Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Elon Musk Akan Membangun Industri Baterai Terbesar di Dunia


Tony Stark (Iron Man) Dunia Nyata, Elon Musk, Kembali Mengejutkan Dunia. Dia Akan Membangun Bisnis Baterai Terbesar di Dunia.

Bukan Elon Musk namanya kalau tidak mengguncang dunia. Baru-baru ini, ia mengumumkan rencananya bahwa Tesla akan membangun sebuah perusahaan baterai yang setara dengan produksi baterai seluruh dunia saat ini: 5 GW. Masalahnya adalah, pengumuman ini datang setelah banyak perusahaan baterai gulung tikar. Industri ini bahkan dianggap hampir mati. Jadi, apakah Tesla bisa membawa perubahan? Pasti bisa. Rekam jejak Elon Musk menunjukkan bahwa ia adalah entrepreneur yang sangat berani menantang pakem industri yang sudah ada. Ia berhasil merevolusi cara orang berbelanja di internet melalui Paypal, dan saat ini tengah membangun industri mobil listrik, panel surya, wisata luar angkasa, hingga koloni di Mars. Inilah beberapa pelajaran yang dapat kita ambil dari keputusan Elon Musk untuk membangun industri baterai sendiri.

 

1. Miliki setiap bagian vital dari proses produksi Anda.

Baterai adalah salah satu roda gigi yang vital bagi produksi mobil-mobil listrik Tesla. Mereka setidaknya butuh 9 bulan hanya untuk mengintegrasi antara baterai dengan setiap model mobil listrik terbaru mereka. Belum lagi gangguan komunikasi yang sering timbul dengan produsen baterai. Maka, memindahkan manufaktur baterai ke dalam rumah adalah langkah yang logis. Inilah pelajaran yang dapat Anda ambil. Seiring berkembangnya bisnis Anda, miliki setiap bagian vital dari proses produksi Anda. Anda akan lebih mudah mengontrol sekaligus mempercepat proses produksi.

elon-musk-wired

2. Bahkan perusahaan besar bisa pivot ke industri yang lebih scalable.

Elon Musk tahu bahwa industri mobil listrik masih sangat lemah. Maka, pada bulan Juni, ia mengumumkan bahwa Tesla akan membuat paten mobil listrik produksi mereka menjadi open source. Analis bisnis memperkirakan bahwa manuver ini adalah salah satu cara Musk untuk mengundang pemain-pemain baru dan membangkitkan industri yang kurang bergairah ini. Anda dapat membayangkan skenario Linux melawan Windows. Tesla sebagai Linux, dan industri mobil berbahan bakar alam sebagai Windows. Lalu, dari mana Tesla bisa dapat uang? Tentu saja dari industri baterai terbaru mereka. Semakin banyak pemain yang terjun ke industri mobil listrik, maka semakin besar permintaan pasar. Lagipula, Tesla sedang membangun sebuah perusahaan baterai TERbesar di dunia. Get the point?

 

3. Memahami batasan Anda.

Tim di Tesla tentu telah menghabiskan banyak waktu untuk mendesain sebuah mobil listrik siap pakai. Maka, membebaskan paten pasti bukan hal yang mudah bagi mereka. Namun, keputusan mereka jadi ringan ketika mereka sampai pada kenyataan bahwa jelas sekali mereka tidak bisa menumbuhkan industri ini sendiri. Maka, melalui pembebasan paten ini, mereka mendelegasikan pertumbuhan industri ini ke pemain-pemain lainnya dan mengundang para insinyur dan inovator terbaik di dunia.

Jadi Sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda? Poin mana yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Mahasiswi 20 Tahun Bangun Bisnis Fashion Dengan Omzet Bulanan 20 Juta Rupiah

Ini Kisah Inspiratif Pendiri Aqua yang Sering Dihina Ketika Merintis Bisnisnya

Mulai Belajar Saham Dengan Modal Hanya 1 Juta Rupiah

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+