Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Ucapkan Terimakasih Untuk Karyawan Anda


Dalam semua startup atau perusahaan kecil, kebahagiaan karyawan-karyawan pertama Anda sangatlah penting. Biasanya, karyawan-karyawan startup bekerja sangat keras, dengan jam kerja yang lebih panjang daripada karyawan biasa, dan sedihnya lagi, biasanya juga dengan gaji yang jauh lebih sedikit dibandingkan teman mereka yang bekerja di perusahaan besar. Tapi mereka tetap percaya dengan visi misi perusahaan dan terus berusaha memberikan yang terbaik. Lalu, sudahkah Anda mengucapkan terimakasih pada mereka? Survey menarik dari Globoforce Amerika mengatakan bahwa 67% orang termotivasi apabila mendapatkan pujian dari bos mereka. Jadi, ucapan terimakasih bukanlah omong kosong, tapi bisa meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Tim Studentpreneur telah menyusun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengucapkan terimakasih pada karyawan.

 

Tokyo Office

Emi Takemura dan Tim Peatix Jepang Makan Bersama (Studentpreneur September 13)

Anda Punya Mulut, Gunakanlah

Pemimpin yang baik tahu kapan waktu yang tepat untuk marah dan kapan waktu untuk memuji. Kalau memang karyawan salah, jangan segan untuk memarahinya. Kalau karyawan melakukan sesuatu yang luar biasa dan di atas ekspektasi Anda, langsung ucapkan, “terimakasih, pekerjaan Anda kali ini sangat bagus. Saya puas!” Penelitian di Harvard menyatakan bahwa straight thank you dan pengakuan pekerjaan baik dari atasan akan membuat 78% karyawan bekerja lebih keras lagi. Ini adalah cara berterimakasih paling gratis, karena Anda semua punya mulut, gunakanlah.

 

Bonus Akhir Tahun? Kenapa Tidak?

Tidak ada karyawan yang menolak apabila diberi bonus lebih akhir tahun. Bonus ini bisa menjadi ucapan terimakasih sekaligus motivator yang baik untuk karyawan. Anda bisa membuat ini menjadi semacam kompetisi. Contohnya, siapa orang dari tim divisi sales yang berhasil memberi penjualan terbaik akan mendapatkan bonus sejumlah 1 bulan gaji. Tim divisi sales Anda akan bekerja lebih giat lagi, dan berterimakasih karena perusahaan mengakui hasil kerja keras mereka.

 

Ajak Liburan Bersama

Apabila perusahaan Anda sedang berjalan baik dan mempunyai uang lebih, adakan acara outing ke luar bersama seluruh karyawan. Selain karyawan akan merasa dihargai oleh perusahaan, mereka juga akan membangun keakraban dengan karyawan lainnya. Apabila kerjasama tim antar karyawan meningkat, produktivitas mereka untuk perusahaan juga akan meningkat. Kalau perusahaan Anda terlalu kecil untuk membawa semua karyawan liburan, cobalah setidaknya mentraktir makan beberapa karyawan terbaik Anda dan tanyakan pendapat mereka tentang perusahaan. Mempertahankan karyawan terbaik bisa dengan cara memastikan mereka tahu bahwa Anda peduli dengan mereka.

 

Tanya Apa yang Mereka Mau

Tidak semua orang memandang sebuah bonus dengan cara yang sama. Langkah untuk berterimakasih berikutnya adalah tanyakan langsung pada orangnya. Ada karyawan yang ingin bonus berupa uang, liburan, tapi ada juga yang ingin berupa beasiswa sekolah atau pelatihan. Dengan menanyakan langsung pada karyawan, Anda akan menghemat budget karena sia-sia saja memberi bonus yang tidak dihargai oleh mereka.

 

Kalau di startup Anda, bagaimana Studentpreneur mengucapkan terimakasih pada karyawan?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter