Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Apa itu Akuntansi?


Akuntansi itu tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, khususnya kamu yang bergerak pada dunia bisnis. Oleh sebab itu, sudah cukup paham tentang istilah ekonomi satu ini?

Berbicara tentang ekonomi maka tidak akan terlepas dengan pembahasan yang mengenai akuntansi. Istilah akuntansi memang sudah menjadi salah satu istilah ekonomi yang mulai umum didengar karena penggunaannya pun bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk mereka yang bergerak di dunia bisnis. Apakah kamu salah satu orang yang sedang bergerak di bidang bisnis? Jika ya, apakah kamu sudah tau apa itu akuntansi? Kalau belum, berikut penjelasannya Sobat Studentpreneur.

 

Pengertian dan definisi Akuntansi

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, menyusun, meringkat, mengolah, dan menyajikan data, transaksi, dan semua kegiatan yang berkaitan dengan keuangan, sehingga dapat digunakan oleh penggunanya agar lebih mudah dimengerti untuk mengambil suatu keputusan serta tujuan lainnya.  Akuntansi sendiri merupakan kata yang berasal dari Bahasa Inggris accounting yang memiliki arti menghitung atau mempertanggung jawabkan.

Sedangkan menurut para ahli, banyak pendapat yang menjelaskan secara berbeda tapi tidak sedikit pula yang bisa menjelaskannya hampir sama satu sama lain. Berikut penjelasan atau pengertian akuntansi menurut para ahli:

  • Accounting Principle Board (APB)

Accounting Principle board merupakan badan otoriatif yang dibangun oleh American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) pada tahun 1959 dan menerbitkan pernyataan prinsip-prinsip akuntansi sampai dengan tahun 1973.

 

Menurut APB, Akuntansi adalah kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang kemudian dapat digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi.

 

  • American Accounting Association

American Accounting Association merupakan organisasi nirlaba yang bersangkutan dengan bagaimana profesi akuntansi diajarkan. Menurut AAA, Akunting merupakan proses untuk mengidentifikasi, menghitung, dan menyampaikan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

 

  • Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison

Sedangkan menurut Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison yang merupakan penyusun buku Financial Accounting Managerial, mengatakan kalau Akuntansi adalah suatu sistem informasi yang mampu mengukur kegiatan bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

 

  • Warren dkk.

Mengatakan bahwa secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan yang berguna dalam mengambil keputusan.

 

  • AbuBakar A. dan Wibowo

Menyatakan bahwa akuntansi merupakan prosedur mengakui, pencatatan, dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi.

 

  • Suparwoto L (1990:2)

Menurut Suparwoto, pengertian dari akuntasi adalah suatu sistem atau kemampuan untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan serta memberikan hasil pengelolaan tersebut ke dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan. Pihak ekstern ini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh, lembaga perpajakan, masyarakat umum, dan lainnya.

Photo credit: PublicDomainPictures (pixabay.com)

 

Tujuan Akuntansi

Setelah mengetahui apa itu akuntasi dari beberapa pendapat para ahli, kini saatnya membahas sebenarnya apa tujuan dari akuntasi itu sendiri. Berikut penjelasannya:

  • Sebagai sumber acuan informasi keuangan yang dapat dipercaya kebenarannya mengenai kewajiban, modal, dan sumber ekonomi.
  • Sumber informasi terpercaya dalam hal perubahan-perubahan dan perbandingan sumber ekonomi setelah terjadinya kegiatan usaha dari waktu ke waktu.
  • Membantu penggunanya dalam membaca informasi keuangan yang berguna untuk memperkirakan posisi perusahaan dan potensi.
  • Memonitor jika terjadi perubahan pada sumber ekonomi dan kewajiban.
  • Menyampaikan data-data secara detail yang kelak digunakan oleh pengguna laporan keuangan baik internal dan juga eksternal.

 

Aktivitas atau Kegiatan Utama dalam Akuntansi

Dari beberapa definisi mengenai apa itu akuntansi di atas, akuntansi memiliki 3 kegiatan atau aktivitas utama, antara lain:

  • Aktivitas Indentifikasi (Identification), aktivitas untuk mengindentifikasikan beberapa transaksi atau arus keuangan yang terjadi di dalam suatu perusahaan atau usaha. Identifikasi ini penting dilakukan agar mendapatkan data yang komprehensif.
  • Aktivitas Pencatatan, setelah semua bentuk transaksi sudah diidentifikasi lalu transaksi tersebut akan dicatat di dalam laporan keuangan.
  • Aktivitas Komunikasi (communication), setelah transaksi-transaksi diidentifikasi dan dicatat, maka tahap selanjutnya adalah mengkomunikasikan atau menyampaikan hasil catatan tersebut kepada pihak yang membutuhkan informasi komunikasi tersebut, baik pihak internal ataupun pihak eksternal perusahaan.

 

Jenis atau Bidang Akuntansi

Langkah selanjutnya dari pembahasan mengenai apa itu akuntansi adalah untuk mengetahui apa saja jenis akuntansi yang ada. Sama dengan manajemen, akuntansi juga memiliki bidang spesialisasinya, seperti:

  • Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang secara khusus mempelajari tentang transaksi-transaksi keuangan seperti hutang (kewajiban), modal (ekuitas),  dan perubahan aset perusahaan.

  • Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang memberikan data real kepada pihak internal perusahaan (manajemen) sehingga dibutuhkan untuk menentukan kebijakan perusahaan lainnya.

  • Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang memiliki tujuan untuk mengefisiensi biaya produksi ataupun biaya lainnya.

  • Akuntansi Pajak

Akuntansi pajak adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengurusi perpajakan. Dalam hal ini untuk meminimalisir pajak yang harus dibayarkan perusahaan tanpa menyalahi aturan yang berlaku.

  • Akuntansi Pemeriksaan

Akuntansi pemeriksaan adalah bidang akuntansi yang berupa pemeriksaaan atas laporan pencatatan akuntansi/laporan keuangan yang dilakukan oleh akuntan independen tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Akuntansi pemeriksaan ini bisa disebut dengan audit dan orang yang mengaudit disebut dengan auditor.

  • Akuntansi Anggaran

Akuntansi anggaran adalah bidang akuntansi yang mempelajari penyusunan budgeting atau pengeluaran dari sebuah perusahaan kemudian membandingkannya dengan pengeluaran yang aktual.

  • Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi pemerintah adalah bidang akuntansi yang mempelajari tentang penyajian data laporan keuangan atau financial statement yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan mulai dari lembaga daerah hinggga pusat.

  • Akuntansi Pendidikan

Akuntansi pendidikan adalah bidang akuntansi yang penggunaannya diarahkan secara khusus di bidang pendidikan, misalnya untuk menjadi tenaga pengajar akuntansi, peneliti, dan atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan edukasi akuntansi.

  • Sistem akuntansi

Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang berkaitan dengan proses pembuatan prosedur akuntansi/alat-alat pendukungnya. Tidak hanya itu, sistem akuntansi ini juga diikuti oleh penentuan langkah-langkah mana yang akan diambil di masa depan.

  • Akuntansi Internasional

Akuntansi internasional adalah bidang akuntansi yang mempelajari masalah-masalah internasional seperti pedagangan internasional yang umum terjadi di perusahaan multi nasional/internasional.

 

Siapa saja Pengguna Internal Akuntansi ?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentang apa itu akuntansi, penggunaan akuntansi selalu terbagi menjadi dua, yakni pengguna internal dan pengguna eksternal perusahaan atau bisnis.  Lalu apa yang membedakan kedua pengguna tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Pengguna internal

Pengguna internal informasi akuntansi adalah orang-orang atau kelompok yang di ada di dalam organisasi atau perusahaan, seperti:

  • Owner (pemilik)

Pemilik  perusahaan merupakan seorang/kelompok yang menyediakan dana atau modal bagi organisasi ataupun perusahaan. Secara umum, laporan keuangan atau akuntansi ini hadir untuk membantu para pemilik mengetahui apakah bisnis yang sedang dijalankan dapat bekerja dengan baik atau tidak.

  • Manajemen

Pengelolaan bisnis yang sangat tertarik untuk mengetahui posisi perusahaan. Akuntansi merupakan dasar dari manajemen untuk mempelajari keuntunan dan kerugian suatu bisnis/usaha.  Oleh karena itulah manajemen tertarik dengan akuntansi keuangan guna menemukan apakah usaha yang dijalankan menguntungkan atau tidak. Jika diibaratkan, akuntansi keuangan adalah mata dan telinga dari manajemen yang memfasilitasi agar bisa membantu mengambil keputusan atau tindakan di masa depan.

