Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

6 Bisnis ini Berhasil Mendunia Berkat Strategi yang Unik dan Nekat


Mereka Melakukan Segalanya Untuk Membuat Bisnisnya Jalan. Apa Saja Strategi Gilanya?

Anda mungkin sering mendengar cerita-cerita tentang kesuksesan bisnis dari orang-orang yang dropout dari kuliah, atau hidup di sofa rumah teman mereka, atau makan ramen setiap hari selama satu bulan. Namun percaya atau tidak, ada cerita yang lebih gila dari itu. Terutama jika menyangkut soal pendanaan dan marketing. Berikut 6 yang bisa kami kumpulkan.

 

Airbnb mendapat dana awal mereka dengan menjual sereal.

Airbnb, layanan yang memfasilitasi orang-orang menyewakan kamar mereka untuk wisatawan, berhasil mencetak keuntungan $1,3 miliar. Namun di awal-awal, bisnis ini susah mencari investasi, sampai-sampai untuk mengumpulkan uang, para founder harus menjual sereal sendiri. Mereka membeli sereal dalam jumlah besar, memasukannya dalam kardus-kardus, dan memberi merek sendiri dengan tema politik seperti Obama O, Captain McCain, dan Breakfast of Change. Dalam dua bulan, mereka menjual 800 untuk harga $40 masing-masing, dan mendapatkan lebih dari $30.000.

alexis-ohanian

Para pendiri Reddit menciptakan ribuan akun palsu.

Reddit, yang dikenal sebagai “Front Page Internet,” adalah sebuah situs berita berbasis user-generated. Pada 2013, ia memiliki 731 juta pengunjung unik. Namun, ketika pertama diluncurkan di tahun 2005, begitu sedikit pengunjung yang datang sehingga para pendiri mengoperasikan beberapa account palsu dan menanggapi diri sendiri demi menampakkan adanya lalu lintas. Strategi ini terbayar. Seiring dengan basis pengguna nyata yang terus tumbuh, mereka bisa meninggalkan akun palsu mereka.

 

PayPal membagi uang secara cuma-cuma.  

Layanan pembayaran online PayPal sekarang berhasil mengalirkan transaksi sebesar $315.300.000 per hari. Tapi ketika perusahaan pertama kali berdiri, para pendirinya harus membayar pengguna baru sebesar $10 untuk bergabung demi mendapatkan lalu lintas. Tapi strategi ini terbayar ketika kemudian mereka berhasil membukukan 1 juta pengguna hanya dalam waktu satu tahun keberadaannya.

 

Pendiri Pinterest menulis surat secara pribadi kepada ribuan pengguna.

Situs media sosial Pinterest kini memiliki basis 70 juta pengguna di seluruh dunia. Pada awalnya begitu kecil, hingga Ben Silberman, salah satu pendirinya harus menulis secara pribadi untuk 7.000 orang pertama yang bergabung dengan situs ini.

 

Instacart menggunakan enam kaleng bir untuk menarik perhatian dari mitra akselerator.  

Apoorva Mehta, CEO Instacart memiliki cara yang unik untuk mendapat perhatian Y Combinator, sebuah akselerator untuk startup. Demi menunjukkan kecepatan layanan pengiriman Instacart, Mehta mengirim enam kaleng bir dengan Instacart kepada Garry Tan, salah satu pendiri YC. Setengah jam kemudian, ia mendapat telepon dari Tan. “Dia meminta saya untuk datang ke markas YC di hari berikutnya,” kenang Mehta.

 

Pendiri Salesforce dan stunt pemasarannya yang ekstrem.

Salesforce, sebuah perusahaan cloud computing, mendapat predikat dari Forbes sebagai perusahaan paling inovatif di Amerika. Semua ini berkat orang yang bekerja di baliknya. Sang founder, Marc Benioff terkenal dengan teknik pemasarannya yang gila. Dia pernah menyewa demonstran palsu untuk mengganggu konferensi saingan terbesar mereka, dan mengkomandoi semua taksi di acara tersebut untuk memberikan para tamu undangan 45 menit tur lapangan tentang Salesforce. Benioff juga pernah sengaja mendapat masalah karena menampilkan Dalai Lama pada poster yang mengatakan, “Tidak ada perangkat lunak pada jalur menuju pencerahan”.

Dia juga pernah menyelenggarkan pesta gila dengan 90.000 tamu, di mana ia mengundang musisi seperti Metallica, MC Hammer, Red Hot Chili Peppers, dan pemimpin-pemimpin bisnis dunia seperti Richard Branson dan Tony Robbins.

 

Kesimpulan

Artinya, di setiap bisnis yang sukses, ada pemilik yang ngotot memperjuangkan perkembangan bisnis mereka.  Bagaimana dengan bisnis Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Matt]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Ini Dia Orang Dibalik Kekayaan Prabowo Subianto

Cerita Inspiratif: Orang-Orang Gagal yang Berhasil Mengubah Hidupnya Menjadi Tersukses di Dunia

Ditawari Pekerjaan Hebat di Amerika, Pemuda Ini Pilih Mengejar Mimpi di Indonesia

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+