Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Orang Dibalik PicMix, Salah Satu Aplikasi Foto Terpopuler Indonesia


Coba lihat ponsel Blackberry milik teman Anda, terutama teman wanita yang suka narsis. Kemungkinan besar, Anda akan menemukan aplikasi PicMix di dalamnya. Sebagai salah satu aplikasi foto paling populer di Indonesia, PicMix kini telah digunakan lebih dari 18 Juta pengguna. Banyak sekali penggunanya yang mengupload foto haris editan PicMix ke social media mereka. Dengan cara seperti ini, PicMix berkembang sangat pesat. Namun tahukah Anda, bahwa orang dibalik PicMix sebenarnya adalah orang Indonesia? Meskipun sering dikira aplikasi milik asing, PicMix diciptakan oleh Calvin Kizana, tokoh kreatif Indonesia. Ini dia sedikit profil Calvin Kizana untuk menginspirasi Sobat Studentpreneur.

 

Awal Mula

Calvin Kizana sejak muda sudah diakui sebagai salah satu ahli teknologi terbaik di Indonesia. Memulai bisnis bernama Elasitas ketika masih berusia 20an, Calvin dengan cepat menarik perhatian berbagai klien besar lokal maupun asing. Salah satu klien awalnya adalah Nokia, dengan menciptakan sebuah portal konten Funkyplaza yang menurut klaim Calvin, adalah cikal bakal Flicker dan Youtube. Calvin juga menjadi pemegang distribusi rich content film-film Disney, serta salah satu hitnya adalah film King Kong. Pada puncaknya, perusahaan besar seperti Telkomsel, Mentari, XL, Nokia, Yahoo! Indonesia juga merupakan klien dari Calvin. Untuk bisnis distributornya, Walt Disney, Cartoon Network, dan Nickelodeon juga dia pegang.

calvin-kizana

Fenomena Narsis Cikal Bakal PicMix

Meskipun sudah sukses dengan Elasitas, Calvin Kizana ingin mencari tantangan lain. Suatu hari, dia menyadari bahwa banyak sekali orang yang mempunyai ponsel berkamera dan sangat narsis. Kalau nongkrong di kafe-kafe, banyak sekali orang yang memfoto dirinya sendiri, atau istilahnya selfie. Calvin melihatnya sebagai peluang bisnis, mengingat banyaknya orang yang narsis di Indonesia. Idenya sangat sederhana, PicMix menyediakan frame foto yang bisa digunakan oleh orang-orang narsis tersebut agar lebih pede saat sharing ke social media mereka.

Investasi awal PicMix sangat kecil, karena hanya dikerjakan di rumah ataupun ketika nongkrong di kafe. Tidak disangka, orang Indonesia sangat mencintai aplikasi ini, sampai 18 juta orang menggunakannya. Padahal, Calvin praktis tidak melakukan promosi yang berarti sampai setahun aplikasi ini diluncurkan. Orang-orang Indonesia mengira PicMix adalah aplikasi luar negeri, jadi sangat bangga memakainya. Setelah pengguna mencapai 10 juta orang, barulah Calvin membuka fakta bahwa dia adalah penciptanya dan PicMix memang 100% Indonesia.

 

Tips dari Calvin Kizana

Menurut Calvin, hal paling krusial adalah mendapatkan x pengguna pertama. Gantilah X dengan angka sepuluh ribu, satu juta, atau 10 juta pengguna pertama. Saat awal, pemilihan pasar harus tepat. PicMix sudah berfokus di pasar BlackBerry karena pada kemunculannya, aplikasi foto kuat seperti Instagram belum ada di BlackBerry. Kemudian, Calvin juga percaya bahwa kita harus selalu mendengarkan pengguna. Masukan dari pengguna produk kita akan lebih berguna daripada masukan dari ahli industry sekalipun.

Nah Sobat Studentpreneur, keren sekali kan Calvin Kizana ini? Kalau ingin bertemu dengannya, ada kesempatan kok. Ikuti saja NXTCon 2014, ajang pertemuan pebisnis teknologi dunia yang juga didukung oleh Studentpreneur. Untuk Anda yang masih SMA atau kuliah, ada tiket khususnya loh!

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: MKH Marketing]

 

Baca Juga:

Pemuda Ini Hasilkan Puluhan Milliar Dari Membuat Jutaan Orang Tertawa

Anak Muda Terkaya Amerika Hidup Sederhana

NXTCon – AJang Kumpulnya Pebisnis Teknologi Dunia di Indonesia

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+