  • Karyawan

Pembayaran bonus tergantung pada ukuran laba yang diperoleh oleh perusahaan. Permintaan untuk kenaikan upah, bonus, kondisi kerja yang lebih baik bergantung pada profitabilitas perusahaan dan pada gilirannya tergantung pada posisi keuangan. Dalam alasan ini, kelompok karyawan tentu tertarik di bidang akuntansi.

 

Pengguna Eksternal

Pengguna eksternal adalah mereka kelompok atau orang yang berada di luar organisasi untuk siapa fungsi akuntansi tersebut dilakukan. Berikut pihak-pihak yang termasuk ke dalam pengguna eksternal akuntansi:

  • Kreditor

Kreditor merupakan orang-orang yang memasok barang secara kredit atau banker atau pemberi pinjaman uang. Oleh karena itulah para kreditor ini juga membutuhkan sebuah laporan keuangan sebelum mereka memutuskan untuk memberikan kredit.

Kemajuan dan kesejahteraan perusahaan yang kreditnya diperpanjang sebagian besar dapat dilihat dari laporan keuangan oleh para kreditur. Laba rugi dan neraca merupakan bagian terpenting untuk mengetahui tingkat kemakmuran/kesehatan perusahaan.

  • Investor

Laporan akuntansi akan sangat berguna untuk para calon investor yang ingin menginvestasikan uang mereka ke dalam suatu perusahaan atau bisnis. Melalui laporan inilah mereka menilai kemajuan dan kemakmuran perusahaan sebelum akhirnya   memutuskan untuk berinvestasi.

  • Pemerintah

  • Pemerintah terus mencermati perusahaan yang menghasilkan, khususnya dengan jumlah keuntungan yang besar. Negara dan pusat pemerintah tertarik dalam laporan keuangan untuk mengetahui pendapatan untuk tujuan perpajakan, menggabungkan akun nasional akuntansi yang sangat penting.
  • Konsumen

Kelompok-kelompok ini terkadang tertarik untuk mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah. Oleh karena itu, mereka ingin mengetahui pembentukan pengendalian akuntansi yang tepat, yang pada gilirannya akan mengurangi biaya produksi. Para peneliti juga tertarik dalam akuntansi untuk interpretasi penelitian mereka.

  • Lembaga keuangan

Lembaga perbankan dan keuangan lainnya yang memberikan pinjaman untuk bisnis tentu akan tertarik melihat dan menyetahui kelayakan kredit dari bisnis. Kelompok yang meminjamkan uang seperti bank juga membutuhkan informasi akuntansi untuk menganalisa perusahaan profitabilitas, likuiditas, dan posisi keuangan sebelum memutuskan untuk memberikan pinjaman kepada perusahaan.

  • Agen Regulatory

Berbagai departemen pemerintah seperti perusahaan departemen hokum, panitera perusahaan, dan lainnya membutuhkan informasi yang akan diajukan dengan mereka di bawah hukum. Dengan memeriksa informasi akuntansi ini mereka memastikan bahwa perusahaan yang bersangkutan harus mengikuti aturan dan peratuan yang berlaku.

  • Otoritas Pajak

Guna menentukan kredibilitas pajak suatu perusahaan, maka diajukanlah persyaratan pajak atas nama perusahaan. Melalui pengajuan inilah akan terlihat daftar catatan keuangan yang disampaikan dalam laporan keuangan dalam hal ini termasuk juga dengan akuntansi. Tujuan dari laporan keuangan seperti yang sudah dibahas sebelumnya adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam informasi akuntansi dalam rangka untuk membantu mereka dalam membuat keputusan keuangan yang bijak dan sehat.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu akuntansi Sobat Studentpreneur. Pada dasarnya proses akuntansi ini akan membuat output laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan neraca pada suatu perusahaan ataupun organisasi lainnya. Jika ditarik secara menyeluruh, fungsi utama dari akuntansi adalah sebagai informasi keuangan di suatu organisasi. Tidak heran kalau keberadaan akuntansi menjadi wajib bagi perusahaan dan hampir sebagian besar penggerak di bidang ekonomi.

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Peluang Big Data di Masa Depan

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Cara Mencari Investor untuk Startup Baru

 

Nisrina Darnila

Pernah bekerja untuk National Geographic Indonesia, kini Nisrina aktif di salah satu content agency di Jakarta

Facebook