Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Berpikirlah Lebih Positif


Mempunyai pemikiran positif bisa menjadi salah satu senjata andalan pebisnis sukses. Menurut Michael Jacobs, pendiri SociaLink, dengan mengubah gaya pikir dari negatif menjadi positif bisa membuatnya lebih sukses dalam kehidupan professional. Dengan pemikiran yang lebih fresh, kita bisa mengambil keputusan bisnis lebih baik. Ini dia lima tips dari Michael Jacobs untuk bisa mengubah pemikiran negatif menjadi positif.

 

Tunjukkan Rasa Terimakasih Anda

Salah satu cara untuk meningkatkan pemikiran positif adalah menunjukkan rasa terimakasih Anda. Biasanya, kita akan merasa frustasi karena gagal mencapai target. Dengan menjadi orang yang bersyukur, kita bisa bangkit dan berusaha lebih baik lagi kedepannya. Michael Jacobs menyarankan sebuah ritual sederhana agar Anda bisa memulai hari dengan perasaan bahagia. Tiap pagi setelah bangun tidur, coba tutup mata Anda lalu ucapkan 10 hal yang terjadi kemarin dan membuat Anda bersyukur.

Pikiran Jernih

Jadilah Dermawan

Pemenang Wirausaha Muda Mandiri tahun 2007, Saptuari Sugiharto, seringkali mengajak semua karyawan serta semua orang yang dikenalnya untuk menjadi dermawan. Bahkan beliau menciptakan sebuah gerakan bernama Sedekah Rombongan yang kini bahkan berhasil menyumbangkan uang sampai milliaran rupiah. Ternyata, pemikiran Saptuari Sugiharto ini juga dipegang oleh Michael Jacobs. Dengan memberi, kita akan mengubah perasaan negatif menjadi positif. Michael menekankan bahwa menjadi dermawan tidak hanya terbatas pada memberi uang, tapi juga bisa memberi tenaga dan keahlian. Kalau ada orang yang kesulitan, dan kebetulan Anda mempunyai keahlian untuk menyelesaikan masalahnya, bantu saja, maka Anda akan membuat hari Anda menjadi lebih baik.

 

Bayangkan Kesuksesan Anda

Ketika situasi sangat berat dan banyak pikiran negatif melanda, ada baiknya mengambil break sejenak dan coba untuk membayangkan hal-hal yang positif. Bayangkan apa yang terjadi apabila Anda sukses. Orang besar seperti Oprah Winfrey, Tiger Woods, dan Arnold Schwarzenegger terkenal dengan kemampuan mereka membayangkan kesuksesan, sesuatu yang membuat mereka tidak pernah menyerah meskipun sedang dilanda masalah berat. Mulailah dengan menutup mata, lalu bayangkan kenikmatan apa yang bisa Anda dapatkan kalau berhasil sukses. Harapannya, pikiran Anda menjadi positif dan Anda kembali sadar untuk harus menyelesaikan masalah agar bisa mewujudkan impian tersebut.

 

Meditasi dan Atur Napas Anda

Meskipun terkesan kuno, meluangkan waktu untuk bermeditasi selama 5-10 menit ketika pikiran sedang jenuh bisa membuat Anda lebih tenang. Steve Jobs, pendiri Apple, serta Sheryl Sandberg, Direktur Operasional Facebook adalah orang yang terkenal mengakhiri harinya dengan bermeditasi. Dengan begitu, stress yang didapatkan ketika menangani Apple ataupun Facebook bisa hilang dan mereka bisa tidur nyenyak. Menutup mata dan mencoba mengatur napas akan membuat Anda menghilangkan stress. Ketika sedang marah dan stress, napas Anda cenderung pendek dan cepat. Cobalah mengambil napas-napas panjang dan nikmati oksigen yang masuk. Cara ini akan membuat Anda tenang dan melupakan masalah.

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

6 Anak Muda Ajaib di Dunia Bisnis

Pemuda 21 Tahun Dapatkan 20 Trilliun dari Facebook

Tips Meningkatkan Penjualan dari Tony Robbins

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter