Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

12 Cara CEO Terkenal Dunia Mendapatkan Inspirasi


Kita bisa merencanakan family trip untuk pergi keluar kota untuk mendapatkan beberapa ide baru

Dalam dunia bisnis, inovasi adalah segalanya. Anda bisa saja mempunyai bisnis dengan ide yang cemerlang serta unik, mungkin akan bertahan 1 hingga 2 tahun. Jika setelah itu Anda tidak berinovasi, nasib Anda akan sama dengan bisnis yang bangkrut di tahun-tahun berikutnya. Inovasi dalam bisnis seperti oase di padang pasir, menyegarkan ditengah dahaga panas.

Pelanggan mungkin akan cepat bosan ketika mengetahui bahwa produk Anda ternyata hanya itu-itu saja. Apalagi pelanggan lama Anda, pasti akan kecewa setelah membeli barang Anda ternyata tidak ada perubahan.

Jika berkata mengenai inovasi, pasti tidak lepas dari bagaimana cara mendapatkan inspirasi bisnis. Inspirasi bisnis ini bisa disebut juga sebagai ide atau ilham, tergantung bagaimana Anda menyikapinya. Anda mendapatkan inspirasi lalu mengeksekusinya atau membiarkan inspirasi itu tertanam dalam otak Anda selama bertahun-tahun sampai Anda akhirnya lupa.

Sekarang kita akan membahas bagaimana Anda bisa mendapatkan inspirasi bisnis. Tidak sekedar bagaimana Anda mendapatkan inspirasi, tetapi  ini datangnya dari CEO dan pendiri startup bisnis terkenal di dunia tentang bagaimana cara mereka mendapatkan inspirasi yang mempengaruhi bisnisnya.

 

Kenali lingkungan Anda

jonathan-cornelissen

Ketika menjalankan startup, Anda biasanya akan mendapatkan 101 hal yang bisa Anda kerjakan. Tetapi, Anda juga akan mempunyai 101 lebih masalah yang harus segera diselesaikan. Dan seringnya, ide biasanya yang menjadi pemecah masalah tersebut. Kita sering berdiskusi tentang ide-ide di taman Santiago de Chila di Amerika Selatan dan memang kita sengaja untuk pergi kesana. Setelah acara Techstar, kita merencanakan family trip untuk pergi keluar New York untuk mendapatkan beberapa ide baru.

  • Jonathan Cornelissen, co-founder dan CEO dari DataCamp

 

Tinggalkan telepon genggam Anda

Tinggalkanlah meja Anda dan keluar berjalan-jalan adalah cara yang terbaik untuk Anda mendapatkan inspirasi. Saya terlalu sering tergesa-gesa setiap harinya, maka dari itu saya selalu menyempatkan untuk merelaksikan diri, dengan cara pergi keluar kantor. Jika memang memungkinkan, saya selalu meninggalkan telepon saya di meja kerja.

  • Joseph Fasone, pendiri Pilot

 

Olahragalah

Saya adalah tipe orang yang sering mencari inspirasi dengan cara fisik, misalnya berlari, renang atau bersepeda. Ketika saya berpikir terlalu lama dan biasanya tidak berhasil, saya memilih untuk berolahraga. Dengan berolahraga, saya bisa lebih detail mengetahui proses kenapa saya salah dalam bertindak.  Hasilnya mengejutkan, saya bisa lebih kreatif dan lebih puas.

  • Pierre Dresher, co-founder dan CTO dari BentoBox

 

Mandi

Mandi. Dengan mandi saya bisa lebih segar dan pikiran saya lebih cerah.

  • Ariel Briner, co-founder dan CEO dari Cartesian Co

 

Bermain alat musik

Kita memulai startup dari Vermont setelah kita kembali dari pertemuan untuk meeting naik ski. Saya masih belum menemukan tempat yang pas untuk menjernihkan pikiran. Jadi ketika Anda sudah mempunyai tempat yang cocok, jangan sia-siakan waktu Anda untuk menjadi kreatif. Tetapi, jika kamu ingin lebih mendapatkan inspirasi, bermain musik akan membuat otak Anda bekerja dengan lebih giat.

  • Shane Scranton, co-founder dari IrisVR

 

Dengarkan radio

Musik yang keras akan membuat beberapa keajaiban

  • Thierry Schellenbach, CEO dan co-founder dari Stream

 

Jalan-jalanlah

Jalan-jalanlah. Untuk saya, kota New York sangat menginspirasi.

  • Tommaso Barbugli, CTO dan co-founder Stream

 

Pergi ke pojokan kantor Anda

Kantor Techstars adalah salah satu co-working space yang sangat padat. Setidaknya ada 6 orang dengan pekerjaan yang berbeda yang berbeda. Akan sulit Anda akan berpikir kreatif dengan kondisi ruangan yang ramai. Ketika saya ingin mendapatkan inspirasi, saya melarikan diri menuju tempat kantor yang sepi untuk mendapatkan inpsirasi.

  • Brandon Paton, co-founder dan CEO dari Localize

 

Pergi ke Gym

Ketika saya sangat membutuhkan inspirasi, saya pergi ke gym. Sayang sekali, jarak gym dengan kantor terlalu jauh. Jadi saya berjalan ke tempat gym sudah membantu saya dalam membantu nge-gym. Dalam perjalanan saya ke gym, lalu melakukan gym dan ruang steam sangat membantu saya untuk berinspirasi.

  • Sathish Naadimuthu, co-founder dari Stefan Head

 

Bermain Musik

Musik adalah inspirasi saya, saya selalu menyelesaikan proyek setiap harinya. Karena mendengar lagu dari composer yang berbeda sangat menginspirasi saya.

  • Romain Cochet, co-founder dan CEO Unique Sound

 

Browsing

Saya sangat penasaran dengan alam dan rasa penasaran saya itu menjadi salah satu inspirasi saya. Saya dengan mudah menghabiskan beberapa jam untuk menulis kode dan mengejarkan projek di internet. Dan itu membuat saya merasa mendapatkan ide yang original.

  • Alexandre Strzelewicz, CEO dan co-founder dari Keymetrics

 

Ganti kursi Anda dengan sofa

Kita bekerja disalah satu apartement tim kami. Kita sering bekerja di ruang apartement, dengan sofa yang besar serta minuman yang nikmat. Dengan begitu kami sering mendapatkan inspirasi yang banyak. Karena kita sama-sama santai.

  • Mackenzie Barth, co-founder dan CEO dari Spoon University

 

Banyak sekali kan macam-macam insprasi dari CEO startup dunia. Bisa Anda tiru atau Anda mempunyai cara sendiri untuk mendapatkan inspirasi. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Joi Ito]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Jangan Takut Hutang!

Orang Terkaya ke-3 Dunia Dulunya Anak Seorang Buruh Miskin

10 Bisnis Aneh yang Membuat Beberapa Orang Menjadi Super Kaya

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+