Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis teknologi

Oven Masa Depan Sedang Menggalang Dana di Kickstarter


Smart Oven Ini Berhasil Menggalang Dana di KickStarter. Kenapa?

Ada satu lagi kampanye menarik di Kickstarter. Jika smartphone, smartwatch, atau smarttv itu sudah terlalu mainstream, maka kali ini mereka muncul dengan kampanye tentang sebuah smart oven. Ya, oven! Apa yang menarik dari oven ini adalah ia tidak hanya berfungsi sebagaimana mestinya oven. Melainkan ia juga memiliki beberapa fungsi tambahan. Cukup dengan klik kanan kiri di layarnya, oven ini sudah akan memasak dengan sendirinya.

Mereka menyebut terobosan ini dengan nama MAID (Make All Incredible Dishes). Kampanye ini dijalankan oleh perusahaan berbasis California, SectorQube. SectorQube adalah sebuah perusahaan yang khusus meriset Internet of Things, atau barang-barang disekitar kita yang bisa diinterkoneksikan satu sama lain melalui medium internet. Misalnya pintu garasi yang kelak bisa dibuka lewat smartphone, dst. Anggap sebagai masa depan teknologi.

Selain berfungsi sebagai oven, MAID dapat menampilkan resep-resep, Anda bisa memilih resep menggunakan touch screen di layar oven. SectorQube menyebut bahwa MAID telah dilengkapi dengan database resep yang lengkap. Akan tetapi, pengguna juga bisa berpartisipasi mengunggah resep mereka ke sistem database utama untuk dicoba oleh koki yang lain, tentu saja melalui internet.

maid-oven

Nah, sekali Anda siap untuk memanggang, MAID akan mengatur temperatur dan waktu secara otomatis yang diperlukan untuk resep tersebut. Anda bahkan bisa mendapatkan instruksi verbal selama proses memasak. Ada pula fitur kontrol suara dan fitur membaca aba-aba ketika tangan Anda sedang dalam keadaan kotor.

Menariknya, MAID juga bisa bertindak sebagai konsultan diet Anda. Berdasarkan kebiasaan makan dan fitness Anda (MAID dapat bersinkronisasi dengan smartphone atau smartwatch Anda), oven ini akan memberikan saran-saran untuk makanan yang sesuai dengan jumlah kalori dan preferensi rasa.

Sayangnya, saat ini algoritma yang digunakan MAID untuk memprediksi dan beradaptasi terhadap kebiasaan Anda, masih dalam tahap pengembangan. Sebab, mereka perlu memikirkan cara yang efisien untuk menghubungkan diri dengan berbagai perangkat pintar di pasaran.

Akan tetapi, secara bisnis, Arjun Sarath, founder SectorQube mengatakan bahwa masa depan MAID saat ini cerah. Sebab, saat ini tidak ada kompetisi besar, tidak seperti Internet of Things di kategori lainnya.

Terbukti, MAID berhasil laris manis di Kickstarter. Hanya dalam 5 hari, mereka berhasil mengumpulkan gol pendanaan sebesar $50,000. Anda bisa mendapatkan satu set prototype lebih dahulu dengan ikut menyumbang di halaman Kickstarter mereka. Atau apabila Anda memutuskan untuk menunggu, maka versi pertama MAID akan dijual dengan harga sekitar $450 dan memulai debut pertamanya pada November 2015 esok.
Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Maid]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Manisnya Bisnis Permen dan Eskrim Ini

Bos Ini Punya 10 Trilliun Rupiah, Namun Hidup Lebih Sederhana Dari Buruh

Fotografer Cilik yang Membangun Bisnis Suksesnya Sejak SMP

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+