Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Pemimpin Hebat Mengatakan Ini Tiap Bulannya


Salah satu karakter luar biasa dari seorang pemimpin hebat adalah perkataannya. Mereka bisa mempengaruhi tim hanya dengan kata-kata motivasi yang luar biasa. Sebagai pemimpin bisnis, meskipun masih startup, Sobat Studentpreneur sudah harus memikirkan kata-kata untuk diucapkan pada tim agar mereka terus termotivasi memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Meskipun hanya sebulan sekali, beberapa pesan bermakna bisa membuat anggota tim Anda senang, sekaligus memberi mereka kekuatan lebih dalam melangkah. Berikut adalah beberapa perkataan bulanan sederhana namun memberikan dampak besar dari pemimpin bisnis hebat di dunia.

 

Kita akan membuat perubahan di Indonesia

Ini adalah salah satu ucapan yang paling sering diucapkan oleh CEO Studentpreneur kepada semua anggota tim. Contoh lainnya Elon Musk selalu mengingatkan pada semua karyawan SpaceX bahwa misi mereka adalah mengirimkan manusia ke planet Mars. Perusahaan harus mempunyai sebuah misi yang besar, dan seorang pemimpin hebat harus selalu mengingatkan timnya bahwa dari awal mereka berjuang bersama untuk misi tersebut. Tiap bulan pemimpin harus memotivasi timnya untuk mencapai misi perusahaan.

pemimpin-hebat

Ini yang kita pelajari

Pemimpin yang baik selalu tidak pernah meremehkan data. Tidak ada salahnya mengumpulkan tim untuk membaca data bersama-sama. Kemudian, tim akan mengolah data dan menemukan beberapa hal untuk diubah demi kebaikan perusahaan. Data juga bisa menjadi evaluasi untuk setiap anggota tim, apakah mereka sudah mencapai targetnya atau belum. Kemudian, pemimpin juga bisa mengajak anggota tim untuk sharing tentang apa yang mereka pelajari, terlepas dari data yang ada. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mengenal anggota timnya serta pelanggan karena karyawan kita yang paling sering bersentuhan dengan mereka.

 

Ini dia prioritas kita

Setelah mengingatkan tim tentang misi perusahaan secara keseluruhan, pemimpin yang hebat harus mampu memecah misi tersebut menjadi prioritas-prioritas jangka pendek. Pastikan pemimpin mampu mengkomunikasikan prioritas tersebut ke anggota tim lainnya. Dalam startup, godaan untuk tidak fokus sangat besar. Kita harus memastikan tim hanya mengerjakan apa yang menjadi prioritas utama, sebelum mengerjakan hal-hal lain di luar prioritas.

 

Selamat, Anda bekerja luar biasa!

Apabila ada karyawan yang bekerja sangat baik, menyelesaikan prioritas serta KPI diatas ekspektasi, jangan segan untuk mengucapkan selamat. Selain ucapan selamat, Anda juga bisa mengajak karyawan tersebut makan bersama atau memberinya voucher spa untuk dia nikmati. Semua manusia ingin dihormati dan dihargai, termasuk karyawan Anda. Dengan mengakui mereka apabila karyawan bekerja dengan baik, karyawan akan menjadi semakin loyal dengan perusahaan, dan bekerja semakin keras agar bisa Anda puji lagi bulan depannya.

 

Apa pertanyaan Anda?

Terutama untuk karyawan baru, jangan segan untuk menanyakan apabila mereka punya pertanyaan atau kesulitan untuk beradaptasi. Dengan cara ini, Anda membangun kedekatan dengan mereka, dan membangun budaya keterbukaan yang menjadi kunci sukses berbagai perusahaan besar. Biasanya karyawan segan bertanya kepada bos, itu yang membuat Anda sering dikagetkan dengan berita atau pertanyaan buruk dari karyawan. Dengan membiasakan diri bertanya terlebih dahulu apakah karyawan punya pertanyaan atau tidak, Anda mengeliminasi masalah tersebut.

 

Apa yang Anda butuhkan?

Setelah mengeset prioritas dan KPI masing-masing tim, Anda harus bertanya langsung apa yang dibutuhkan untuk mewujudkan target tersebut. Jangan segan pula untuk bertanya apa yang diinginkan karyawan apabila berhasil mencapai target. Sistem keterbukaan ini akan lebih dihargai oleh karyawan. Harapannya, karyawan akan merasa bosnya mendukung dan bekerja sangat keras untuk mencapai target perusahaan.

Anda bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: US Department of Education]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Gadis Cantik Ini Melestarikan Budaya Sambil Berbisnis

Pendiri Facebook Sumbangkan 1,4 Trilliun Untuk Pendidikan

Ide Bisnis Kreatif Untuk Anda Coba

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+