Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Pemenang Wirausaha Muda Mandiri Terbitkan Buku


Nicholas Kurniawan mempunyai cerita yang sangat luar biasa. Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2013 ini masih berusia 21 tahun namun sudah mempunyai bisnis ikan hias dengan omzet ratusan juta rupiah per bulannya. Terbaru, Niko, panggilan akrabnya, bekerjasama dengan Gramedia dan meluncurkan sebuah buku berjudul “Die Hard ANTrepreneur”. Kepada Studentpreneur, Niko menjelaskan bahwa dia ingin berbagi tips kesuksesannya sekaligus perwujudan rasa syukur terhadap berkah yang diberikan Tuhan dengan cara menerbitkan buku ini.

Studentpreneur tidak akan memberikan spoiler mengenai isi buku ini secara lengkap, namun kami akan menceritakan sedikit saja kenapa “Die Hard ANTrepreneur” termasuk salah satu buku bisnis terbaru yang kami rekomendasikan. Garis besarnya, “Die Hard ANTrepreneur” membahas tentang dua filosofi bisnis utama Nicholas Kurniawan, yaitu die hard, dan filosofi semut. Niko menjelaskan bahwa dua filosofi tersebut adalah kunci utama dari awal dia merintis bisnis ikan hias, memenangkan Wirausaha Muda Mandiri, sampai ekspansi ke berbagai bisnis seperti saat ini.

diehard

Filosofi die hard mirip dengan film legendaris Hollywood yang dibintangi oleh Bruce Willis. Menurut Niko, seorang entrepreneur harus beraksi seperti Bruce Willis, tidak takut mati dan terus berjuang meskipun berbagai cobaan menerpa. Mengutip ucapan Pak Ciputra, begawan properti Indonesia, entrepreneur yang baik jatuh 10 kali dan bangkit 11 kali. Selama kita belum menyerah, sebuah bisnis belum bisa dikatakan bangkrut. Kalau kita tidak pernah menyerah, maka bisnis kita tidak akan pernah bangkrut.

Filosofi berikutnya yang diangkat dalam buku bisnis terbaru “Die Hard ANTrepreneur” ini adalah filosofi semut. Dalam setiap kesempatan sharing ke komunitas Studentpreneur, Nicholas Kurniawan sering sekali mengangkat filosofi semut ini. Menurut dia, sikap semut adalah sikap yang harus ditiru oleh semua entrepreneur yang ingin sukses. Meskipun dari luar tampak lemah, Niko berkata bahwa semut sangat kuat. Seringkali semut membawa sendiri benda yang beratnya 3 kali lipat dari berat tubuhnya, lalu menempuh perjalanan jauh dengan membawa beban tersebut. Ketika benda tersebut jatuh, semut akan bangkit, mengambilnya kembali, dan melakukan tugasnya sampai selesai. Sama seperti entrepreneur, sebenarnya entrepreneur yang sukses adalah yang mempunyai mentalitas seperti semut.

Buku “Die Hard ANTrepreneur” ini berisi banyak cerita pribadi Nicholas Kurniawan dalam menerapkan filosofi semut di bisnisnya. Dengan membacanya, kita jadi memahami aplikasi nyata rahasia bisnis dari pemenang Wirausaha Muda Mandiri ini. Untuk Sobat Studentpreneur yang tertarik terhadap filosofi bisnis Niko, buku “Die Hard ANTrepreneur” sudah tersedia di seluruh Gramedia di Indonesia. Setelah membacanya, feel free untuk memberi komentar di sini dan kami akan meminta Niko mengomentarinya secara pribadi. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

Berbincang Dengan Nicholas Kurniawan – Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2013

Legenda Itu Telah Kembali, Bill Gates Kembali Aktif di Microsoft

Kunci Sukses Pebisnis Besar Dunia

Edbert Johnson

Edbert Johnson adalah Chief Creative Officer di Studentpreneur dan juga pendiri dari salah satu bisnis clothing line ternama di Surabaya.