Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Wisuda, bukan berarti Wis…. Udah…


Banyak dari kita khususnya Sobat Studentpreneur yang menginjak semester akhir memiliki sebuah keyakinan, “aku lulus kuliah harus kerja di tempat orang”. Ya , sebagian besar pasti berpikiran seperti itu, tapi bagaimana kalau kenyataannya Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk kita semua eksplor?

Lulus kuliah, wisuda dan menyandang gelar sarjana memang merupakan kebahagiaan yang luar biasa. Namun, di balik rasa bahagia dan bangga itu, ada tanggung jawab besar yang menanti.

wisuda-elqi

Apapun yang dilakukan oleh seorang sarjana akan mengubah masa depan Indonesia di kemudian hari. Menurut saya, bangsa Indonesia belum sepenuhnya menikmati kemerdekaan sejati dan mandiri secara utuh. Artinya, Indonesia masih ketinggalan secara materi, infrastruktur, teknologi, bahkan ekonomi dan juga dilengkapi dengan keadaan penduduk Indonesia yang masih berada di bawah garis kemiskinan.

Banyak potensi yang dapat kita ambil dari keadaan yang masih tertinggal ini. Kebanyakan di universitas, kita belajar untuk membuat sesuatu yang revolusioner dan semua itu dapat terwujud. Tetapi coba tanyakan pada diri kita sendiri, apakah bisa dijual? Apakah marketable? Nah, ternyata tidak semua dari penemuan itu dapat di jual kembali. Ada sih yang memang dapat dijual tetapi kita tidak tahu kepada siapa menjualnya. Biasanya teori dalam kampus sendiri menekankan hal yang pakem, dan lebih suka dengan pengakuan dari luar seperti penghargaan ini dan itu. Menurut saya, apalah arti sebuah penghargaan apabila tidak dapat berkontribusi secara langsung? Toh ya semua penghargaan akan dimakan usang?

Oleh karena itu Sobat Studentpreneur, menyiapkan diri agar bisa menyatukan hati untuk Indonesia dan mampu menggunakan gelar akademiknya guna memperjuangkan kemerdekaan dan kehormatan bangsa. Sebab, sebuah aksi besar dimulai dengan langkah kecil dan cinta yang besar. Disini saya menekankan kepada teman-teman, eksplorasilah Indonesia ini dengan baik. Apabila diberi rejeki lebih untuk mendapat studi lanjut baik S2, S3, atau S lainnya baik di dalam negeri maupun di luar negeri, cobalah untuk menengok pulang dan bangun Indonesia ini menjadi lebih baik.

Apapun yang kita lakukan ke depan, menjadi entrepreneur, akademisi, politikus, peneliti, dan lain sebagainya, pastikan memiliki cinta yang besar untuk Indonesia. Kita tidak selalu bisa melakukan hal yang besar, tetapi kita bisa melakukan hal kecil dengan cinta yang besar. Karena cinta akan memberikan energi yang tanpa batas.

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter