Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Terkadang Anda Hanya Butuh Kesabaran


Sebagai pebisnis, sering sekali kita dihadapkan pada situasi dimana kita harus mengambil keputusan yang cepat. Banyak sekali tips bisnis yang membahas tentang pentingnya reaksi cepat dalam segala situasi bisnis. Namun tahukah anda kalau ternyata kesabaran juga termasuk dalam salah satu faktor terpenting untuk menang dalam bisnis? Berikut adalah beberapa jenis kesabaran yang harus anda miliki untuk menjadi yang terbaik.

patience

  • Kesabaran dalam bernegosiasi. Entah itu dengan pelanggan atau supplier, anda harus sabar dalam proses negosiasi. Anda tidak perlu terburu-buru dalam mengiyakan atau menolak suatu tawaran dari lawan negosiasi. Pertimbangkan semua faktor penting dengan berhati-hati. Mengambil keputusan terlalu cepat dalam proses negosiasi akan membuat anda diremehkan oleh lawan negosiasi. Tipsnya? Ambil 1-2 napas sebelum menjawab tawaran dalam negosiasi, selain akan membuat anda tenang, juga akan membuat anda memberi tekanan untuk lawan negosiasi.
  • Kesabaran dalam menghadapi masalah. Dalam semua bisnis, kita pasti akan menghadapi sebuah masalah. Meskipun terkadang masalah tersebut sangat berat, tips bisnis terbaik dalam kondisi tersebut adalah terus bersabar. Dengan kondisi lebih tenang, masalah seberat apapun akan terlihat jalan keluarnya. Have a little faith on your skills and capabilities, anda pasti bisa menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.
  • Kesabaran dalam menghadapi rekan kerja. Terkadang dengan semua tekanan bisnis yang ada, kita akan mengalami friksi antar rekan kerja. Hal lebih buruk akan terjadi apabila ternyata manajer tim tidak tegas dalam memimpin. Dalam situasi seperti ini, bersabar adalah jalan keluar terbaik. Tipsnya? Anda harus ingat kenapa anda bisa satu tim dengan rekan kerja tersebut, yaitu membantu perusahaan dan bersama-sama untuk maju. Ingatlah tanpa dia, anda tidak akan bisa maju juga.
  • Kesabaran dalam menghadapi masalah hukum dan pemerintahan. Seringkali pebisnis pemula mengalami masalah dengan hukum dan pemerintahan, terutama yang berkaitan dengan perizinan dan pajak. Pebisnis pemula masih belum mengetahui prosedur yang benar sehingga sering sekali frustasi dengan hukum dan pemerintahan. Namun tips bisnis terbaik untuk masalah satu ini adalah BERSABARLAH! Meskipun menyebalkan, teruslah ingat bahwa anda yang membutuhkan perizinan atau apapun itu yang berkaitan dengan hukum dan pemerintahan, dan bahwa ketika anda berhasil menyelesaikannya, anda menghindari masalah di masa depan.

 

Nah  Sobat Studentpreneur, apakah anda mempunyai kesabaran lain yang sering dipratekkan dalam bisnis kalian? Share ya!!