Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Pengguna Ebay, Password Anda Mungkin Dibajak. Ini yang Harus Anda Lakukan


eBay memberitakan bahwa database mereka yang menampung setiap username, password, alamat email, alamat rumah, nomor telepon, dan tanggal kelahiran milik pengguna eBay baru-baru ini telah kena serangan hacker. Artinya data-data Anda tidak aman. Jadi, apa yang harus Anda lakukan?

 

Mengubah setiap rincian data Anda.

Meskipun password yang tersimpan pada database eBay sudah menggunakan teknologi enkripsi sehingga hacker mungkin tidak memiliki akses ke password Anda yang sebenarnya, namun segala sesuatu yang lainnya, disimpan dalam format plaintext. Mereka memiliki data mengenai nama, alamat, dan rincian Anda lainnya yang disimpan di eBay. Data ini mungkin dapat disalahgunakan untuk berbagai kepentingan yang tidak baik. Tak lama setelah eBay mengumumkan basis datanya telah dikompromi, beberapa pengguna iPhone di Australia mendapati perangkat mereka terkunci, dan mendapat ancaman agar mereka membayar jika ingin perangkat tersebut dibuka.

 

Haruskah mengubah password Anda?

Kapan saja situs seperti eBay kena hack, Anda harus segera mengubah password Anda. Apalagi jika Anda menggunakan password tersebut di situs lain, pastikan untuk mengubah password pada situs-situs lain juga. Pilih kombinasi yang kuat, terdiri dari huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol (jika memungkinkan). Dan yang paling penting, gunakan password yang unik untuk setiap account Anda.

ebay

Pastikan setiap website memiliki sandi yang berbeda-beda.

Menggunakan password yang kuat merupakan suatu keharusan. Tapi yang lebih penting adalah menggunakan password yang berbeda untuk setiap layanan yang Anda gunakan. Ketika Anda menggunakan password yang sama untuk beberapa layanan, hacker bisa memiliki kekuasaan hampir tak terbatas untuk kehidupan online Anda.

 

Gunakan Password Manager.

Anda tentu tidak mungkin mengingat setiap password yang kompleks dan unik untuk setiap layanan yang berbeda. Cara termudah melakukannya adalah menyimpan setiap sandi Anda menggunakan berbagai aplikasi pengelolaan password. Contohnya Keepass, 1Password, Personal Vault, LastPass, Dashlane, dan Roboform. Beberapa di antaranya gratis. Pilih salah satu yang Anda sukai.

 

Membuat sandi yang aman dengan Password Generator.

Fitur password generator hampir sudah ada di setiap aplikasi Password Manager. Fitur ini memungkinkan Anda membuat kombinasi password paling acak, dan paling aman hanya dengan satu kali klik.

 

Lengkapi website Anda dengan Salt & Hash untuk melindungi sandi Anda.

Bukan soal akun eBay Anda. Namun jika Anda memiliki website, Anda dapat belajar dari kasus eBay. Di dunia sekuriti online, Anda mungkin sering mendengar istilah “Salt” dan “Hash”. Istilah ini menggambarkan proses enkripsi yang menjadikan hacker semakin sulit untuk mengubah password yang terenkripsi ke dalam teks biasa. Sandi yang dienkripsi dengan teknologi ini akan cukup aman. Anda tidak perlu khawatir ketika data yang dicuri, password Anda tidak akan bobol.

 

Lengkapi website Anda dengan teknik 2FA.

Bukan pula soal akun eBay Anda, melainkan teknik keamanan website yang harus Anda ketahui. 2FA atau 2 Factor of Authentication akan membuat situs Anda semakin sulit untuk diretas. Cara kerjanya seperti ini: Setelah memasukkan username dan password Anda, sistem Anda akan secara otomatis mengirim kode pendek yang diperlukan untuk mengaktifkan akses ke akun user Anda. Layanan populer seperti Dropbox, Facebook, Twitter, Google, dan Apple menggunakannya.

 

Sebarkan tips ini kepada yang lain.

Pastikan orang yang mengelola akun eBay Anda, administrator website Anda, pelanggan Anda, sahabat eBay Anda, dan semua orang di sekitar Anda turut membaca saran ini. Password adalah bahasa yang universal. Setiap pengguna internet memilikinya. Namun seringkali mereka masih terjebak pada penggunaan password yang sama untuk banyak website. Jangan sampai orang di sekitar Anda masih melakukannya.

Anda bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Kazuhisa]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Nasehat Orang Terkaya Abad 19

Pakar Bisnis Thailand: Pasar Indonesia Sangat Potensial

Apple: Anda Sudah Tidak Butuh Google

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+