Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Expert Tips

10 Cara Untuk Mengacaukan Bisnis Anda


Ingin Tahu Cara Untuk Mengacaukan Bisnis Anda? Jangan Lakukan Ini Apabila Tidak Ingin Menghancurkan Bisnis Anda Sendiri.

*Catatan Editor: Tiap hari Sabtu dan Minggu, Studentpreneur akan menerbitkan artikel bersifat tips dan opini milik ahli-ahli luar negeri yang disegani. Para ahli mengirimkan naskah dalam bahasa inggris, dan kami terjemahkan untuk Anda. Kali ini penulis adalah Laurence McCahill, pendiri Spook Studio, sebuah studio design terkenal, dan Happy Startup, inkubator bisnis di Inggris.* 

Di sini saya menyoroti beberapa kesalahan umum pada tahap awal yang saya temui selama bekerja sama dengan bisnis startup (dan bagaimana Anda dapat menghindarinya)

 

1. Tidak ada visi atau tujuan yang jelas

Ini harus menjadi titik awal untuk setiap pendiri startup, tapi sering diabaikan. Terlalu sering orang menyelam langsung ke ide-ide solusi mereka tanpa berpikir tentang mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan atau mempertimbangkan perubahan yang ingin mereka lihat di dunia.

“Burulah visi, bukan uang. Uang akan mengikuti Anda.” Tony Hsieh

Tanpa tujuan yang jelas, startup bisa berliku-liku tanpa banyak momentum. Dan ketika hal-hal menjadi sulit, Anda tidak dapat membantu diri atau tim. Memiliki tujuan yang jelas menambahkan beberapa arti nyata untuk pekerjaan Anda. Hal ini juga dapat memberikan bobot yang nyata pada brand Anda karena Anda memiliki alasan untuk ada, sehingga layak menghabiskan waktu untuk membentuk dan mengartikulasikan. Berikut adalah dua contoh. Perhatikan tidak ada kata produk di mana saja:

“Untuk menjadi debaran planet ini” –Twitter

“Untuk menjadi perusahaan customer-sentris di bumi” –Amazon

Simon Sinek, di TED terkenal-nya, berbicara ‘Bagaimana pemimpin besar menginspirasi tindakan’ yang Anda butuhkan untuk membangkitkan emosi pelanggan awal Anda sehingga mereka merasakan sesuatu, datang kembali, dan yang paling penting, memberitahu teman mereka tentang Anda. Dia menunjukkan bahwa sebagian besar keputusan pembelian didasarkan pada emosi, bukan logika. Di sinilah kerangka Golden Circle (Simon Sinek) datang.

“Orang tidak membeli apa yang Anda lakukan, mereka membeli alasan Anda melakukannya” Simon Sinek

Jika pelanggan Anda percaya pada misi Anda, maka mereka akan ramah pada Anda dan mendengarkan apa yang Anda tawarkan. Dengan berfokus pada ‘mengapa?’ dalam bisnis, kita dapat membuat koneksi yang lebih dalam dengan audiens kita dan memberikan kesempatan pada startups yang lebih baik untuk sukses.

Saya baru mengembangkan kerangka kerja yang lebih manusiawi untuk startups tahap awal untuk menentukan DNA startup mereka dan meletakkan beberapa dasar untuk bisnis yang berkelanjutan. Saya berharap ini akan membantu menghemat waktu pengusaha dalam perburuan mereka untuk sukses, sementara menambahkan makna lebih bagi bisnis mereka.

2. Kurangnya fokus

Jika ada satu hal dimana startups sering merasa bersalah, hal itu adalah mencoba untuk melakukan terlalu banyak, terlalu cepat. Memiliki fokus yang jelas berarti lebih mudah untuk mengkomunikasikan apa produk Anda dan untuk siapa itu. Dengan mencoba untuk menarik semua orang dan menambahkan fitur kiri, kanan, dan tengah, Anda benar-benar akan mencairkan pesan Anda dan bisa berakhir dengan kompleks. Ambillah kisah sukses seperti Dropbox dan Instagram dengan melakukan satu hal dengan sangat baik.

“Orang-orang yang secara eksklusif memfokuskan pada upaya penting, berhasil. Ini sederhana itu. “Michael Lazerow

Ini tidak semudah kedengarannya. Sering ada tekanan dari pelanggan, investor atau anggota tim lain, tetapi belajar untuk mengatakan tidak adalah sesuatu yang Anda perlu dapatkan untuk mengatasi masalah jika Anda ingin produk dapat digunakan. Dapatkan inti yang tepat dan Anda akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah.

Satu hal yang kami lakukan dengan setiap produk kami di Spook Studio adalah membuat daftar hal-hal yang kita tidak akan lakukan. Hal ini membantu menambahkan beberapa kendala untuk proses desain seperti setiap orang memiliki ide yang jelas tentang apa yang tidak berkaitan dengan produk itu. Dengan cara ini kita dapat membuat keputusan yang lebih baik.

Dibutuhkan disiplin untuk tetap di trek dan tidak kehilangan fokus, tapi itu adalah sifat berharga yang semua pengusaha sukses miliki.

design

3. Desain sebagai renungan

Kesalahannya, banyak startups tahap awal seringkali tidak melihat nilai dalam berinvestasi di desain awal, percaya itu adalah sebuah kemewahan yang dapat berlari kemudian seperti semacam sihir. Ini adalah kesempatan yang tidak terjawab (dan menunjukkan kesalahpahaman tentang apa arti desain).

Dalam dunia startup sudah ada budaya solusi atau teknologi pertama, sedangkan saya percaya kita harus mengambil lebih banyak orang untuk membangun produk dan jasa. Kecuali hal yang Anda bangun memiliki value nyata untuk seseorang, itu hanya sebuah proyek sia-sia, tidak peduli teknologi. Masih ada kebutuhan untuk mendidik pendiri startup tentang keunggulan kompetitif produk dan jasa yang dirancang dengan baik. Karena itu, saya mendirikan sebuah meetup desain biasa untuk startups, UX Café.

“Desain tidak hanya apa yang tampak dan terasa, desain adalah cara kerjanya.” Steve Jobs

Sudah terbukti bahwa ada korelasi langsung antara pengalaman pengguna yang positif dan loyalitas. Pelanggan yang senang cenderung menghabiskan lebih banyak uang, lebih sering, dan memberitahu teman-teman mereka. Saya melihat desain sebagai rute langsung ke marketing gratis melalui kata positif dari mulut ke mulut untuk membantu penghasilan. Orang-orang sekarang lebih cerdas daripada lima tahun yang lalu dan tidak akan membeli produk atau layanan yang dirancang buruk jika ada alternatif yang lebih baik. Saya percaya pengalaman pelanggan Anda adalah kontak utama dengan brand Anda. Jika itu menciptakan emosi negatif, mereka mungkin tidak pernah kembali (atau bahkan lebih parah lagi, menggunakan jaringan mereka untuk merugikan brand Anda melalui review yang buruk).

4. Bangun sesuatu yang tak diinginkan oleh seorang pun

Produk yang tepat sederhana, menarik, dan sesuai dengan model bisnis. Seringkali, meskipun Anda akan menemukan website atau aplikasi yang terlihat bagus, tetapi ketika Anda pelajari lebih dalam, tidak ada nilai yang jelas kepada pengguna. Entah masalah yang mereka coba pecahkan sebenarnya bukan masalah yang cukup besar bagi banyak orang, atau solusi yang diusulkan tidak mencapai catatan yang tepat untuk mendapatkan traksi yang signifikan.

Pertama, pastikan bahwa Anda sedang membangun produk yang tepat untuk audiens Anda sebelum menyempurnakan pengalaman. Juga sebelum Anda membangun produk Anda, miliki fase penemuan di mana Anda menjelajahi pasar, uji asumsi berisiko Anda tentang audiens, dan temukan peluang baru dan berpotensi yang lebih menguntungkan.

“Hidup terlalu singkat untuk membangun sesuatu tak diinginkan oleh seorang pun.” Ash Maurya

Kebanyakan ide bisnis didasarkan pada seperangkat asumsi yang dibuat oleh para pendiri, dan tanpa pengujian, secara signifikan Anda mengurangi kesempatan untuk sukses. Banyak bencana bisnis bisa dihindari hanya dengan berbicara lebih kepada pelanggan dan stakeholder mereka. Itu tanggung jawab Anda untuk menemukan produk yang berharga dan diinginkan. Tidak masuk akal untuk melanjutkan membangun sesuatu sampai Anda memiliki bukti bahwa Anda telah menemukan produk yang tepat.

