Tips
Cara Memberikan Feedback yang Membangun
Dengan feedback yang jelas, karyawan Anda akan tahu apa yang harus mereka lakukan untuk maju.
Joel Peterson – Chairman JetBlue
Bagi Sobat Studentpreneur yang sudah mempunyai bisnis, memberikan feedback atau saran yang membangun pada karyawan tentunya sangat penting. Namun, biasanya entrepreneur pemula tidak mengetahui bagaimana cara memberikan feedback yang membangun. Seringkali ketika kita memberikan feedback, karyawan kita malah tidak termotivasi dan parahnya lagi, tidak berkembang sama sekali. Menurut Joel Peterson yang merupakan bos JetBlue, salah satu penyedia penerbangan terbesar di Amerika, memberikan saran yang membangun bisa dilakukan dengan 4 hal dasar seperti berikut.
- Berilah Saran yang Jelas
Ketika memberikan feedback, banyak sekali orang yang hanya berusaha memberikan gambaran besarnya, tanpa detail yang cukup. Contohnya, apabila Anda ingin karyawan Anda pandai tentang manajemen, Anda tidak boleh hanya mengatakan, “belajarlah manajemen”. Cobalah untuk mengatakan, “bacalah 1 buku manajemen tiap bulan, Saya merekomendasikan (sebutkan nama buku)”. Dengan feedback yang jelas dan disertai arahan, karyawan Anda akan tahu apa yang harus mereka lakukan untuk maju.
- Ada Perkembangan? Berilah Pujian
Menurut Joel Peterson, memberikan pujian terhadap sebuah prestasi akan memberikan dampak yang lebih baik pada karyawan daripada menghukum ketika mereka melakukan kesalahan. Ketika ingin memberikan feedback pun, ada baiknya Anda mulai dengan memberikan pujian, tentunya kalau mereka memang sudah sedikit berkembang dari sebelumnya. Contoh, ketika Anda ingin memberikan feedback agar karyawan Anda menaikkan kemampuan presentasinya, Anda bisa mengatakan, “Presentasi kamu tadi lumayan menarik, namun ada baiknya kalau kamu meningkatkan kemampuan artikulasi kata-katanya”.
- Tidak Ada Perkembangan? Jadilah Tegas
Kebalikan dari tips kedua, kalau memang karyawan tidak menunjukkan perkembangan sama sekali, Anda harus tegas. Jangan beri pujian ketika mereka tidak berkembang, Anda harus tegaskan pada mereka bahwa apabila mereka benar-benar tidak bisa berkembang, mereka bisa diberi peringatan atau bahkan dikeluarkan dari perusahaan. Namun, Anda juga harus tanyakan alasan kenapa mereka tidak bisa berkembang, dan bantu mereka menyelesaikan masalah tersebut.
- Buat Mereka Berkembang
Kemampuan untuk berempati adalah kemampuan dasar yang diperlukan apabila kita ingin memberikan saran bermanfaat. Bantu karyawan untuk mengetahui jalan yang dibutuhkan untuk meraih perkembangan, puji ketika mereka berkembang, tegas apabila mereka tidak bisa berkembang, dan yang paling penting menurut Joel Peterson, Anda harus melakukannya di waktu yang tepat. Ketika Anda memberikan feedback tepat setelah karyawan melakukan tugasnya, karyawan Anda akan merasa bahwa Anda perhatian dengan mereka. Hal tersebut akan memotivasi mereka untuk terus berkembang.
Nah Sobat Studentpreneur, kalau di perusahaan Anda, apa cara memberikan feedback yang Anda terapkan? Share di sini ya!