Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Prospek Bisnis Ikan Hias


Sebenarnya, Sebesar Apa Prospek Bisnis Ikan Hias?

Siapa yang tidak suka dengan ikan hias, mulai dari anak kecil sampai orang tua menyukai ikan hias. Jadi Anda harus tahu bahwa prospek bisnis ikan hias sangat bagus di Indonesia. Anda pasti melihat disetiap kota besar atau daerah-daerah pasti ada yang berjualan ikan hias. Selain harga yang ditawarkan murah, perawatan mudah serta jenis ikan juga tergolong banyak. Mari kita simak prospek bisnis ikan hias.

 

Jenis ikan hias yang banyak

Jika Anda sering berjalan-jalan di pasar ikan hias, maka Anda akan melihat beranekaragam ikan hias. Anda bisa menjual ikan hias air tawar maupun ikan hias air laut. Mulai dari ikan louhan, ikan koi, ikan arwana, ikan mas koki, ikan cupang dan sebagainya. Anda dapat memilih jenis ikan hias yang sesuai pasar didaerah Anda. Biasanya yang sering adalah ikan cupang dan ikan koi karena banyak peminatnya.

ikan-hias

Ikan hias mudah didapat

Anda tidak perlu susah-susah mencari bibit ikan hias keluar kota atau keluar pulau. Karena ikan hias sangat mudah didapat, mulai dari ikan cupang, ikan louhan sampai ikan koi. Dibeberapa daerah mungkin ada ikan yang khas, tetapi untuk ikan hias air tawar tidak ada spesifikasi khusus. Daya tarik ikan hias yang berada di keunikan dan keindahan membuat ikan hias berada dimana-dmana.

 

Budidaya mudah

Harga jual ikan hias memang berbeda dengan harga ikan konsumsi. Kalau ikan konsumsi memang dihitung dengan jumlah kiloan tetapi jika ikan hias dijual dengan harga per ekor. Inilah yang membuat harga ikan hias dijual dengan harga yang lumayan tinggi. Anda juga tidak memerlukan tempat yang luas untuk berbudidaya ikan hias, halaman rumah dengan akuarium bertumpuk juga bisa menjadi tempat budidaya ikan hias. Untuk budidaya yang besar, Anda harus memerlukan ruang ekstra dan bahkan kolam terbuka.

 

Menjual ikan hias air laut

Anda pasti pernah melihat ikan yang berwarna-warni, itu adalah ikan hias air laut. Ketika konsumen bosan dengan ikan hias air tawar yang itu-itu saja, Anda bisa melihat prospek bisnis ikan hias air laut. Memang perawatan dan budidayanya tidak semudah ikan hias air tawar, tetapi harga jual ikan hias air laut sangat tinggi. Anda mungkin bisa menjual clownfish, ikan yellow tangs, butterfly fish,ikan coral beauties.

 

Anda dapat mengeskpor ikah hias

Dengan lautan yang sangat luas, Indonesia memang menjadi surge bagi ikan hias. Banyak sekali ikan hias khususnya ikan hias air laut yang terkenal sampai ke luar negeri. Bahkan beberapa ikan hias air laut hanya ada di Indonesia. Ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi pengeskpor ikan hias air laut. Tentunya ditambah Anda menjaga kualitas ikan hias Anda. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Miwa]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Ini Waktunya Anda Keluar Dari Pekerjaan

Petani Muda Ini Berhasil Raup Untung Ratusan Juta Rupiah

Inspiratifnya Anak Muda Bogor Pemberi Harapan Bagi Warga Miskin

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+