Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Expert Technology news teknologi Tips

10 Hal yang Saya Pelajari Tentang Lean Startup


Dalam Fase Awal Bisnis Startup, Disarankan Untuk Melakukan Perampingan Startup, atau Lebih Dikenal Dengan Konsep Lean Startup.

*Catatan Editor: Tiap hari Sabtu dan Minggu, Studentpreneur akan menerbitkan artikel bersifat tips dan opini milik ahli-ahli luar negeri yang disegani. Para ahli mengirimkan naskah dalam bahasa inggris, dan kami terjemahkan untuk Anda. Kali ini penulis adalah Laurence McCahill, pendiri Spook Studio, sebuah studio design terkenal, dan Happy Startup, inkubator bisnis di Inggris.* 

Beberapa pelajaran dari perampingan selama beberapa tahun terakhir dan bagaimana menonjol dalam kenyataan. Secara khusus, tantangan yang kita hadapi adalah integrasi dalam lingkungan lembaga, dengan fokus khusus pada tahap awal startup – menemukan dan mengkonversi pelanggan.

 

Pertama, sedikit latar belakang

Saya menjalankan sebuah startup konsultan yang membantu pengusaha mengubah ide-ide mereka ke produk digital. Kami senang bekerja dengan startups karena ada keajaiban nyata pada tahap awal – kita bisa melihat ide, ditambah juga kita bisa bekerja dengan orang-orang visioner yang ingin mengganggu status quo dan melakukan sesuatu yang berbeda. Bukan hanya pemimpi, tapi pemimpi yang akan melakukan.

“Hidup terlalu pendek untuk membangun sesuatu yang tak diinginkan oleh siapapun ”  Ash Maurya

Kita semua ingin bekerja pada hal-hal yang orang nilai dan digunakan. Jika, seperti kami, Anda telah bekerja pada proyek-proyek yang tidak pernah melihat cahaya hari, Anda tahu itu cukup menghancurkan jiwa – terutama jika Anda sudah mengorbankan waktu berbulan-bulan (atau bahkan bertahun-tahun dalam beberapa kasus) untuk itu. Juga sebagian besar klien kami memiliki landasan yang terbatas (biasanya uang tunai, tetapi juga waktu & sumber daya) jadi penting bahwa kita memberikan yang terbaik untuk mereka demi uang mereka.

Kami telah bekerja keras sebelum perusahaan memiliki nama mewah. Kami akan selalu bertanya ‘mengapa?’ Lebih sering daripada klien kami merasa nyaman, dan selalu menciptakan value, bukan hanya menjejalkan lebih banyak fitur. Ketika Eric Ries datang, tiba-tiba kami memiliki laki-laki poster (ok, tidak cukup …) – buku Ash Maurya yang Running Lean lebih baik dibaca, tapi hei …

 

Jadi mari kita kembali belajar dari prinsip-prinsip utama lean startup

–        Uji asumsi Anda

Pertama-tama, dan mungkin prinsip utama perampingan adalah mengurangi pemborosan. Dan cara mudah untuk melakukan ini adalah untuk menguji asumsi Anda.

–         Fokus pada kebutuhan pelanggan

Perampingan berikutnya mempromosikan gagasan menciptakan nilai dan ini memanifestasikan dirinya dalam produk digital sebagai kebutuhan pengguna. Apa pun yang tidak memenuhi ini dapat dilihat sebagai pemborosan.

–        Mengurangi siklus waktu

Ini adalah kunci pendekatan perampingan. Dengan mendapatkan sesuatu di tangan pengguna, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan penggunaan dunia nyata, bukan tebakan.

–        Kurangi mendokumentasi, lebih banyak melakukan

Apakah prototipe, eksperimen, atau wawancara membutuhkan model bekerja untuk membantu mengkomunikasikan ide. Daripada berbicara dalam hal konseptual atau di atas kertas, tunjukkan sesuatu pada orang-orang. Ini bisa menjadi sketsa, gambar rangka, atau prototipe. Apapun yang termurah, cara tercepat untuk menguji asumsi Anda dengan target audiens Anda.

–        Tindakan yang benar, waktu yang tepat

kunci lain adalah pentingnya melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat. Misalnya sangat boros untuk melakukan pengujian A / B sebelum Anda memvalidasi kebutuhan untuk produk Anda. Fokus pada apa yang penting pada saat itu dan melupakan yang lain. Bangun produk yang tepat sebelum produk yang sempurna.

“Setidaknya dua pertiga dari ide-ide kita tidak akan pernah berhasil. Yang sepertiga lain akan mengambil 3-4 perulangan untuk menjadi benar.” Marty Cagan

Jadi … .. ke pelajaran lean startup saya.

belajar-lean-startup

1.       RFP payah! Persyaratan = hipotesis

Pertama, RFP payah (RFP adalah request for proposal). Umumnya untuk agency, ini berarti persaingan head-to-head dengan instansi lain untuk sebuah proyek. Pemberhentian pertama untuk ini adalah proposal dari pekerjaan yang akan dilakukan.

Jeff Gothelf mengatakan bahwa daftar persyaratan dapat dilihat sebagai sekelompok dugaan. Selama bertahun-tahun kami telah menemukan bahwa apa yang kita akhirnya bangun untuk klien sering sangat berbeda dengan apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Untuk alasan ini, melakukan RFP menjadi buang-buang waktu untuk startup atau mereka mencari inovasi. Startups tidak bisa ditebak sehingga perubahan adalah sesuatu yang diharapkan.

Kami punya ini dengan melakukan workshop dengan semua stakeholders sebelum kami mengumpulkan biaya apapun. Hal ini memungkinkan kita untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari para pengambil keputusan bisnis..

Saya tidak peduli seberapa pintar lapangan Anda. Setiap solusi desain yang Anda keluarkan adalah hipotesis.” Jeff Gothelf

Dengan menulikan masalah utama yang kita coba selesaikan, kita bisa membingkai ulang persyaratan sebagai hipotesis yang perlu divalidasi melalui berbicara dengan target customer. Kami telah menemukan workshop awal kami dengan cara yang bagus untuk menggerakkan sesuatu. Juga membantu untuk membangun kepercayaan antara kami dan klien, memungkinkan kita untuk merasa seperti satu tim daripada klien dan pemasok.

Yang membawa saya ke titik berikutnya dengan rapi.

 

2.       Ego dan perampingan tidak bercampur dengan baik.

Politik, ego, kurangnya kepercayaan dapat menjadi isu utama dalam setiap proyek. Kami mencoba untuk mengurangi risiko ini dengan membangun kepercayaan di awal proyek. Juga kita lebih baik dalam memberantas klien onar sebelum kita terlibat dengan mereka. Jika kita dapat melihat bahwa tidak ada buy-in dari atas atau kita bahkan belum harus bertemu pembuat keputusan maka ini adalah alarm. Agar benar-benar ramping, Anda perlu merangkul kegagalan, memiliki keyakinan penuh dalam tim Anda dan tidak khawatir tentang siapa yang benar atau salah. Ide-ide besar bisa datang dari mana saja. Dan maksud saya tidak hanya ego dari atasan atau klien. Desainer bisa sangat protektif terhadap pekerjaan mereka dan perampingan sering dapat berbagi beban, ini berarti desainer mendapatkan kredit kurang seperti itu adalah cara bekerja yang lebih kolaboratif.

Untuk setiap desainer yang baik ini adalah hal yang baik. Hasil lebih penting daripada yang pujian. perampingan mendorong desainer untuk menjadi fasilitator daripada otak kreatif.

 

3.       Konteks mengubah taktik

Ini adalah sesuatu yang harus benar-benar kita atasi selama beberapa bulan terakhir tapi kami berjuang dengan mengapa setiap proyek yang kami ambil berjalan berbeda. Perampingan bukan peluru perak, sehingga setiap proyek berbeda. Taktik berubah bergantung pada keadaan. Tidak ada gunanya mengikuti proses ketat jika kendala Anda dalam bekerja tidak mengizinkannya.

Misalnya, untuk proyek baru-baru ini, klien mau memiliki beberapa konsep desain untuk menunjukkan potensi mereka pada pelanggan pertama (& investor) sebelum kita benar-benar tahu apa yang dilakukan produk itu. Tapi ini adalah langkah strategis yang pada akhirnya memberi kami lebih banyak waktu luang. Sering akan ada kendala waktu atau anggaran, atau klien akan menginginkan sesuatu yang sempurna. Selama Anda mengkomunikasikan bahwa ia datang pada biaya peningkatan risiko maka Anda melakukan pekerjaan Anda. Jangan mencoba dan memaksa proses pada sebuah proyek jika terhalang kendala. Anggap saja sebagai alat perampingan, di mana Anda memilih alat yang tepat untuk pekerjaan itu.

 

4.       Tim yang seimbang membuat produk yang lebih baik

Salah satu alasan kami mendirikan Spook Studio beberapa tahun yang lalu adalah kita frustasi bekerja di instansi besar dan perusahaan di mana ada kesenjangan besar antara desainer, pengembang, dan manajer. Kami selalu bekerja dalam tim kecil dengan orang-orang yang memiliki berbagai keterampilan. Jika Anda seorang pengembang, memiliki pemahaman bagus tentang apa yang membuat pengalaman baik pada pengguna akan memberikan manfaat pada Anda. Sekali lagi kita tidak ingin ego atau peran, kita ingin produk yang hebat. Dan dari pengalaman saya, ini berasal dari memiliki tim yang seimbang. Saya merasa frustrasi ketika saya melihat startups yang hanya memiliki tim teknis, tanpa in-house designer. Ini mungkin untuk beberapa produk, tetapi saat ini, desain menjadi lebih dari keunggulan kompetitif.

 

5.       Pengembangan Customer itu sulit (dan pendiri harus melakukannya)

Salah satu komponen kunci dari perampingan startup adalah pengembangan customer. Menemukan customer yang akan menggunakan (dan mudah-mudahan membeli!) produk Anda. Dari pengalaman saya, produk yang saya lihat bekerja paling baik adalah produk yang dihadirkan oleh para pendiri selama penemuan awal pelanggan. Pengembangan customer outsourcing itu berbahaya karena Anda terlepas dari audiens Anda dan itu mengabaikan feedback. Kami sudah mencoba berbagai cara untuk melibatkan klien dalam proses ini dan kami lebih memilih untuk mengambil peran penasehat atau mentoring untuk memfasilitasi. Setelah Anda mendapatkan memahamkan itu, Anda dapat adiktif berbicara dengan customer, tapi pada awalnya dapat menakutkan. Jangan takut!

 

6.       Berita buruk akan semakin buruk bila Anda membiarkannya

Ketika kami mengajarkan klien tentang pendekatan kami, kami mencoba dan mendapatkan mereka untuk memahami potensi risiko yang melekat pada perincian.

“Tidak ada model bisnis yang akan bertahan pada kontak pertama dengan pelanggan” Steve Blank

Jadi pada titik tertentu, Anda akan mendapatkan berita buruk – pelanggan mungkin tidak merasakan masalah dengan cara yang Anda pikir tentang mereka, mereka mungkin membenci ide solusi Anda, atau mungkin mereka mahal untuk dijangkau. Eliminasi yang tidak diketahui di awal sehingga Anda mendapatkan berita buruk lebih cepat. Ini mungkin menyakitkan tetapi akan menghemat uang Anda (dan energi).

 

7.       Opini = dugaan (dan pendiri selalu menang)

Tom Chi dari Google berbicara tentang pertemuan sebagai salah satu ‘kompetisi menebak’ yang besar. Saya pikir bahwa itu hanya tentang ringkasan pertemuan atau panggilan dengan klien – sering itu hanya pendapat. ‘Haruskah kita bawa fitur ini?’, ‘Akankah pengguna menyukai itu?’, ‘Berapa banyak orang akan membayar ekstra untuk ini?’. Kecuali Anda benar-benar belajar dari pelanggan Anda, opini apapun adalah perkiraan terbaik. Jangan menebak, belajarlah.

 

8.       MVP ≠ Minimum Viable Pants

Berkat Eric Ries, startups berpikir bahwa merilis versi jelek dari produk mereka dalam rangka menguji ide itu adalah hal yang dapat diterima. Tapi saya pikir ini bisa berbahaya. Pikirkan atlit, tidak tengkorak.

Kami lebih memilih untuk memiliki dasar desain dan kegunaan semua fitur inti dari MVP untuk mengetahui bagian yang rusak. Juga audiens dapat menentukan seberapa jelek MVP Anda. Kami telah membangun sebuah produk untuk pasar mewah dan kami tahu bahwa produk setengah matang tidak akan memangkas penonton ini. Orang menggunakan Apple dan Steve Jobs sebagai antitesis dari perampingan startup, tapi mereka bahkan memiliki MVP untuk Apple I. Tidak cukup iMac tetapi Anda harus mulai di suatu tempat …

 

9.       Satu metrik yang dapat mencapai 100, tapi tidak terjadi

Mengukur segala sesuatu dan tidak melakukan apa-apa jauh menjadi lebih buruk daripada hanya mengukur satu hal dan melakukan sesuatu dengan data itu. Seperti yang dikatakan oleh Eric Ries bahwa metrik yang sia-sia tidak membawa Anda kemana-mana. Siapa yang peduli berapa banyak capaian yang Anda miliki jika Anda tidak meningkatkan laba. Ukur apa yang penting, dan pada awalnya, abaikan segala sesuatu yang tidak penting.

 

10.   Ini bukan peluru perak (bukan murah / cepat)

Banyak orang di dunia startup yang peduli pada perampingan menjadi Prince 2 atau Scrum, dengan sertifikasi. Hanya karena Anda tahu proses, tidak berarti Anda punya kupon pemenang untuk startup sukses. Tanyakan perampingan dan jangan ikuti secara membabi buta. Juga jangan berharap bahwa Anda akan menghabiskan uang lebih sedikit dan mewujudkan visi Anda lebih cepat. Semua perampingan yang dilakukan membuat Anda lebih efisien, mengurangi limbah, dan mempercepat pembelajaran. Penilaian yang baik, tim yang hebat, dan sedikit keberuntungan sama pentingnya.
Jadi singkatnya, bagaimana untuk membuatnya benar:

1.       Lepaskan spesifikasi dan adakan workshop
2.       Jadikan bisnis, desain, dan teknologi menjadi satu
3.       Tentukan prioritas dari hari ke-1
4.       Bekerja dengan orang yang Anda sukai (yang mempercayai Anda)
5.       Bunuh ide-ide Anda sebelum Anda membangunnya
6.       Bicara dengan seluruh customer
7.       Jangan menebak, belajarlah
8.       Buat MVP Anda mengagumkan
9.       Cari satu metrik Anda yang penting
10.   Miliki proses, jangan biarkan itu memilikimu

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Betsy]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inilah Kisah Sukses Putra Jokowi Berbisnis Katering

Susi Sang Menteri Memang Sangat Inspiratif

Pria Ini Menjadi Salah Satu Terkaya di Jepang Karena Hello Kitty

Laurence McCahill

Laurence McCahill adalah pendiri dari @happystartups & @spookstudio, studio design dan inkubator bisnis besar di Inggris. Beliau mempunyai misi membantu banyak orang menemukan kebahagiaan dalam berbisnis.

Twitter