Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah Kenapa Rekrutmen Lebih Baik Dilakukan Dengan Tatap Muka


Lakukan Sendiri Rekrutmen Anda Untuk Hasil yang Lebih Baik.

Sebagian besar perusahaan akan outsource para headhunter untuk menyaring kandidat potensial. Sementara cara ini memang paling cepat, praktis, dan bebas repot. Tapi tidak ada salahnya jika Anda mengambil pendekatan yang berbeda, yang mana lebih pribadi. Misalnya menghubungi langsung dan memulai percakapan secara langsung, atau melalui panggilan konferensi video. Merekrut secara face-to-face membuat Anda lebih dulu mengenal kepribadian kandidat Anda, apalagi jika Anda mengharapkan yang lebih baik untuk bisnis Anda. Lagipula, SDM adalah aset nomor satu bagi setiap perusahaan. Berikut 3 alasan kenapa lebih baik rekrutmen karyawan Anda dilakukan secara face-to-face.

job-interview

Menciptakan Percakapan di “Ruang Ketiga”

Sosiolog perkotaan Ray Olden menciptakan istilah “ruang ketiga” untuk menjelaskan kebutuhan masyarakat atas ruang pertemuan informal. Apa yang membuat ruang ketiga (kedai kopi, bar, taman, dll) begitu kuat adalah bahwa mereka mempromosikan kesetaraan sosial. Sehingga di ruang ketiga, seorang kandidat tidak sedang berada dalam “mode-menjual” dan lebih mungkin untuk terlibat dalam percakapan otentik. Ruang ketiga lainnya adalah dunia maya, video call. Apapun mediumnya, video call atau percakapan di warung kopi, semuanya akan membantu Anda menentukan dengan cepat apakah ada saling cocok antara kandidat dengan tim Anda.

 

Membangun Kepercayaan

Orang-orang tidak mempercayai perusahaan, mereka mempercayai orang lain. Maka mengadakan percakapan langsung akan membantu Anda membangun kepercayaan dengan kandidat. Hal ini juga memungkinkan kita mengevaluasi apakah dia kelak akan mampu membangun kepercayaan dengan anggota tim, pelanggan, dan partner bisnis Anda. Interaksi face-to-face dan isyarat non-verbal kandidat akan membantu Anda mengumpulkan informasi lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

 

Going Global

Bertatap muka secara langsung juga akan membantu Anda ketika tengah mencari bakat terbaik di berbagai belahan dunia. Video call sangat berguna untuk calon internasional karena mereka memungkinkan para kandidat untuk bertemu anggota-anggota tim yang berbeda sebelum mereka melakukan perjalanan ke negara Anda. Percakapan video conference akan membantu kandidat Anda menyadari bahwa mereka akan bergabung dengan tim, bukan sebuah perusahaan tak berwajah.

Bagaimana dengan metode rekrutmen Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: bpsusf]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Cerita Bisnis Inspiratif: Orang-Orang Gagal yang Bangkit Menjadi Salah Satu Orang Tersukses di Dunia

Anak Muda Ini Mendapatkan Tawaran Besar dari Amerika Namun Memilih Mengejar Mimpi di Indonesia

Dari Glodok Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+