Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

7 Cara Agar Kamu Jadi Lebih Produktif


Banyak pengusaha sukses yang akhirnya gulung tikar karena mengalami penurunan pada kinerja perusahaannya. Hal ini diduga akibat menurunnya produktivitas sumber daya manusia yang ada di sana. Padahal untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis, kamu harus terus mampu bersikap produktif setiap harinya. Nah, 7 cara ini bisa kamu praktekkan agar jadi lebih produktif lagi Sobat Studentpreneur.

 

Fokus

Seseorang dapat menjadi produktif jika ia tahu betul apa yang harus dilakukan untuk mencapai visi yang telah ditentukan. Pada situasi dan kondisi apapun kamu dituntut untuk selalu fokus dalam mengerjakan sesuatu. Tingkat kefokusan yang tinggi dapat membuatmu berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Dengan memfokuskan pikiran pada bisnis yang kamu jalankan, maka secara otomatis kamu pun akan menjadi lebih produktif lagi.

 

Membuat Rencana Kerja

Saat kamu ingin bekerja dengan lebih produktif, alangkah baiknya jika terlebih dulu kamu merencanakan apa saja yang akan kamu kerjakan pada satu waktu. Hal ini akan membantumu untuk tetap terarah dan terencana sehingga tidak ada pekerjaan yang terlewatkan. Termasuk rencana untuk melakukan pendekatan pada calon klien untuk mematangkan penawaran agar disetujui dengan baik.

 

Tidak Membuang Waktu Percuma

Waktu adalah emas, sehingga menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi lebih produktif. Dibantu dengan rencana kerja yang telah dibuat, kamu pun tidak akan membuang waktu percuma. Kamu tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai apa yang diinginkan.

 

Hanya Mendatangi Pertemuan yang Memiliki Tujuan Tepat

Agar waktu yang kamu miliki tidak terbuang percuma, maka untuk menjadi lebih produktif kamu bisa mendatangi pertemuan yang memiliki tujuan tepat. Kamu dapat dengan bijaksana memilih dan memilah pertemuan mana yang terbaik dan menguntungkan untuk didatangi. Kamu akan terlebih dulu melihat kemungkinan siapa saja yang akan ditemui, manfaat untuk diri sendiri maupun perusahaan, atau langkah apa yang akan dilakukan setelah pertemuan tersebut.

 

Bersikap Multitasking

Cuddling with multiple devices

Photo Credit: Acreelman

Bersikap multitasking harus dilakukan untuk menjadi orang yang lebih produktif. Kamu bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu yang relatif singkat. Tidak membutuhkan banyak waktu untuk menulis email sambil menerima telepon dari klien. Kamu bisa melakukan keduanya secara bersamaan. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada manajemen waktu yang kamu miliki.

 

Meninggalkan Sikap Perfeksionis

Untuk menjadi lebih produktif, kamu harus meninggalkan sikap perfeksionis dalam dirimu. Jangan habiskan banyak waktu untuk membuat proposal yang sempurna atau kamu akan kehilangan kesempatan untuk memberikan penawaran. Ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini dan kamu tidak harus selalu menjadi sempurna dihadapan semua orang. Menunggu untuk kesempurnaan berarti meninggalkan banyak kesempatan yang datang.

 

Tahu Tempat Tepat Untuk Mendapatkan Informasi

Menjadi lebih produktif berarti kamu harus mampu bersikap cerdas dan cermat. Kamu tahu dimana tempat yang tepat untuk mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan. Kamu harus mampu bertindak cepat dan tanggap terhadap situasi yang sedang dialami. Jangan ragu untuk bertanya pada orang-orang yang mungkin lebih professional ataupun mengikuti kelas pelatihan untuk bisa memperbaiki kualitas diri menjadi lebih baik seperti dengan mengikuti kelas online gratis di Studentpreneur.

 

Menjadi pribadi yang lebih produktif tidak lagi sulit dengan tujuh cara tadi, bukan? Masih ada waktu untuk melakukan perubahan. Mulai sekarang atau kamu akan membiarkan diri terjerat dalam kemalasan yang ada Sobat Studentpreneur.

Inas Twinda

Inas adalah social media manager di Picodio, sebuah startup digital agency di Surabaya. Dia sangat mencintai dunia startup!

Facebook Twitter