Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Televisi Augmented Reality Pertama di Dunia


Secara singkat, InAiR adalah televisi yang memberi Anda pengalaman seperti film Minority Report, atau Iron Man

Dunia televisi akan mengalami evolusi sekali lagi. Kali ini, Dale Herigstad, seorang veteran di dunia bisnis televisi, bekerjasama dengan Nam Do, anak muda yang juga seorang jenius di bidang teknologi dan juga bersama Roussel yang merupakan veteran Microsoft bekerjasama membangun InAiR, televisi berbasis augmented reality pertama di dunia. Selama ini, dunia augmented reality hanya ada di smartphone dan itupun masih sangat terbatas. Dale, Nam, dan Roussel akan membawa pengalaman augmented reality ke televisi. Meskipun didesain khusus untuk bekerja dengan televisi 3 dimensi, InAiR ternyata juga bisa digunakan di televisi biasa meskipun hasilnya tidak sebagus televisi 3 dimensi.

inair

Ketika bekerja dengan televisi 3D, InAiR memunculkan konten internet persis di depan layar Anda dan bisa Anda manipulasi sesukanya. Layer depan informasi ini akan muncul seperti hologram, seperti melayang di udara (inilah kenapa disebut InAiR). Terdengar sangat “masa depan” dan “film”? Teknologi InAiR memang memungkinkan itu semua. Nam Do menyebutnya sebagai “televisi yang memberi Anda pengalaman seperti film Minority Report”. Serunya lagi, manipulasi layar televisi bisa diubah dengan smartphone Anda yang berfungsi sebagai remote control, atau bahkan apabila ditambahkan Kinect, akan bisa dikontrol hanya dengan gerakan tubuh Anda!

Dalam videonya, InAiR memungkinkan kita mendapatkan informasi yang kita inginkan tanpa berpaling dari acara utama di televisi. Bayangkan apabila Anda sedang menonton formula 1. Anda bisa mengeluarkan augmented realitynya apabila ingin mengecek klasemen sementara, sampai profil pembalap kesukaan Anda, tanpa sekalipun meninggalkan tayangan balapan yang sedang berlangsung. Contoh lainnya adalah ketika kita menonton film dokumentasi seperti dari Nasa misalnya. Ketika menonton, seringkali kita ingin tahu informasi lebih detail. Dalam contohnya tentang Nasa, InAiR bisa mengeluarkan augmented reality berupa model roket 3 dimensi yang bisa Anda manipulasi dan lihat detailnya hanya dengan smartphone ataupun gerakan tubuh. Benar-benar pengalaman baru dalam menonton televisi.

Aplikasi InAiR yang akan diinstall di smartphone ataupun televisi Anda akan diluncurkan secara gratis di appstore Android. Namun, Anda harus mempunyai hardwarenya, dengan bentuk yang kecil, hanya seukuran telapan tangan orang dewasa, namun berbentuk lingkaran. Buat Anda yang mempunya Apple TV, maka sensasi menggunakan InAiR tidak akan jauh berbeda, kecuali tentunya Anda jadi bisa menggunakan fitur augmented Reailitynya. Untuk memperbanyak tayangan yang menyediakan augmented reality, InAir juga telah mengeluarkan API agar developer bisa mengembangkan konten khususnya.

Saat ini InAiR sedang berusaha mengumpulkan dana 100 Ribu Dollar dari KickStarter. Orang yang menyumbangkan uang untuk InAiR akan mendapatkan berbagai tawaran menarik termasuk tentunya paket InAiR untuk televisi 2D ataupun 3D. Tonton videonya di sini untuk melihat detailnya.

Tertarik untuk membantu? Langsung saja kesini:

getinvolved-button

 

Baca juga kisah anak muda pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2013, Nicholas Kurniawan.

Wedya Agung

Wedya Agung adalah kreator Gombalin, aplikasi Android yang sempat menjadi aplikasi terlaris ke-3 di Indonesia

Facebook Twitter