Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Bisnis Online 2017 Untuk Kamu Coba Sekarang Juga


Sobat Studentpreneur, dengan pesatnya perkembangan teknologi dan dunia internet saat ini, berbisnis online menjadi salah satu opsi yang sangat menarik. Sudah banyak cerita sukses mengenai entrepreneur maupun pelaku startup di Indonesia. Sebenarnya, bagaimana tren bisnis online 2017 sekarang? Apa saja ide bisnis online 2017 yang bisa kamu praktekkan sendiri dari rumah?

 

Jual berbagai macam barang di Tokopedia, Bukalapak, dan e-Marketplace lainnya

Halaman seller Ninjazhi yang sangat sukses di Tokopedia

Halaman seller Ninjazi yang sangat sukses di Tokopedia

Website-website seperti Tokopedia, Bukalapak, dan banyak e-Marketplace lainnya sangat sukses dalam mengubah wajah bisnis Indonesia. Banyak sekali penjual di sana yang sukses dan menghasilkan pendapatan yang besar. Salah satu contohny adalah Ninjazi (https://www.tokopedia.com/ninjazi), salah satu vendor di Tokopedia. Sampai saat ini, Ninjazi telah berhasil menjual lebih dari 300 ribu produk di Tokopedia saja. Apabila kita menjumlahkan semua total penjualannya, maka Ninjazi telah menghasilkan lebih dari milliaran rupiah. Menurut dia, selama kita menepati janji ke pembeli, melayani pembeli dengan baik, dan membuat peraturan yang jelas sebelum melakukan transaksi, maka kita akan meraih kesuksesan dalam berjualan di platform e-Marketplace.

 

Jadi Affiliate dan berjualan di situs seperti Idaff

Albert Leonardo menjadi pembicara event internasional. Source: Teemastery

Albert Leonardo menjadi pembicara event internasional. Source: Teemastery

Berbeda dengan jualan biasa, dalam affiliate marketing kita tidak butuh mempunyai produk. Kita bisa menjualkan produk orang lain dan mendapatkan komisi. Model bisnis affiliate marketing dipopulerkan oleh Amazon di Amerika dan ClickBank di Asia. Di Indonesia sendiri ada platform affiliate marketing bernama Idaff. Affiliate marketing merupakan salah satu jenis bisnis online 2017 yang paling menguntungkan. Albert Leonardo dengan Teemastery-nya membuat kelas di Idaff, mendapatkan affiliate marketer di sana, dan menghasilkan milliaran rupiah sampai saat ini.

 

Jadi Guru di Ruang Guru

ruang-guru

Kamu punya kemampuan di salah satu bidang pelajaran sekolah? Kalau iya, kamu bisa mencoba untuk menjadi guru di ruangguru.com. Di sini, kamu bisa mengajarkan anak sekolahan tentang pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan semua yang kamu bisa. Banyak sekali pelajar yang membutuhkan guru les online, dan bisnis guru les online ini bisa kamu rintis dari mengikuti program ruang guru.

 

Jadi desainer online

Sribulancer

Kalau kamu punya bakat di bidang desain atau grafis, tidak ada salahnya mencoba peruntungan di website seperti sribulancer, freelancer.com, dan 99design. Di website-website tersebut, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan desainer grafis untuk keperluan materi marketing mereka. Kamu juga bisa mengikuti berbagai kontes desain yang mereka punyai. Selain mengasah kemampuan desain, hadiahnya juga besar. Desainer-desainer papan atas di website-website tersebut bisa menghasilkan sampai ratusan juta rupiah per bulan, dan bahkan mempunyai karyawan-karyawan lain yang juga merupakan desainer untuk mengerjakan proyek-proyek klien mereka.

 

Membuat foto dan dijual secara royalty

123rf

Dengan maraknya bisnis media saat ini, ada ide bisnis online 2017 lainnya yang menarik, yaitu jualan royalti dari stock photo. Dengan mendaftarkan diri ke website seperti shutterstock, 123rf, dan website stock photo lainnya, kamu bisa menyalurkan hobi fotografi sekaligus mencoba peruntungan untuk menjual foto-foto kamu. Apabila ada media atau orang yang ingin menggunakan foto kamu untuk keperluan komersial mereka, kamu bisa mendapatkan royalti. Fotografer papan atas di berbagai website tersebut bisa meraup hingga puluhan juta rupiah per bulannya.

 

Membuat template wordpress

themeforest

Jenis bisnis online 2017 satu ini cocok untuk kamu yang mempunyai kemampuan programming dan desain. Kamu bisa membuat template WordPress untuk dijual di situs seperti ThemeForest. Saat ini 90% website di dunia menggunakan platform WordPress, sehingga tentunya template WordPress banyak dicari orang. Satu template bisa laku sekitar 300 ribu hingga 1 juta rupiah. Apabila kamu bisa menjual 20-30 kali sebulan saja, kamu sudah bisa fokus untuk menekuni bisnis ini. Template-template yang populer di ThemeForest bisa terjual antara 300-1000 kali per bulan.

 

Social media management

social-media

Dengan berubahnya dunia digital marketing, kini bisnis social media management merupakan salah satu bisnis online 2017 yang paling menjanjikan. Semua perusahaan mulai dari yang besar hingga yang kecil berebut untuk mendapatkan perhatian dari pelanggan mereka di dunia social media. Sebulannya, jasa social media management bisa menghasilkan antara 3-10 juta rupiah per akun. Artinya, apabila kamu mendapatkan 3 klien saja, kamu sudah bisa membangun bisnis social media management tanpa perlu modal awal yang besar.

 

Jual beli domain website

GoDaddy

Harga satu domain saat ini kalau dirupiahkan sekitar 100 ribu rupiah per tahun. Namun, apabila beruntung, satu domain premium bisa laku hingga puluhan juta rupiah. Model bisnis jual beli domain website ini bisa sangat menguntungkan. Kamu bisa membeli seratus domain misalnya, dengan modal awal 10 juta rupiah. Harapannya, dalam setahun, ada 5 domain yang laku masing-masing 10 juta rupiah, maka kamu akan mendapatkan keuntungan 40 juta rupiah. Bisnis ini merupakan bisnis pasif yang bisa memberi keuntungan yang lumayan besar. Kamu bisa memulai bisnis domain kamu dengan membelinya di website seperti GoDaddy.

 

Jadi artis youtube

Ini Pewdiepie, dalam bentuk kartun. Source: Sophie

Ini Pewdiepie, dalam bentuk kartun. Source: Sophie

Bisnis online 2017 paling populer akhir-akhir ini adalah menjadi artis Youtube atau Youtuber. Bagi Youtuber lokal Indonesia yang populer, penghasilannya bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan. Memang untuk menjadi Youtuber populer membutuhkan proses yang cukup panjang. Namun tidak ada salahnya kan dicoba. Kamu juga bisa bersenang-senang dalam prosesnya. Salah satu Youtuber paling sukses di dunia, Pewdiepie menghasilkan jutaan dolar per tahunnya hanya dengan bermain game di Youtube. Kamu bisa melakukan apapun dan bersenang-senang di Youtube, dan apabila beruntung, bisa membangun bisnis di dalamnya.

 

Nah Sobat Studentpreneur, itulah tadi beberapa bisnis online 2017 yang bisa kamu coba sendiri dari rumah. Menurut kamu, apalagi ya kira-kira yang sedang tren di tahun 2017? Oh iya, kamu juga bisa follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online nya loh buat belajar bisnis lebih lanjut.

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

Laporan Keuangan Untuk Pemula

Biru Cahya Imanda

Biru Cahya Imanda bekerja sebagai Head of Surabaya di Penulis.ID, sebuah perusahaan digital content agency ternama.

Facebook Twitter