Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Pengguna Facebook Mencapai 69 Juta di Indonesia, Indonesia Menyimpan Potensi yang Besar Bagi Bisnis Anda


Banyaknya Pengguna Internet di Indonesia Harus Dimanfaatkan Pebisnis.

Indonesia adalah salah satu basis pengguna terbanyak dari Facebook. Anand Tilak, penanggungjawab Facebook untuk Indonesia baru-baru ini menyatakan bahwa di basis pengguna terbanyak ini, pengguna Facebook terus tumbuh hingga mencapai angka 69 juta. Dua kuartal sebelumnya, mereka melaporkan telah membukukan 65 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia. Yang berarti, selama 6 bulan ada peningkatan sebesar 6 persen. Menimbang dari survey Nielsen yang menyebut bahwa pada dasarnya akses internet di Indonesia bisa dibilang masih jarang, dan hanya 23 persen dari masyarakat yang berjumlah 240 juta orang memiliki smartphone, akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia adalah salah satu pasar terbesar Facebook. Kenapa bisa?

Salah satu jawabannya mungkin bisa ditemukan dari pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kebanyakan bisnis internasional dan investor tahu bahwa Indonesia memiliki populasi yang sangat besar dan kekayaan sumber daya alam. Tapi sedikit sekali yang memahami betapa cepatnya negara ini berkembang. Sebagai kekuatan ekonomi terbesar ke-16 di dunia, Indonesia booming berkat kombinasi konsumsi domestik dan pertumbuhan produktivitas. Indonesia memiliki value proposition yang menarik. Selama 20 tahun terakhir, peningkatan produktivitas tenaga kerja, sebagian besar dari sektor-sektor yang spesifik, telah menyumbang lebih dari 60 persen pertumbuhan ekonomi Indonesia. Produktivitas dan lapangan kerja telah meningkat secara bersamaan di 35 dari 51 tahun terakhir.

jumlah-pengguna-facebook-indonesia

Dan tidak seperti tipikal ekonomi macan Asia pada umumnya, Indonesia telah berkembang sebagai akibat dari konsumsi, bukan ekspor dan manufaktur. Pada tahun 2030, Indonesia akan mencatatkan 90 juta orang di kelas konsumsi tinggi, melebihi negara-negara lain kecuali China dan India. Dan pada tahun tersebut, berkat daya konsumsi yang tinggi, Indonesia diprediksi menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-7 di dunia, menyalip Jerman dan Inggris.

Tetapi, untuk memenuhi target pertumbuhan yang ambisius dan menarik investasi internasional, Indonesia harus berbuat lebih banyak. Termasuk menyelesaikan sejumlah masalah-masalah sosial seperti korupsi, dan birokrasi yang berbelit.

Dan soal Facebook, tampaknya mereka berhasil menuai hasil terbaik dari pasar Indonesia, bahkan Asia. Facebook melaporkan catatan revenue per-user mereka di setiap wilayah global pada akhir tahun lalu, sebesar $2,02 miliar. $278 juta di antaranya berasal dari negara-negara di Asia.

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Thos]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Orang Bugis Tersukses di Indonesia

Dari Pengusaha Furnitur Menjadi Orang Nomor 1 Indonesia

Ini Cara Dapatkan Modal Usaha Dari Bank Mandiri

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+