yang terpenting adalah memiliki fasilitas online untuk mengakses internet kapanpun. Bisnis online juga menjadi salah satu bisnis yang paling mudah dan menyenangkan karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Tidak hanya perngguna internet yang terus bertambah di dunia, sejak 5 tahun terakhir saja pertumbuhan bisnis online di Indonesia juga terus mengalami peningkatan. Hal ini tidak terlepas dari jaringan internet yang semakin luas dan harga perangkat internet yang semakin terjangkau. Kamu bisa memilih bisnis online sebagai ide bisnis 2017 kamu pada bidang e-commerce atau melalui toko online dan media sosial, Bisnis dropshipping, blogging/vlogging,  dan bisnis jasa online seperti konsultan, penerjemah, penulis, dan lain-lain.

 

Bisnis Waralaba – Franchise untuk Pemula

Photo credit: upload.wikimedia.org

Nah, kalau ide bisnis satu ini mungkin bisa menjadi ide yang paling cocok untuk kamu yang ingin memulai usaha tapi belum mendapatkan ide dan juga memiliki pengalaman yang cukup. Kamu bisa menjadikan bisnis waralaba sebagai pilihan utama ide bisnis 2017 ini.

Bisnis ini dikatakan sebagai bisnis yang paling cocok untuk seorang pemula karena memang kamu hanya perlu menjalankan model bisnis yang sudah ada sebelumnya. Kamu juga akan mendapatkan bantuan serta bimbingan dari pemilik waralaba (pemegang merek) seperti training hingga edukasi dalam tahap prosesnya.

Melalui bisnis waralaba atau franchise kamu sebagai pemula tidak akan dipusingkan dengan konsep bisnis yang akan dijalani. Kamu hanya perlu menjalankan bisnis tersebut sesuai dengan kemampuan modal dan tetap berada di bawah nama merek perusahaan franchise yang kamu pilih dan diikuti.

Di Indonesia sudah banyak merek bisnis franchise yang juga sudah memiliki ‘nama’ dan pelanggan tetap dengan menawarkan keuntungan yang tidak sedikit.  Mulai dari Martabak Simpsons dengan nilai investasi sekitar RP 20 juta, Kebab Turki dengan modal investasi RP 19 juta, Joker Laundry dengan investasi sebesar RP 15 juta, dan Monster Ice Blend dengan nilai investasi RP 6,5 juta.

Nggak hanya itu, sebenarnya masih banyak lagi jenis dan contoh bisnis waralaba di Indonesia yang juga baru-baru muncul dan akan terus berkembang menjadi peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2017 dan selanjutnya.

 

Industri Kreatif

Peluang usaha 2017 yang selanjutnya adalah menjalankan bisnis dalam bidang industri kreatif. Khusus kamu yang memiliki kreatifitas tinggi dan juga memiliki tangan yang terampil sehingga bisa menghasilkan suatu produk dengan nilai jual tinggi tidak perlu bingung lagi. Segeralah memanfaatkan kemampuan kamu itu sebagai peluang bisnis yang menguntungkan di tahun 2017 ini.

Kalau kamu memang ingin mulai menekuni bisnis di industri kreatif mungkin bisa dimulai dari bakat ataupun hobi yang selama ini kamu lakukan. Kamu tentu pernah mendengar istilah hobi yang dibayar, kan? Percayalah kalau hal tersebut bisa menjadi sebuah terobosan peluang usaha yang menguntungkan juga, lho!

Banyak ide bisnis kreatif yang bisa kamu pilih dan menjadi bisnis yang menguntungkan tahun 2017, mulai dari desain gambar, membuat produk daur ulang, menekuni bisnis kuliner bagi kamu yang hobi memasak, dan masih banyak lagi. Cobalah untuk menghasilkan produk kreatif dan juga inovatif, sehingga produkmu akan diburu oleh para pelanggan.

 

Bisnis Usaha di Bidang Jasa

Meskipun perkembangan digital semakin pesat dan membuat semua orang mendapatkan apa yang mereka mau hanya dengan satu klik saja, bukan berarti mereka mulai meninggalkan layanan jasa. Justru karena perkembangan teknologi, para pemilik usaha di bidang jasa akan semakin dipermudah untuk mendapatkan pelanggan hingga akhirnya tetap memberikan keuntungan yang tetap menjanjikan.

Kamu bisa lho  memanfaatkan situasi ini sebagai salah satu ide bisnis di tahun 2017 ini. Tidak perlu khawatir, karena bisnis jasa cenderung akan semakin banyak diminati oleh para pelaku usaha karena akan semakin dibutuhkan oleh masyarakat yang menuntut segala sesuatu bisa dilakukan secara mudah dan juga instan.

Beberapa contoh bisnis penyedia jasa yang bisa kamu coba atau hampir semua orang bisa lakukan sendiri, seperti bisnis cuci motor, jasa laundry, bimbingan belajar, dan mungkin percetakan. Jasa cuci motor menjadi salah satu bentuk usaha dengan modal kecil atau kurang dari RP 10 juta dan bisnis ini pun bisa menjadi bisnis yang potensial, mengingat pemilik motor di Indonesia pun terus meningkat setiap harinya.

Sedangkan untuk jasa laundry, jasa ini menjadi salah satu jasa yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat,khususnya pekerja kantoran yang memiliki kesibukkan sehingga tidak punya waktu untuk mencuci pakaina sendiri. Bisnis ini juga kian menjamur dan diminati oleh sebagian besar penduduk di kota besar.

Bimbingan belajar juga bisa kamu pilih sebagai peluang usaha 2017 yang nyaris tidak membutuhkan modal selain kemampuan dan pemahaman kamu terhadap suatu ilmu. Dibilang tanpa modal karena kamu pun bisa tetap menjalankan bisnis ini di rumah yang memiliki ruangan kosong guna dijadikan sebagai tempat belajar murid-murid kamu nanti.

Tapi kalau kamu memiliki modal lebih, kamu bisa memilih jasa percetakan sebagai salah satu pilihan ide bisnis 2017 milikmu sendiri. Jika dulu percetakan dilakukan  secara konvensional, teknologi masa kini pun akan semakin memudahkan kegiatan bisnismu, tapi ya kamu harus ingat kalau modal yang dikeluarkan pun tidak sedikit.

 

Bisnis Teknologi Mobile

Memasuki era digital, tidak heran kalau peluang usaha 2017 akan banyak berpihak pada bisnis yang terkait dengan teknologi mobile dan pendukungnya. Hampir mirip dengan bisnis layanan jasa, kamu bisa memanfaatkan segala jenis peluang bisnis yang bisa menunjang kebutuhan masyarakat terhadap teknologi, mulai dari konter pulsa, konter hp, pembuat perangkat aplikasi, dan hal lainya yang terkait dengan kebutuhan gadget.

Mengutip halaman Business Insider yang mengatakan kalau ada beberapa tren teknologi perangkat yang bisa dijadikan sebagai salah satu bidang bisnis yang mengutungkan 2017, seperti Teknologi Artifical Intelligence (AI), Teknologi Asisten Virtual, perangkat pintar selain ponsel, teknologi keuangan digital, dan juga teknologi di bidang keamanan (security).

Selain membutuhkan modal yang cukup banyak, pastikan kamu sudah memiliki kemampuan serta keahlian dalam bidang teknologi.

 

Bisnis Fashion

Photo credit: pexels.com

Fashion atau pakaian merupakan salah satu kebutuhan utama bagi seseorang. Bisnis ini akan selalu memiliki pangsa pasar yang tidak pernah mati. Seiring dengan berjalan waktu dan perkembangan mode, bisnis ini akan tetap bergairah sepanjang masa, sehingga bisnis ini akan menjadi ide bisnis 2017 yang menguntungkan. Kamu tidak perlu khawatir mengenai produk fashion-nya karena memang ada beragam jenisnya, mulai dari skala yang kecil seperti cetak sablon, konveksi, hingga bisnis garmen.

Tidak juga harus memiliki toko atau butik dan juga memproduksi sendiri pakaian untuk memulainya, awalilah bisnis fashion-mu dengan menjadi reseller dan melakukan penjualan secara online. Sedangkan kalau memang kamu berencana untuk menjalani bisnis fashion dengan membuat sendiri produknya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari membuat dan menyusun rencana usaha (business plan) secara teliti, membuat perencanaan keuangan, kebutuhan perusahaan, jumlah karyawan, proses pemasaran, dan lainnya.

Sebelum mengawali hal tersebut, cobalah untuk melakukan riset untuk menganalisis kompetitor, mencari apa saja yang digemari oleh masyarakat, sampai menentukan desain. Setelah itu, penjualan secara online memang cepat, efektif, dan juga murah, tetapi bukan berarti kamu boleh melewati kesempatan untuk berjualan secara offline melalui bazaar ataupun pameran.

Nah, itulah beberapa daftar rekomendasi peluang usaha 2017 untuk kamu yang saat ini mulai beralih untuk menjadi seorang entrepreneur muda atau berwirausaha. Berbisnis memang menjanjikan, tetapi bukan berarti kamu bisa menjalankan seenaknya karena dibutuhkan perencanaan yang matang dari plan A hingga Plan Z. Semoga beruntung Sobat Studentpreneur!

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Peluang Big Data di Masa Depan

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Cara Mencari Investor untuk Startup Baru

 

Nisrina Darnila

Pernah bekerja untuk National Geographic Indonesia, kini Nisrina aktif di salah satu content agency di Jakarta

Facebook