 

5. Mengejar investor, bukan pelanggan

Hanya karena Anda punya ide bagus, ini tidak berarti bahwa Anda akan mendapatkan pendanaan. Salah satu cara paling aman untuk menjamin kelangsungan hidup untuk startup Anda adalah memiliki model bisnis yang memungkinkan membayar produk untuk dirinya sendiri. Saya menemukan begitu banyak startups yang terlalu berfokus pada pembangunan lapangan daripada membangun bisnis. Lupakan pendanaan dan temukan pelanggan yang akan membayar produk Anda. Kemudian cari lagi, dan lagi. Dapatkan beberapa pelanggan, dan investasi akan datang jauh lebih mudah.

“Ketika Anda mengambil uang dari investor, model bisnis mereka menjadi milikmu.” Steve Blank

Juga, jika Anda mencari investasi, lebih fokus untuk memperjelas visi Anda. Jika Anda seorang pengusaha sejati Anda harus khawatir tentang hal-hal yang dapat Anda kendalikan (membangun produk yang besar dan menjaga pelanggan senang) daripada hal yang tidak bisa (mengejar VC, investor malaikat, dll).

 

6. Terlalu banyak bicara, tidak cukup mendengarkan

Mungkin itu karena dana sangat penting untuk tahap awal startups dimana mereka segera dapatkan dalam menyempurnakan promosi dagang mereka. Jika Anda sedang mencari pendanaan, tidak begitu baik jika Anda pada pencarian pasar-produk yang fit. Tanpa model bisnis yang sudah terbukti, Anda dalam bahaya, kesempatan yang hilang hanya membuka telinga Anda dan mendengarkan apa yang orang katakan.

Ketika kami mengeksplorasi peluang untuk ide produk baru, kami melakukan beberapa wawancara pelanggan tanpa pernah menyebutkan solusi. Tujuan dari ini adalah untuk lebih memahami pelanggan potensial dan dunia mereka, untuk mengetahui apakah masalah yang kita cari untuk diatasi adalah rasa sakit bagi mereka juga. Memperkenalkan solusi awal dapat menyebabkan percakapan terlalu banyak dan hilangnya kesempatan potensial.

“Kami memiliki dua telinga dan satu mulut. Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda harus menjadi pendengar yang baik.” Richard Branson

Sementara penjualan adalah jalur kehidupan startup, kuncinya adalah benar-benar memahami masalah pelanggan Anda sebelum menjual.

 

7. Peluncuran terlambat (atau terlalu dini)

Terlalu banyak startups menghabiskan bulan (atau tahun dalam beberapa kasus) dalam ‘mode siluman’, tersembunyi dari mata, dan akhirnya tidak pernah keluar sama sekali karena ketidakpastian dan persaingan yang merusak acara. Sama dengan orang lain yang meluncurkan awal yang buruk dari produk mereka dalam gaya perampingan startup. Namun jika tidak ‘minimal dicintai’, jangan melepaskannya. Pastikan ada tingkat dasar desain dan kegunaan di semua fitur, jika tidak, anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang Anda harapkan. Mendapatkan keseimbangan yang tepat antara peluncuran awal dan menciptakan produk yang sempurna adalah prestasi, tapi satu yang bisa terbayar sebagian.

Rilis pertama Anda hanyalah awal, bukan akhir. Belajar dari penggunaan dunia nyata, ulangi dan tingkatkan saat Anda bekerja, tapi jangan membuang fitur itu. Fokus pada pengoptimalan produk inti sebelum menambahkan lebih.

 

8. Gagal untuk meminta bantuan

Pengusaha dapat menjadi keras kepala. Tidak ada salahnya meminta bantuan awal, tetapi justru terlalu sedikit dilakukan. Ada penasihat di luar sana yang ingin membantu Anda, dan bukan hanya untuk mengisi kantong mereka sendiri. Mengapa membuat kesalahan Anda sendiri ketika orang lain yang telah berpengalaman sebelum Anda dapat membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar?

Terimalah bahwa Anda tidak tahu segalanya dan meminta bantuan bila diperlukan (atau bahkan sebelumnya). Hal ini dapat merasakan kesunyian sebagai pengusaha, sehingga semakin Anda dapat berbicara tentang tantangan Anda sebagai sebuah bisnis, posisi Anda lebih baik akan terjadi ketika kesempatan muncul.

Menghabiskan waktu mencari mentor yang baik yang dapat Anda percaya dan yang memiliki minat tulus dalam keberhasilan bisnis Anda. Temukan orang yang tepat.

 

9. Tidak ada rencana pertumbuhan

Bangunlah itu dan mereka akan datang. Atau tidak, seperti yang biasanya terjadi. Akuisisi pelanggan dapat membentuk atau mematahkan setiap start-up.

Pengusaha serial memahami bahwa 90% kewirausahaan adalah penjualan dan pemasaran, meskipun sekarang kita memiliki new kid on the block – pertumbuhan Hacking. Sementara ada nilai nyata dalam pertumbuhan hacking itu, terasa seperti gerakan perampingan startup – yaitu, sekarang memiliki ‘brand’, semua orang akan melompat pada bandwagon dan mengaku sebagai hacker pertumbuhan.

Pada akhirnya, tujuan pendiri startup harus mencari pelanggan untuk produk mereka dan akses ke pasar yang lebih besar yang berarti skala adalah suatu kemungkinan. Bahkan produk terbesar yang pernah dibuat adalah hanya setengah cerita – mencari pelanggan, mendapatkan traksi yang signifikan, dan mencapai titik kritis adalah bagian lain dari perjalanan yang kita tidak selalu dengar. Setiap produk yang sukses di luar sana telah memiliki beberapa bentuk kemajuan. Apa yang Anda lakukan untuk mendorong kesadaran dan menghasilkan penjualan startup Anda? Jadilah berani, jadilah pintar. Seringkali pertumbuhan hacks terbaik adalah yang termurah.

 

10. Perekrutan buruk

Startups yang mendapatkan dana awal sering membuat kesalahan dengan mempekerjakan orang terlalu cepat, sebelum mereka benar-benar tahu jenis orang yang mereka cari. Tampaknya bahwa setiap pengusaha pemula lain di luar sana sedang mencari co-founder, tetapi di semua tempat yang salah. Sama seperti Anda tidak akan bertemu pasangan masa depan Anda di sebuah klub malam, Anda tidak mungkin memenuhi belahan jiwa bisnis Anda di malam pendiri kencan kilat.

“Dapatkan orang yang tepat di bus, kemudian memutuskan arah mana harus mengendarainya.” Jim Collins

Ini semua bermuara pada DNA startup Anda. Jika Anda memiliki visi yang kuat, cerita dan nilai-nilai yang mendorong Anda, maka Anda akan tahu jenis orang yang pas. Tidak ada pengembang berbakat, desainer atau hacker ingin bekerja sampai mereka berkeringat kecuali mereka memiliki ikatan nyata dengan Anda dan percaya pada tujuan startup Anda.

Saya baru mendatangi pekerjaan Javier Muñoz, co-founder, desainer kebahagiaan dan pelatih di Delivering Happiness di Spanyol. Dalam kata-katanya:

“Kami sedang melakukan presentasi Culture Canvas dalam komunitas startup sehingga mereka dapat menggunakan alat ini untuk model budaya mereka dari awal. Membentuk budaya yang layak dan menilai apakah ada kesesuaian antara produk dan budaya sangat penting bahkan jika Anda berurusan dengan dua pendiri startup. Hal ini juga penting bagi startups untuk membuktikan pencarian skala bisnis mereka.”

Saya bisa melihat ini menjadi alat yang lebih banyak digunakan dimana startups menyadari manfaat bisnis memiliki budaya yang kuat dan karyawan yang terlibat. Semua poin riset mengacu pada tim yang senang dapat membuat lebih banyak uang, sehingga organisasi beralih ke ini.

Ringkasan

Ikuti 10 tips dan Anda akan berada di jalur yang benar untuk startup bahagia:

1.       Tentukan DNA startup Anda
2.       Peganglah hal utama, hal utama
3.       Membawa desain dari hari pertama
4.       Validasi ide awal dan uji asumsi
5.       Bangunlah bisnis, bukan promosi
6.       Hentikan penjualan dan mulai mendengarkan
7.       Dapatkan keseimbangan yang tepat antara MVP dan kesempurnaan
8.       Dapatkan mentor dan bangunlah jaringan dukungan Anda
9.       90% dari kewirausahaan adalah penjualan. Saatnya untuk mulai bergegas.
10.    Ini semua tentang orang-orang. Rekrutlah sebaik mungkin

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Robert]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inilah Kisah Sukses Putra Jokowi Berbisnis Katering

Susi Sang Menteri Memang Sangat Inspiratif

Pria Ini Menjadi Salah Satu Terkaya di Jepang Karena Hello Kitty

Laurence McCahill

Laurence McCahill adalah pendiri dari @happystartups & @spookstudio, studio design dan inkubator bisnis besar di Inggris. Beliau mempunyai misi membantu banyak orang menemukan kebahagiaan dalam berbisnis.

Twitter