Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Empat Tipe Pekerja Dalam Sebuah Tim


Dalam bisnis, memiliki tim yang tepat merupakan sesuatu yang sangat penting. Tujuan dibentuknya tim tentu untuk mencapai sukses tujuan bersama. Namun apabila perpaduan anggota di dalam tim tidak tepat, maka anda akan mendapatkan bencana. Nah, menurut ahli Robert G Allen pengarang “The One Minute Millionaire”, manusia yang bekerja di dalam tim dapat dikelompokkan menjadi 4 tipe yaitu:
robert_allen_2y8c2812
1. Tipe Kelinci
Tipe kelinci adalah orang yang memiliki imajinasi paling liar. Orang tipe kelinci termasuk orang yang cerdas karena dapat berpikir di luar aturan yang baku atau sering disebut dengan “out of the box”. Biasanya orang tipe ini, memiliki banyak ide yang simultan atau idenya tidak bakal habis oleh waktu. Sayangnya, biasanya tipe ini dapat berpindah ide dari satu ide ke ide lain dalam waktu singkat sehingga cenderung kurang fokus.
2. Tipe Burung hantu
Mereka yang termasuk kelompok burung hantu adalah mereka yang mampu menyusun rencana detail untuk mewujudkan ide dari si tipe Kelinci. Orang dengan tipe burung hantu dapat menyusun secara detail pihak mana yang dapat digunakan untuk berkerja sama bagi perusahaan, berapa dana yang dibutuhkan untuk promosi, peluang apa yang dapat dimaksimalkan perusahaan untuk kedepannya, dan sebagainya. Memasangkan tipe kelinci dengan burung hantu akan memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan.

3. Tipe Kura-kura
Ini adalah kelompok manusia yang sedikit pesimis sehingga selalu berusaha mencari celah menemukan kelemahan suatu peluang. Manusia tipe ini dibutuhkan agar rencana yang dibuat tim dapat dinilai dengan objektif. Namun berhati-hatilah, jangan terlalu banyak memasukkan tipe kura-kura di dalam tim, atau tim anda tidak akan menyelesaikan apapun karena auranya terlalu pesimis sehingga mempengaruhi semangat kerja tipe lain.

4. Tipe Tupai
Mereka yang termasuk kelompok ini adalah tipe pegawai yang mengerjakan tugasnya sesuai prosedur operasional yang ada. Salah satu contoh tipe tupai adalah pegawai yang memiliki keahlian khusus pada bidang yang mereka kuasi sehingga mereka dapat mengeksekusi bagian kerja masing-masing secara mendetail. Biasanya, engineer atau pekerja teknik merupakan tipe tupai.

Idealnya susunan tim dalam perusahaan perlu terdiri dari 4 tipe orang tersebut. Jika anggota tim terdiri dari para Kelinci, maka tim akan terus mendapatkan ide-ide kreatif sampai berakhirnya kehidupan manusia. Tim yang terdiri dari para tupai akan bekerja dengan pola yang sama, dari zaman purba hingga zaman yang akan datang. Untuk anggota tim yang terdiri dari burung hantu, bisa dipastikan tim tersebut akan menghasilkan rencana seperti budget plan, jadwal cuti, pembagian tugas dan sebagainya.

Nah Sobat Studentpreneur? Bagaimana dengan tim anda saat ini?

 

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter