Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Mencari Ide Nama Domain Untuk Bisnis Anda


Nama domain yang bagus akan membuat bisnis online Anda semakin laris

Ketika Anda memutuskan untuk mulai mempromosikan bisnis ke dunia internet, penggunaan nama domain yang tepat bisa dibilang salah satu kunci suksesnya. Nama domain bisa dibilang brand Anda di internet. Sebaiknya, siapkan ide nama domain yang benar-benar bisa mewakili apa yang Anda jual. Tim Studentpreneur telah menyiapkan beberapa tips agar Anda bisa menemukan nama domain yang bagus untuk bisnis.

 

raket badminton

 

Singkat

Bayangkan apabila ada seorang teman yang mempunyai bisnis raket badminton memberi tahu nama domainnya pada Anda seperti contoh ini: “yourbestracketavailablenow.com”, hampir bisa dipastikan Anda kesulitan mengingatnya. Bayangkan kalau teman Anda memakai nama domain: “bestracket.com”, lebih singkat dan mudah diingat bukan? Kunci dalam memilih nama domain yang bagus untuk bisnis adalah singkat, semakin singkat semakin baik. Kalau bisa, usahakan nama domain Anda di bawah 10 huruf, dan pastikan tidak melebihi 20 huruf.

 

Menjelaskan Bisnis Anda

Ide nama domain yang baik bisa mendeskripsikan apa jenis bisnis Anda tanpa perlu membuka websitenya sekalipun. Contoh, kita masih menggunakan raket badminton sebagai study case. Ketika searching di Google dengan kata kunci “raket badminton”, kemudian ada dua website yang muncul teratas, yaitu “alatbadminton.com” dan “tokomajumundur.com”, mana yang kemungkinan Anda klik? Kebanyakan orang akan secara intuitif memilih alatbadminton.com untuk dibuka meskipun sebenarnya toko maju mundur juga menyediakan raket badminton.

 

Gunakan domai.nr

Bukannya ingin promosi domai.nr, namun website tersebut telah banyak membantu tim Studentpreneur menemukan nama domain yang tepat. Studentpreneur sendiri didapatkan dari domai.nr, sebuah website yang bisa membantu Anda menemukan alamat domain yang tepat dari sebuah kalimat yang ingin Anda gunakan. Salah satu favorit kami adalah ketika Kevin Rose masih belum bekerja di Google, dia mempunyai perusahaan bernama Milk dan menggunakan domain mi.lk, keren bukan? Ketik saja nama toko Anda, maka dia akan secara otomatis merekomendasikan nama bahkan dengan domain paling unik yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Bagian terbaiknya? Kalau hanya mengecek nama domain, Anda tidak perlu membayar sepeserpun.

 

Masih Buntu? Coba nameboy.com

Sedikit berbeda dengan domai.nr, Nameboy meminta Anda untuk memasukkan dua buah kata, dan mereka akan menyarankan semua nama domain yang masih tersedia. Algoritma Nameboy mampu mengkombinasikan dan bahkan mengolah kata-kata tersebut menjadi beberapa ide nama domain yang bisa langsung Anda gunakan. Seperti domai.nr, jasa dari Nameboy ini juga gratis.

 

Masih Tidak Ada Ide juga? Gunakan Copywriter Professional

Terkadang menemukan nama yang tepat memang sangat sulit bagi seseorang. Kalau Anda mempunyai budget lebih, dan benar-benar sudah frustasi tidak menemukan nama domain yang bagus untuk bisnis Anda, ada baiknya menggunakan jasa copywriter professional. Sebuah perusahaan copywriting professional seperti Penulis.ID bisa membantu anda menemukan domain yang tepat untuk bisnis dan brand yang sedang Anda bangun.

 

Semoga tips ini berguna Sobat Studentpreneur. Baca juga inspirasi ide bisnis rumahan yang mungkin berguna untuk Anda. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau mengikuti kelas-kelas online gratis di Studentpreneur.

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter