Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tiga Cara Meningkatkan Kreativitas Karyawan


Dalam suasana persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk terus berinovasi. Salah satu modal utama dalam bagus atau tidaknya inovasi perusahaan adalah kemampuan masing-masing karyawan di perusahaan tersebut untuk lebih kreatif lagi. Kreativitas adalah bahan bakar utama inovasi. Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa semua karyawan di perusahaan mempunyai level kreativitas yang cukup tinggi agar perusahaan dapat menjadi perusahaan yang inovatif. Ini dia tiga cara meningkatkan kreativitas karyawan yang bisa Anda terapkan untuk menjadi perusahaan yang inovatif.

 

hackathon

 

Istirahatkan Otak dan Bersenang-Senang

Percaya atau tidak, meskipun terkesan hura-hura, Anda perlu menyiapkan sebuah event khusus yang mempertemukan karyawan Anda untuk bersenang-senang. Cara yang sering digunakan di Studentpreneur adalah mengadakan lomba game. Kami percaya bahwa game bisa membuat kita lebih kreatif, dan lomba game menciptakan semangat bersaing bagi para karyawan, serta mendekatkan mereka secara personal. Tentunya lomba game ini diadakan di luar jam kerja. Biasanya, ide-ide event menarik justru muncul ketika kami bermain game, yang kami tidak segan untuk langsung membahas setelah bermain game tersebut. Dengan otak yang lebih segar, ide kreatif akan muncul lebih mudah di kepala semua orang.

 

Hackathon

Istilah hackathon sangat populer di kalangan startup digital. Hackathon mewajibkan karyawan Anda untuk menciptakan sebuah produk baru hanya dalam waktu beberapa hari. Setidaknya, prototype produk tersebut sudah harus jadi untuk siap dikembangkan menjadi produk hit. Salah satu perusahaan dengan penerapan hackathon terbaik adalah facebook. Mark Zuckerberg mewajibkan semua karyawan facebook, bahkan karyawan yang tidak berkaitan dengan hal teknis seperti marketing, untuk mengikuti hackathon perusahaan yang rutin. Hampir semua produk inovatif seperti timeline, news stream, facebook chat, dihasilkan dari hackathon yang hanya berjalan selama weekend. Perusahaan bisa memberikan insentif contohnya sejumlah uang bagi tim internal yang dianggap menciptakan produk paling inovatif selama hackathon berlangsung.

 

Kelas Akting Untuk Karyawan

Mengikutkan karyawan ke kelas akting dan meningkatkan kemampuan improvisasi mereka bisa menjadi salah satu cara untuk membuat karyawan lebih kreatif. Perusahaan yang menerapkan cara ini adalah Method, pembuat produk pembersih dari Amerika. Karyawan dilatih untuk memahami seni akting, seperti cara berdiri, bernapas, dan bahkan cara berpikir yang baik. Dengan fokus Method di customer service, pelatihan ini tentunya membuat karyawan jadi lebih tenang apabila menghadapi keluhan pelanggan. Mereka ingin menciptakan karyawan yang “aneh, kreatif, tapi sederhana”. Bahkan, untuk menekankan fokus mereka pada customer service, semua posisi di Method, meskipun Anda di manajemen puncak, harus menghabiskan setidaknya satu hari di bagian resepsionis, agar Anda menjadi lebih kreatif dalam menghadapi masalah.

Baca juga cara mencari ide nama domain bagus untuk bisnis Anda. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami.

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter