Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Mau Sukses? Berlatih Dulu Selama 10 Ribu Jam!


The Beatles telah menyelesaikan lebih dari 10.000 jam penampilan panggung sebelum pertamakali tampil di Amerika dan meraih kesuksesan internasional

Bagian paling terkenal dari buku best seller dunia “Outliers” karya Malcolm Gladwell adalah aturan 10.000 jam. Menurut Malcolm Gladwell, kalau seseorang ingin menguasai sebuah skill, entah itu bermusik, komputer, atau bahkan berbisnis, dia harus sudah pernah melakukannya selama 10.000 jam. Gladwell mencontohkan Bill Gates dan The Beatles yang sebelum sukses, ternyata mereka telah melakukan pekerjaan yang sama selama 10.000 jam. Rata-rata orang yang bekerja secara full-time menghabiskan sekitar 2.000 jam tiap tahunnya. Maka seandainya kita melakukan pekerjaan yang sama selama 5 tahun, baru kita bisa dianggap menguasai pekerjaan tersebut.

Saya akan memberikan beberapa contoh menarik, kasus internasional dan juga lokal. Pertama, Bill Gates yang mendirikan Microsoft ketika masih berada di Harvard dan berusia 20 tahun. Bagaimana mungkin Bill yang masih 20 tahun sudah menyelesaikan 10.000 jamnya? Untuk Sobat Studentpreneur yang belum tahu, Bill Gates menghabiskan semua waktu senggangnya untuk membuat program sejak umur 13 tahun. Dengan asumsi 2.000 jam tiap tahun, maka ketika pertama kali mendirikan Microsoft, Bill Gates telah mempunyai skill sebanyak 14.000 jam, cukup untuk membuatnya bisa sukses.

Contoh menarik lainnya adalah The Beatles, sebuah band legendaris dari Inggris. Sebelum pergi ke Amerika dan menjual 2 juta album, Beatles merasakan kesuksesan pertamanya di Jerman. Namun, sebelum di Jerman, mereka telah bermain 5 jam sehari, selama 4 tahun, dan melaksanakan 1.200 penampilan. The Beatles telah menyelesaikan lebih dari 10.000 jam penampilan panggung sebelum pertamakali tampil di Amerika dan meraih kesuksesan internasional.

 

Me n Yoris

Lunch Bersama Yoris Sebastian

Terakhir, Saya teringat dengan obrolan Saya ketika makan siang dengan Yoris Sebastian, pendiri OMG Consulting, mantan GM termuda dalam sejarah HardRock, serta praktisi kreatif paling terkenal di Indonesia. Ketika Saya bertanya, bagaimana seorang Yoris bisa menjadi GM termuda dalam sejarah HardRock, Yoris tertawa dan menjawab prinsip 10.000 jam adalah kuncinya. Yoris hanya ingin melaksanakan 1 pekerjaan dalam waktu 10.000 jam, dan ketika dia sudah mencapai angka tersebut, dia minta dipindah di bagian lain dan mengerjakan 10.000 jam lagi. Dia menjadi GM termuda HardRock karena telah melaksanakan 10.000 jam di berbagai bidang yang dibutuhkan untuk menjadi GM. Kemudian tentang keputusannya keluar dari HardRock dan mendirikan OMG adalah dia sudah menyelesaikan lebih dari 10.000 jam menjadi GM yang mempunyai pemikiran kreatif seperti pemilik bisnis.

Berikut ada sebuah infografik yang sangat menarik dari Zintro, menjelaskan bagaimana cara mengakali aturan 10.000 jam dari Malcolm Gladwell. Bagaimana menurut Anda Sobat Studentpreneur?

10000-hour-rule-gladwell-outliers1

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+