Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

Jangan Menjadi Entrepreneur Jika Tidak Memiliki Kemampuan Berikut Ini


Untuk menjadi seorang entrepreneur, maka Anda dituntut untuk memiliki kemampuan seperti yang berikut ini.

Jika Anda mulai mencoba bisnis atau menjadi seorang entrepreneur Anda harus mempunyai strategi yang bagus. Walaupun Anda punya banyak uang dan modal percaya diri, itu saja tidak cukup. Anda tentu tidak mau memulai bisnis hanya berjalan beberapa bulan saja. Semua entrepreneur tentu mempunyai keingingan bahwa bisnisnya berjalan terus menerus. Maka dari itu simak kemampuan yang harus dimiliki seorang entrepreneur.

 

Anda harus punya kemampuan networking

Networking adalah kemampuan paling utama yang harus dimiliki seorang entrepreneur. Anda tentu tidak ingin jika bisnis Anda tidak berkembang, maka dari itu Anda harus belajar lebih banyak lagi. Ketika Anda mempunyai kemampuan networking yang baik, Anda akan bertemu dengan banyak orang dan tentu bisa lebih banyak belajar. Apa yang Anda dapatkan pada hari ini memang belum berguna untuk sekarang, tapi kemungkinan berguna untuk hari esok.

 

Anda jangan mudah terpengaruh

Walaupu Anda sering belajar tentang bisnis atau menjadi seorang entrepreneur, jangan sekali-sekali mudah terpengaruh. Tidak semua orang akan memberikan saran atau masukan yang baik. Anda harus memilah mana yang benar-benar baik untuk diri Anda sendiri dan tentu saja bisnis Anda. Walaupun yang memberi saran atau masukan merupakan seseorang yang lebih paham seputar bisnis Anda harus percaya kepada tim Anda atau diri Anda sendiri. Karena yang sebenar-benarnya yang mengetahui bisnis adalah Anda sendiri.

 

Keberanian untuk mengambil resiko

Ini yang jarang dimiliki oleh beberapa entrepreneur, khususnya entrepreneur muda. Mereka tidak berani mengambil resiko. Resiko ini yang dimaksud adalah mengambil keputusan secara tepat untuk kemajuan perusahaan. Tentu Anda tidak sembarangan mengambil resiko, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu dan jangan mengambil keputusan secara gegabah. Misalnya, ketika bisnis Anda ingin mengeluarkan produk terbaru yang belum tentu laku dipasaran, tetapi dengan pemasaran yang baik produk Anda mungkin saja akan cepat laku dipasaran atau malah jeblok. Itu adalah resiko yang harus Anda ambil sebagai seorang entrepreneur.

collaboration

Berkolaborasilah

Ketika Anda mempunyai skill networking yang baik, selanjutnya yang Anda lakukan adalah berkolaborasi. Anda tentu tidak memiliki semua kemampuan berbisnis, jika Anda mempunyai networking yang luas tetapi Anda tidak paham bagaimana mengelola keuangan, Anda bisa mencari partner untuk melakukan kolaborasi. Tentu Anda tidak bisa selalu mengerjakan bisnis Anda itu sendiri bukan, ketika Anda bisa fokus pada satu hal dan partner Anda bisa melakukan hal lain yang tidak bisa Anda lakukan. Ketika tim Anda berjalan, tentu bisnis Anda akan berjalan lancar. The power of collaboration sangat penting untuk Anda.

 

Jangan pelit untuk berbagi

Ketika Anda sudah sukses dalam berbisnis dan menjadi seorang entrepreneur yang terkenal, jangan ragu untuk berbagi. Karena jika Anda berbagi, walaupun itu belum tentu berguna untuk Anda tetapi itu akan berguna untuk mereka.

 

Nah, Sobat Studentpreneur sudah mengetahui kan kemampuan yang harus dimiliki seorang entrepreneur, bagaimana menurut Anda? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Chris]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Orang Terkaya di Inggris Ini Hidup Untuk Berbagi

Mantan Pelayan Restoran Jadi Orang Super Kaya di Inggris

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+