Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Lima Hal yang Bisa Meningkatkan Produktivitas di Dalam Kantor


Bekerja yang produktif menjadi sebuah faktor penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Namun tak semua perusahaan, terutama di Indonesia, yang mengerti tentang bagaimana memberikan treatment bagi para karyawannya agar lebih produktif. Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Gallup di 142 negara dunia, hanya 13 persen karyawan yang secara psikologis mempunyai komitmen pada perusahaannya.

Survei tersebut pun memperlihatkan bagaimana 87 persen karyawan lainnya tidak mempunyai kenyamanan di lingkungan kerjanya. Hal ini pun kemungkinan juga terjadi di Indonesia. Terlebih survei ini melibatkan hampir lebih dari 180 juta orang responden. Lalu, bagaimana cara sebuah perusahaan untuk menangani hal ini dan dapat meningkatkan produktivitas masing-masing karyawan?

 

1. Desain kantor Anda dengan menggunakan warna yang tepat

Penggunaan warna dalam kantor memberikan dampak yang tinggi dalam produktivitas para karyawan. Sebuah ruangan kantor juga tidak harus melulu didesain secara formal, karena hal ini bisa saja membuat para karyawan akan merasa cepat bosan. Sebaliknya, sebuah ruangan dengan pewarnaan yang ceria dapat membuat mood para karyawan menjadi lebih baik dan nyaman. Pada akhirnya, hal ini akan membantu mereka dalam meningkatkan produktivitas kerja.

Kantor

2. Tentukan prioritas dalam pekerjaan

Mempunyai daftar pekerjaan yang harus dilakukan dalam waktu dekat pada sebuah proyek pun bisa meningkatkan produktivitas para karyawan. Untuk melakukan hal ini, Anda pun bisa membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan dan menjadwalkannya. Melakukan pekerjaan satu per satu sesuai prioritas lebih efektif dibandingkan ketika Anda melakukannya secara bersamaan.

 

3. Hiburan di dalam kantor

Hal ini mungkin yang cukup jarang disediakan oleh sebuah perusahaan di tanah air. Perusahaan kerap beranggapan bahwa waktu kerja yang berdurasi 8 jam harus sepenuhnya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Tapi ingat, karyawan Anda bukanlah sebuah robot, melainkan seorang manusia.

Bekerja secara terus menerus juga memberikan dampak yang buruk bagi kinerja para karyawan. Sebagai contoh, sebuah perusahaan besar seperti Twitter ataupun Google kerap mendesain kantornya dengan cara yang unik. Sebagai tambahan, mereka juga memberikan sebuah ruangan khusus yang di dalamnya dilengkapi dengan berbagai jenis sarana permainan untuk para karyawan. Work hard, play hard.

 

4. Makanan yang selalu siap sedia

Keberadaan makanan yang selalu siap sedia juga bisa dapat meningkatkan produktivitas para karyawan. Tentunya Anda tahu dong, bahwa seorang karyawan yang lapar tentunya sangat dapat memberikan dampak yang buruk dalam sebuah kantor. Seorang karyawan yang lapar akan cenderung cepat marah. Selain itu, mereka juga akan mempunyai kesulitan dalam berkonsentrasi.

 

5. Jangan melakukan berbagai tugas dalam satu waktu

Multitasking kerap dilakukan oleh seorang karyawan dan hal ini juga dianggap bisa meningkatkan kinerja mereka. Namun tak semua orang bisa melakukan beberapa tugas dalam satu waktu dengan kualitas yang sama. Jadi, tinggalkan kebiasaan ini dan lakukan setiap tugas satu per satu.

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: BasiBanget]

 

Baca Juga:

Pendiri Facebook Doyan Pesta

Pemuda Ini Kumpulkan Milliaran Rupiah dari KickStarter

Kebiasaan Orang Kreatif

Imam Baihaki

Seorang penulis yang ingin berkeliling Indonesia dan dunia.

Facebook