Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

Anak Kecil Ini Mengumpulkan Pendanaan 130 Juta Rupiah untuk Membangun Sekolah


Flynn dan Ruby Kirwin mengumpulkan uang untuk membangun sekolah di Ekuador menggunakan platform crowdfunding filantropis disebut Change Heroes.

Siapapun bisa memakai crowdfunding. Setidaknya hal inilah yang dibuktikan oleh sepasang kakak beradik, Flynn dan Ruby Kirwin – yang masing-masing berusia sembilan dan empat tahun. Mereka berhasil menggunakan sebuah platform crowdfunding berbasis di Vancouver, ChangeHeroes.com, untuk mengumpulkan pendanaan hingga lebih dari $ 11.000 atau lebih dari 130 juta rupiah demi mewujudkan impian mereka. Dan impian itu? Membangun sebuah sekolah untuk anak-anak yang membutuhkan di Ekuador. Kedua anak ini juga membuktikan bahwa platform crowdfunding tidak hanya bisa digunakan oleh startup atau usaha kecil baru, melainkan mendanai usaha kemanusiaan juga.

Kampanye 2 bersaudara ini dimulai pada pertengahan Mei dan pendanaan dikumpulkan melalui teman, keluarga, teman sekelas dan anggota komunitas mereka. Awalnya, rencana ini untuk mengumpulkan uang demi membelikan bola sepak bagi anak-anak di Afrika (Flynn Kirwin adalah penggemar berat sepakbola) tetapi, kemudian menjadi lebih ambisius setelah tahun lalu Kirwin bertemu pendiri Change Heroes, Taylor Conroy, di Do Gooders Summit yang diselenggarakan di Ontario.

flynn-ruby-kirwin

Platform Change Heroes, diluncurkan pada bulan Juli tahun lalu, memiliki fokus khusus untuk filantropi, terutama pendanaan perpustakaan dan fasilitas pendidikan di negara-negara berkembang. Conroy menuturkan, “Evolusi bisnis berikutnya bagi para pengusaha adalah mulai menyalurkan kreativitas dan tekad mereka untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, bukan hanya berusaha membangun sebuah perusahaan teknologi dan berusaha keras jadi the next big thing.”

Change Heroes mengembangkan platform yang akan memungkinkan hampir semua upaya fundraising untuk mendanai proyek-proyek di seluruh dunia seperti membangun perpustakaan di Bangladesh, beasiswa anak perempuan di India, inisiatif air bersih di Nepal, penelitian anti-sex trafficking terhadap pekerja di Kamboja, dan AIDS di Amerika Serikat.

Change Heroes beroperasi pada kebijakan pendanaan yang relatif sederhana, yang dikenal sebagai konsep “333”. 33 teman-teman memberikan $3,33 per hari selama 3 bulan. Maka, mengumpulkan sebesar $10.000 berarti sama dengan meminta teman Anda untuk masing-masing menyumbang sekitar $300. Change Heroes kemudian akan memotong 10% dari semua uang yang terkumpul.

Sampai saat ini, Change Heroes telah mengumpulkan pendanaan hingga $1.370.000 dari 3.427 donatur dari lebih dari 40 negara untuk mendanai 137 sekolah.

Nah Sobat Studentpreneur, jika kedua anak kecil saja bisa membuat perubahan, begitu pula dengan Anda. Anda siap?

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Change Heroes]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Bank BRI Memberi Pinjaman Usaha Untuk Bisnis Anda

Dari Tidak Punya Rumah Jadi Pebisnis Sirkus Raksasa

Berawal Hanya Menjadi Seorang Pencuci Piring, Pria Ini Memiliki Restoran Pizza Level Dunia

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+