Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Bela Ibu Menyusui, Karyawan Starbucks Ini Mendapat Banyak Pujian


Aksi Alex Kim Membuat Starbucks Mendapatkan Milliaran Rupiah Iklan Gratis

Rabu pagi di Ottawa, Kanada, ketika Julia Wykes mampir di sebuah kedai Starbucks dengan anaknya berusia 5 bulan. Dia berencana untuk takeaway, tapi anaknya rewel sehingga ia duduk sejenak di kursi dekat dengan kasir untuk menyusui anaknya. Inilah ketika kemudian Julia mendengar keluhan dari pelanggan di dekatnya. Seorang wanita mengeluh dengan sangat keras ke barista bahwa “mereka harus menghentikan Julia menyusui anaknya di depan umum karena itu menjijikkan”. Sang barista, Alex Kim, hanya tersenyum dan mengatakan kalau ia akan menanganinya.

Barista Alex Kim mendekat, menuangkan refill minuman gratis untuk Julia dan menyatakan dengan lantang, “Ini voucher minuman gratis jika lain kali Anda mampir kesini. Saya sangat menyesal karena Anda harus berurusan dengan ketidaknyamanan seperti hari ini.”

Posting Facebook yang sudah berminggu-minggu lama tentang insiden ini berhasil viral, mengumpulkan hampir 30.000 likes dan menarik lebih dari 1.200 komentar. Dijemput pula secara global oleh outlet seperti Yahoo! Inggris dan Daily Mail. Julia Wykes sendiri telah menulis insiden yang dialaminya kepada Huffington Post.

Starbucks

Pelajaran: Biasakanlah karyawan Anda untuk berempati

Starbucks melatih karyawan mereka untuk terhubung dengan pelanggan. Setiap karyawan membawa Buku Hijau kecil di celemek mereka. Menurut sang CEO, Howard Schultz, buku ini menjelaskan tujuan perusahaan, yang mana ialah untuk “memberikan pengalaman berbeda yang akan memperkaya kehidupan sehari-hari”. Akan tetapi, nyatanya  hal ini bukan tugas yang mudah. Hidup tidaklah ditulis di atas buku kecil, lagipula raksasa kopi ini memiliki lebih dari 18.000 outlet. Maka, Starbucks memberdayakan karyawan mereka melalui prinsip perusahaan yang mereka sebut “Make it Your Own”. Di sini, perusahaan meminta karyawannya untuk mewujudkan lima perilaku: Menyambut, Asli, Perhatian, Berpengetahuan, Terlibat.

Seorang barista remaja yang bijaksana, Alex Kim, mungkin telah menciptakan seorang pelanggan loyal hanya dengan menunjukkan kehangatan dan kompetensi. Ia menemukan masalah potensial dan menunjukkan pengetahuan bahwa menyusui adalah hal yang legal di depan umum. Kemudian, ia mengatasi situasi dengan penuh ketulusan dan perhatian. Plus, Starbucks telah menerima jutaan tayangan dan promosi gratis, hanya dengan seharga sebuah voucher kopi gratis.

Nah Sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: US Army]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Belajar Bisnis Dari Sosok Prabowo Subianto

Perjuangan Anak Yatim Menjadi Terkaya Kedua di Italia

Tunawisma yang Menjadi Pemilik Bisnis Sirkus Dunia

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+