Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Studi Ebay Menyebut Bahwa Iklan Anda di Google Sia-sia


Iklan yang Anda pasang di mesin pencari, sebut saja Google, rupanya “tidak memiliki manfaat terukur” bagi pengiklan, demikian menurut sebuah studi di eBay yang diterbitkan bekerja sama dengan Berkeley dan Universitas Chicago.

Para peneliti menemukan bahwa kebanyakan iklan di hasil pencarian sangat sedikit berpengaruh pada angka sales, bahkan tidak sama sekali. Dan memperingatkan bahwa medium beriklan ini mungkin telah “melampaui puncak kemanjurannya”.

Banyak perusahaan membeli iklan pada mesin pencari. EBay misalnya. Dia mungkin akan membeli iklan untuk kata kunci “eBay”, serta kata kunci lain seperti “sepatu eBay”. Akan tetapi, iklan tersebut membawa pengaruh kecil selain mendorong pengguna untuk mengklik iklan, di mana seharusnya, mereka mungkin bisa mengklik dari hasil pencarian normal.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua lalu lintas klik dan penjualan yang datang setelahnya bisa saja ditangkap oleh pencarian normal,” kata para peneliti.

“Lalu lintas yang datang dari iklan berbayar dan pencarian alami, tidak dapat dibedakan. Maka, menutup iklan berbayar akan mengurangi budget yang diperlukan untuk memancing trafik, kemudian mengalihkan dan memusatkannya pada pencarian alami, yang bebas pengiklan. Sehingga data Anda dapat diukur dengan metrik yang lebih aktual.”

iklan-google

Kata kunci pencarian generik menghasilkan lebih baik

Akan tetapi, para peneliti punya kabar yang sedikit lebih baik bagi pengiklan yang membeli ruang pada hasil pencarian untuk kata kunci generik, seperti “memori”, “ponsel” atau “gibson les paul bekas”.

“Tidak seperti pencarian merek, di mana sebuah situs web perusahaan biasanya berada di atas slot pencarian organik, penempatan untuk istilah non-branded bisa bervariasi,”

Yang berarti, sebuah website tidak dapat menjamin bahwa dia akan selalu muncul di halaman depan untuk kata kunci generik, kecuali dengan iklan berbayar.

Akan tetapi, para peneliti juga menguji apakah mendapatkan halaman depan untuk istilah generik benar-benar penting bagi penjualan. Maka, bekerjasama dengan eBay, mereka menghentikan sepenuhnya iklan eBay pada pencarian kata kunci non-branded untuk jangka waktu 60 hari. Rupanya, mereka menemukan bahwa efek yang ditimbulkan sangat kecil dan secara statistik tidak signifikan pada penjualan. Rata-rata konsumen Amerika Serikat tidak berbelanja lebih di eBay ketika mereka terkena iklan berbayar.

 

Pelanggan eBay tidak terpengaruh oleh kehadiran iklan berbayar

Lebih jauhnya, mereka menemukan bahwa iklan tidak berdampak apa-apa kecuali pada pengguna eBay yang baru saja mendaftar sebuah account, atau yang baru membuat kurang dari tiga transaksi.

“Konsumen yang telah menyelesaikan setidaknya tiga transaksi eBay, cenderung akrab dengan penawaran eBay dan value proposition mereka, dan tidak terpengaruh oleh iklan pencarian berbayar,” kata para peneliti menyimpulkan.

 

Temuan ini menimbulkan pertanyaan penting tentang nilai sebenarnya dari iklan pencarian berbayar.

“Dari $ 31.7 miliar yang dihabiskan di Amerika Serikat pada tahun 2011 untuk iklan internet, penelitian kami menunjukkan bahwa apa yang dihabiskan untuk iklan internet telah melampaui puncak kemanjurannya.”

Google adalah penjual terbesar dari iklan pencarian berbayar di dunia. Pada 2013, perusahaan ini menghasilkan $ 37 miliar dari berbagai website, memenuhi dua pertiga dari pendapatan kotornya. Perusahaan ini memang tidak memecah pendapatan di luar itu, namun diyakini bahwa sebagian besar pendapatannya berasal dari iklan pencarian. Maka, jika nanti Google Adwords terbukti tidak efektif, hal ini akan menimbulkan masalah besar bagi mereka.

Nah sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: TIC Colombia]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Calvin Kizana, Anak Indonesia di Balik Kesuksesan Besar Picmix Menjadi Aplikasi Foto Populer Dunia

Inilah Kenapa Oprah Winfrey Bisa Menjadi Sangat Sukses

Waktu Khusus Untuk Malas Bisa Meningkatkan Produktivitas Anda

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+