Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis KickStarter

Rex – Beri Otak Robot Anda


Kami mempermudah pemula untuk membuat robot. Semakin banyak orang membuat robot, semakin maju dunia robotik.

Mike dan Kartik – Rex Alphalem

Seperti biasa, Tim Studentpreneur memprofilkan anak muda dengan proyek yang sangat menarik di Kickstarter. Kali ini, dua orang anak muda yang masih berkuliah di Carnegie Mellon University Amerika, meluncurkan sebuah proyek yang sangat menarik di KickStarter. Mike dan Kartik, keduanya bertemu di mata kuliah robotic di kampus, dan sama-sama mempunyai satu masalah. Pengembangan robot DIY (do-it-yourself), atau robot buatan amatir, terhambat dengan sulitnya mengatur sebuah board komputer. Belum lagi sulitnya menambahkan alat-alat seperti microcontroller, sensor, audio, dan apapun yang ingin Anda masukkan ke board tersebut. Sulitnya memodifikasi board komputer khusus robot ini menginspirasi Mike dan Kartik menciptakan Rex.

Kartik

Secara singkat, Rex adalah otak dari robot, berupa board komputer seukuran genggaman tangan orang dewasa yang bisa Anda hubungkan dengan berbagai alat robot secara mudah. Mike dan Kartik juga mengembangkan sistem operasi Alphalem berbasis linux untuk memberikan perintah dan menggerakkan robot apapun selama memakai otak Rex. Konektor antara Rex dengan komputer hanya seperti USB biasa, sehingga mudah digunakan untuk pemula sekalipun. Tujuan awal Mike dan Kartik dalam mengembangkan Rex memang untuk mempermudah pemula yang ingin menekuni dunia robotik dan menciptakan otak komputer yang bisa mereka gunakan sendiri dengan mudah.

Konektor USB yang terdapat dalam Rex memungkinkan Anda menghubungkan kamera, speaker, dan mic ke robot, memungkinkan fitur tambahan keren dalam robot Anda. Dengan sedikit belajar programming melalui sistem operasi Alphalem, Anda bahkan dapat memasukkan algoritma pengenalan benda dan suara pada robot Anda. Salah satu fitur penting lainnya dalam Rex adalah kemampuan mematikan motor robot tanpa harus mematikan semua sistemnya. Apabila Anda sedang menciptakan robot yang Anda tidak yakin akan bergerak seperti apa, fitur ini akan sangat berguna, sehingga Anda tidak perlu mengambil resiko mematikan sistem yang bisa merusak robot.

Mengenai sistem operasi Alphalem yang mengendalikan Rex, bagi Anda yang terbiasa membuat robot dengan programming Arduino tidak akan merasa kesulitan. Alphalem juga mengenali C, C++, serta Python. API serta library untuk mendukung programming fitur umum robot seperti komunikasi, pengenalan wajah, serta membaca sensor juga sudah ditambahkan, sehingga Anda bisa menggunakannya dengan mudah. Rex, dengan Alphalem, bisa digunakan untuk robot kecil buatan rumah, sampai robot besar dengan kemampuan hebat.

Bagi Sobat Studentpreneur yang tertarik, langsung saja tonton videonya di sini:

 

Tertarik untuk membantu? Langsung saja kesini:

getinvolved-button

 

 

Baca juga proyek Kickstarter menarik lainnya, dompet kayu ciptaan anak Indonesia.

Wedya Agung

Wedya Agung adalah kreator Gombalin, aplikasi Android yang sempat menjadi aplikasi terlaris ke-3 di Indonesia

Facebook Twitter