Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Putera Sampoerna


Putera Sampoerna lahir di Schiedam, Belanda pada tanggal 13 Oktober 1947, adalah salah seorang pengusaha besar Indonesia yang mungkin lebih dikenal sebagai presiden ke-3 perusahaan rokok HM Sampoerna. Beliau adalah putra generasi ketiga dari keluarga Sampoerna yang merupakan anak dari Liem Swie Ling dan Liem Seeng Tee. Ketika Putera Sampoerna lahir, beliau telah dikelilingi oleh orang-orang pekerja keras. Pada masa mudanya, beliau telah belajar nilai dari sebuah dedikasi dan pentingnya sebuah mimpi. Liem Seng tee kakek dari Putera Sampoerna adalah pendiri bisnis keluarga Sampoerna pada 1913 yang mana telah menelurkan merk Dji Sam Soe yang menancap kuat selama empat generasi. Putera Sampoerna menganggapnya sebagai seseorang yang berperan penting dalam hidupnya karena darinyalah beliau belajar tentang bisnis.

 

Putera Sampoerna

Setelah Putera Sampoerna lulus dari Universitas Houston, Texas, Putera Sampoerna dan istrinya Kathleen mengucapkan selamat tinggal pada Amerika dan pindah ke Singapura. Di sana Putra Sampoerna mulai merintis bisnis minyak kelapa sawitnya. Pada tahun 1970, ia semakin sering pergi pulang Indonesia Singapura karena beliau juga didaulat sebagai penasihat perusahaan rokok milik keluarganya yang pada saat itu sedang naik daun. Pada akhirnya ia memutuskan untuk pindah dengan seluruh keluarganya ke Surabaya pada tahun 1980 agar ia dapat lebih berkonsentrasi mengembangkan perusahaan HM sampoerna.

Indonesia adalah guru utama baginya dan keluarganya. Putra Sampoerna dan keluarga tetap menjunjung tinggi kultur dan budaya Indonesia walaupun sebagian besar waktunya dihabiskan di luar negeri. Selama empat generasi penuh ia telah menikmati apa yang bisa diberikan oleh kekayaan alam Indonesia yang melimpah ruah. Beliau telah memimpin HM Sampoerna selama lebih dari lima belas tahun dan menelurkan beberapa produk unggulan dari perusahaannya tersebut. Pada tahun 2005, beliau memutuskan untuk menjual HM Sampoerna pada sebuah perusahaan besar di Amerika milik Phillip Morris. Beliau sampai pada keputusan sulit tersebut karena beliau ingin mengembangkan usaha-usahanya yang lain yang dapat membantu Indonesia agar bisa lebih maju – telekomunikasi, keuangan jangka menengah, bio energy – dan juga lebih memfokuskan diri agar dapat memberikan sesuatu yang lebih berarti pada seluruh rakyat Indonesia yang ia cintai.

Pada tahun 2001, Beliau mendirikan Putera Sampoerna Foundation yang mana dipimpin oleh putri kesayangannya, Michelle. Yayasan ini mempunyai tujuan utama unutk memngembangkan rakyat Indonesia melalui empat pilar utama, pendidikan, enterpreneur,  dedikasi perempuan serta rasa tenggang rasa. Yayasan Putera Sampoerna adalah yayasan pertama di Indonesia yang bertemakan bisnis sosial dan bertujuan sebagai katalis atas perubahan yang terjadi sebelum menjadi cukup kokoh. Melalui Yayasan Putera Sampoerna, beliau berharap agar ia dapat berinvestasi secara inovatif, efektif dengan metode yang baik agar dapat menunjang kesejahteraan Indonesia di masa depan baik pada penduduknya ataupun komunitas apapun didalamnya. Dengan mengembangkan pemimpin masa depan yang pintar dan dapat mengayomi bawahannya, Yayasan Putera Sampoerna telah membantu bangsa Indonesia agar dapat menghadapai tantangan global serta dapat ikut serta dalam persaingan global tersebut. Selain itu, Putera Sampoerna berusaha untuk menjamin generasi baru Indonesia agar dapat menikmati hasil jerih payah bisnis keluarganya yang berakar dari kakeknya yang mana mempunyai keyakinan sangat dalam terhadap ambisi, kebijaksanaan  dan kelembutan.

Putera Sampoerna sebagai pendiri Putera Sampoerna Foundation menerima penghargaan dari administrasi perdagangan international Amerika Serikat yang bernama Peace Through Commerce Award pada tanggal 12 Desember 2011. Berdasarkan pernyataan Fransisco J, wakil menteri Perdagangan Amerika, penghargaan itu diberikan atas dasar usaha aktif yang telah dilakukan beliau dalam hal meningkatkan perdagangan internasional Indonesia-Amerika melalui kerja sama di bidang pendidikan.
Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Kristine]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inilah Kisah Sukses Putra Jokowi Berbisnis Katering

Gadis 14 Tahun yang Mengguncang Bisnis Fashion Indonesia

Dengan Uang 1 Juta, Anda Kini Sudah Bisa Berinvestasi Saham

Adi Candra Bachtiar

Adi Candra adalah alumni ITS, pelaku desain, penggemar entrepreneurship, dan pendiri aidiotology.project

Facebook