Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Seri Orang Terkaya Dunia

Walaupun Sering Dicela Tetangga, Bocah Ini Tumbuh Menjadi Orang Terkaya di Dunia


Jika Anda merupakan salah satu pengguna mobil bermerek Ford, maka Anda wajib mengenali pembuatnya. Simak kisah pendiri mobil tersebut, Henry Ford.

Henry Ford adalah seorang pebisnis yang menemukan perusahaan mobil Ford Motor Company. Ford Motor Companya sendiri adalah perusahaan pertama di dunia yang membuat produksi mobil secara massa. Sekarang, Ford Motor Companya menjadi pabrik mobil nomor 2 terbesar di Amerika dan termasuk 5 besar penjualan mobil terbesar di dunia.

 

Sangat bandel dan suka bereksperimen

Henry kecil sangat bandel dan suka merepotkan orang tuanya. Lahir sebagai anak dari seorang petani pasangan William Ford dan Mary Litogot, wajar jika Henry dididik untuk menjadi petani meneruskan kerja orang tuanya. Ayah Henry merupakan petani yang mempunyai sawah berpuluh-puluh hektar. Tetapi Henry kecil tidak menyukai pekerjaan di sawah, Henry malah sering membuat eksperimen sendiri.

Pada suatu waktu, Henry penasaran bagaimana jika uap dipanaskan didalam tungku, apa yang akan terjadi. Henry memasak air didalam tungku dan menunggu. Akhirnya tungku meledak dan menghancurkan seisi ruangan, bahkan pecahan kaca melukai wajah Henry. Tidak hanya itu, Henry pernah membendung sungai dan menggerakkan kincir angin untuk penggilingan kopi. Karena bendungan tersebut, sekolah Henry banjir. Tapi Henry bangga dengan hasil kerjanya tersebut.

 

Kembali ke pertanian

Sewaktu lulus SMA, Henry izin untuk merantau dan bekerja. Henry sempat bekerja sebagai buruh pabrik dan pelayan di sebuah toko perhiasan. Tetapi tidak lama, Henry mendapatkan kabar bahwa ayahnya sakit keras, Henry pun pulang dan bekerja sebagai petani meneruskan kerja ayahnya.

Sebagai petani, Henry merasa pekerjaannya terlalu berat dan merasa pembajak yang didorong hewan terlalu beresiko karena hewan-hewan banyak makan sedikit bekerja. Henry berpikir mengganti mesin untuk mempercepat pekerjaan sawahnya. Henry membuat mesin pertanian pertamanya pada umur 20 tahun, dan membantu para tetangganya untuk mempersingkat waktu membajak sawah.

 

Membuat kereta kuda

Setelah menikah, Henry berpikir dia terlalu sibuk untuk mengurusi ladang, padahal Henry ingin membuat sebuah kereta kuda. Akhirnya bersama istrinya Henry pindah ke Detroit untuk lebih fokus. Di kota tersebut, Henry sepanjang hari menghabiskan waktunya untuk membuat mesin. Henry diolok-olok para tetangganya dengan sebutan gila. Sedangkan dimalam hari Henry bekerja di pabrik lampu.

Tahun 1893, Henry pertama kali mencoba mesin buatannya. Pertama kali dinyalakan, suara mesin Henry sangat keras dan membuat asap yang banyak. Itu membuat para tetangganya kaget dan lebih kaget lagi ketika tahu kereta kuda buatan Henry berjalan. Setelah itu, Henry mulai terkenal karena kereta kudanya.

profil-henry-ford

Membuat Ford Motor Company

Henry kemudian mendapatkan banyak pendanaan dan akhirnya memutuskan untuk membuat perusahaan Ford Motor Company. Karya terkenalnya adalah Model T, yaitu mesin mobil dengan kemudi disebelah kiri. Mobil tersebut sangat terkenal dan dijadikan prototype oleh pabrikan baru diseluruh dunia.

Bukan suatu kebetulan Henry ketika bekerja sebagai buruh pabrik lampu milik Thomas Edison di Detroit. Karena Edison, Henry mendapatkan banyak pendanaan. Henry dikenalkan dengan para kolega dari Edison dan Henry pun akhirnya keluar dari pabrik lampu dan membuat perusahaan sendiri tersebut.

 

Nah, kisah yang sangat menarik bukan. Henry yang diolok-olok para tetanggannya malah sekarang mereka memuja. Kalau bukan karena Henry, revolusi mobil tidak akan hadir seperti sekarang. Bagaimana menurut Anda Sobat Studentpreneur? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Philantrophy]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Orang Terkaya di Inggris Ini Hidup Untuk Berbagi

Mantan Pelayan Restoran Jadi Orang Super Kaya di Inggris

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+