Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Melatih Pikiran Positif


Seorang entrepreneur akan mengalami banyak momen buruk dalam bisnisnya. Entah itu pelanggan yang tidak puas, karyawan yang melakukan kesalahan, atau mengalami kerugian yang besar. Semua hal buruk yang bisa terjadi dalam bisnis bisa menumbuhkan pikiran negatif yang akan memberikan dampak lebih parah terhadap bisnis maupun kehidupan pribadi. Terkadang, hal yang membedakan entrepreneur sukses dengan yang gagal adalah cara pandang mereka terhadap sebuah masalah. Entrepreneur yang sukses cenderung mempunyai pikiran positif terhadap masalah yang mereka hadapi, atau setidaknya mereka bisa bangkit untuk menyelesaikan masalahnya. Tim Studentpreneur telah menyusun bagaimana cara melatih pikiran positif agar menjadi pebisnis yang lebih baik.

 

Andersons_APlus_System_Gray_Logo_Web

 

Ungkapkan Rasa Syukur Anda

Dalam kehidupan, semuanya harus seimbang. Ketika terjun dalam dunia bisnis, Anda tahu Anda akan menghadapi tantangan berat. Seimbangkan otak Anda dengan cara mengingat hal-hal menyenangkan ketika menghadapi masalah berat. Cobalah tips sederhana ini. Setiap akan tidur, Anda harus menulis setidaknya tiga hal positif yang terjadi pada Anda hari itu. Intinya, ungkapkan rasa syukur Anda, dan ingat rasa syukur tersebut ketika menghadapi masalah bisnis agar Anda bisa mengambil keputusan yang lebih tenang.

 

Percaya Diri dan Hadapilah Dengan Senyuman

Semakin sering Anda mendengar sesuatu, Anda akan cenderung untuk mempercayainya. Pebisnis yang sukses biasanya sangat percaya diri. Kita sudah tahu betapa percaya dirinya Richard Branson (Virgin Group) atau Steve Jobs (Apple) dalam merepresentasikan perusahaan mereka. Ada sebuah tips sederhana yang diberikan oleh CTO (Chief Technology Officer) Studentpreneur, Wedya Agung. Ketika menghadapi sebuah masalah yang besar, Anda harus menghadapinya dengan senyuman. Ketika Anda tersenyum, Anda akan dipenuhi oleh pikiran positif yang membuat Anda bisa mengeluarkan kemampuan terbaik.

 

Tantang Pikiran Negatif

Tiap kali pikiran negatif muncul, Anda harus berusaha memikirkan hal yang benar-benar berlawanan. Ketika Anda berpikir akan gagal, cobalah berusaha memikirkan apa yang bisa Anda dapatkan ketika berhasil. Daripada terus mengeluh, lebih baik Anda berpikir tentang hal-hal menyenangkan yang terjadi ketika berhasil, dan secara perlahan berusaha menyelesaikan masalah tersebut.

 

Apakah Anda mempunyai tips untuk menumbuhkan pikiran positif, Sobat Studentpreneur?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter