Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Bekerja Sesuai Hobi Bisa Meningkatkan Produktivitas


Bekerja sesuai dengan hobi memang memberi keuntungan tersendiri, pasalnya Anda tidak akan terasa jika sedang melakukan pekerjaan.

Bekerja adalah kata lain dari kita berusaha dalam mencari kesuksesan hidup di dunia ini. Apapun itu, tentunya tak lain dan tak bukan untuk bisa kita bertahan menuju akhir dalam kehidupan ini yaitu dengan cara mencari nafkah untuk bisa bertahan hidup kita sendiri dan keluarga pastinya. Bekerja janganlah dijadikan beban dalam hidupmu karena jika kau jadikan beban akan suatu pekerjaan yang kau jalani maka akan sulit untuk menikmati pekerjaan tersebut. Dan pasti kau tak akan betah dalam menjalaninya karena selalu ada hawa malas dan gundah gulana dalam menjadikan pekerjaan itu suatu sumber kehidupan dalam hidupmu.

 

Bekerja dengan baik

Bekerja adalah tuntutan dalam hidup ini untuk bisa kita mencari uang atau dengan kata lain untuk menafkahi keluarga dengan cara yang baik pastinya. Anda harus bersyukur memiliki pekerjaan saat ini dan itu harus kita jalani dengan baik karena kita tahu jumlah pengangguran di negara kita ini cukup tinggi. Padahal masih banyak orang lain yang juga membutuhkan pekerjaan. Walaupun sudah tersedia lapangan pekerjaan, terkadang dari individu mereka sendiri yang akhirnya membuat tidak mendapat pekerjaan. Akibatnya, banyak sekali pengangguran lantaran masing-masing individu tidak bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk mendapat pekerjaan.

 

Jangan hanya melihat gaji

Sebelum kita menekuni sebuah pekerjaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari, ada baiknya mencari pekerjaan yang memang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Paling tidak, pekerjaan yang akan dikerjakan memang menguasai ilmunya karena hal tersebut sangat mempengaruhi produktivitas kerja yang nantinya akan Anda jalani. Pilihlah pekerjaan yang memang bidang anda dan jangan karena gajinya besar semata. Sekalipun Anda diberi tawaran pekerjaan dengan berbagai fasilitas yang menggiurkan, namun jika pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan bidang Anda atau tidak ada passion dalam menjalani pekerjaan tersebut maka akan menjadi sia-sia. Pasalnya, Anda akan kesulitan untuk berkembang dalam pekerjaan tersebut nantinya dan akhirnya Anda berhenti bekerja di tempat tersebut dan kembali menganggur.

hobby

Sesuai dengan hobi

Pilihlah pekerjaan yang berdasarkan pada minat dan atas dasar hoby anda karena akan lebih mantap dan lebih tekun dalam menjalni. Diawal bekerja, sebaiknya Anda jangan terlalu memikirkan kecilnya penghasilan yang akan kecil. Pasalnya, rejeki akan datang dengan sendirinya jika Anda menggelutinya dengan rajin dan ikhlas. Selain itu, jangan lupa untuk selalu bersykur dengan apa yang anda terima karena itulah hasil kerja keras Anda. Dengan bekerja sesuai dengan hoby, maka pekerjaan tersebut akan terasa nyaman untuk dikerjakan, Anda akan lebih leluasa untuk menjalani setiap rutinitas pekerjaan yang ada dan pastinya akan lebih enjoy dalam menggelutinya.

 

Eksplorasi potensi diri

Banyak pegawai atau karyawan mengeluh, bosan, capek, bahkan malas untuk bekerja. Semua itu terjadi karena pekerjaan yang mereka tekuni selama ini belum sesuai dengan hobinya (hatinya). Sehingga timbullah keinginan untuk bebas dari rutinitas yang monoton tersebut. Karena itu saat ini banyak orang yang menjalankan pekerjaan sesuai dengan hobi. Menemukan hal yang benar-benar Anda sukai, bukan perkara mudah tetapi juga tidak sulit. Salah satu hambatannya adalah ketika Anda terlalu meremehkan hobi sendiri. Apa yang seharusnya bisa jadi bisnis dan profesi, karena sudah menjadi hal sehari-hari yang biasa, sehingga tidak dianggap serius dan non produktif di awal. Karena itu, cobalah lebih peka dalam mengeksplor minat dan keinginan sendiri. Tak ada salahnya menjadikan hobi Anda sebagai sumber penghasilan, baik utama atau pun tambahan. Faktanya, banyak kisah sukses mengenai mereka yang bekerja sesuai dengan hobi masing-masing.

 

Saat ini mencari lapangan pekerjaan yang sesuai dengan hobi dan keahlian kita memang susah, kita harus berusaha dengan keras. Tapi jika kita tidak mendapatkannya, kita tidak perlu bingung, buatlah lapangan pekerjaaan sendiri, yang sesuai dengan hobi dan keahlianmu. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Nicholas]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tertarik Bisnis Online Shop, Gadis 18 Tahun Ini Raup Untung Jutaan Rupiah per Bulannya

Ternyata, Modal Awal Nike Hanya 5 Juta Rupiah

Introducing Startup Speakup, Program Untuk Anda!

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+