Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Twitter IPO Saga 1 – Peter Currie


Berita IPO Twitter telah menjadi salah satu berita paling heboh dalam industri IT tahun ini. Twitter mampu menjadi perusahaan terbesar kedua dalam hal mengumpulkan dana dari IPO teknologi sepanjang sejarah. Banyak sekali jutawan baru lahir dalam pesta IPO ini, terutama jajaran pendiri dan investor awal Twitter. Sebenarnya, siapa saja orang-orang yang paling diutungkan dengan keberhasilan Twitter melakukan IPO? Tim Studentpreneur telah menyusun profil menarik dari 8 orang yang mendapatkan penghasilan paling besar dari IPO Twitter, mulai dari tim pendiri Biz Stone, Evan Williams, Jack Dorsey, karyawan kunci seperti Dick Costolo dan Adam Bain, jajaran board seperti Peter Currie, dan investor awal seperti Chris Sacca dan Suhail Rizvi. Laporan khusus ini akan dikemas dalam 8 seri “Twitter IPO Saga”, dan dimulai dengan Peter Currie.

 

peter currie

 

Apa Posisi Peter Currie Di Twitter?

Saat ini, Peter Currie menjabat sebagai salah satu anggota board Twitter sejak Desember 2010. Terkenal sebagai “legendary money man” di Silicon Valley, Peter Currie adalah salah satu orang kunci di balik keberhasilan Twitter meyakinkan para investor di Wall Street dan Nasdaq. Dia bukan hanya anggota board biasa, namun salah satu orang yang sangat berpengaruh dalam semua keputusan kunci Twitter, terutama yang berkaitan dengan keputusan finansial.

 

Berapa Uang yang Didapatkan Dari Twitter?

Peter Currie mempunyai 291.666 lembar saham Twitter, yang akan bernilai sekitar 13 juta Dollar pada penutupan hari pertama perdagangan saham Twitter. Tidak terlalu besar mengingat penghasilan Peter Currie dari perusahaan lain bisa mencapai 8 juta Dollar per tahunnya. Namun dalam jajaran board Twitter non-investor, dia termasuk salah satu yang menghasilkan uang paling banyak.

 

Cerita Singkat Tentang Peter Currie

Julukan “Legendary Money Man” di Silicon Valley untuk Peter Currie bukan isapan jempol biasa. Dia adalah CFO (Chief Financial Officer) di perusahaan internet pertama yang sukses, Netscape. Peter berhasil membawa Netspace IPO sekaligus menjadikan Netscape IPO paling sukses dalam sejarah internet ketika itu. Keberhasilan Netscape bahkan memberikan dampak besar dalam industri IT, dengan fenomena IPO Mania yang diikuti dengan internet bubble pada awal tahun 2000. Meskipun pada akhirnya Netscape berhasil dihancurkan Microsoft dengan menggratiskan Internet Explorer, nama Peter Currie sudah diasosiasikan dengan “money man”-nya dunia teknologi.

Sentuhan dari Peter tidak pernah hilang, dengan menjadi orang penting dibalik investasi besar terhadap Flipboard serta New Relic. Dengan rekomendasi rekannya di Netscape yang kini menjadi investor utama facebook, Marc Andreessen, facebook juga mengajak Peter Currie menjadi board penasehat untuk urusan financial. Sekali lagi, “legendary money man” bekerja dengan sangat baik, membantu Mark Zuckerberg melakukan IPO di facebook dan menghasilkan IPO terbesar di dunia teknologi. Seperti perannya di Twitter, Peter Currie juga menjadi orang kunci dalam setiap keputusan facebook yang berkaitan dengan strategi financial.

 

Uang Dari Twitter Digunakan Untuk…

Sejujurnya, penghasilan dari IPO Twitter tidak terlalu besar bagi seorang Peter Currie. Kemungkinan besar, Peter yang juga tergabung dalam sebuah venture capital akan terus berinvestasi di dunia teknologi, menghasilkan lebih banyak uang. Peter Currie juga tergabung sebagai board tidak hanya di Twitter, tapi juga di CNET Networks, Critical Path, Sun Microsystems (Java), dan lain-lain. Satu hal yang pasti Sobat Studentpreneur, julukan “legendary money man” akan terus melekat pada dirinya, membantu banyak perusahaan teknologi untuk berhasil di pasar saham.

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+