Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Plus Minus Investasi Emas Dengan Kredit


Inilah plus minus investasi emas saat membelinya dengan cara kredit

Memiliki investasi dalam produk emas akan membuat kondisi keuangan Anda menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan nilai tukar emas yang lebih stabil dibandingkan produk investasi lainnya. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk berinvestasi emas sesuai dengan kemampuan finansial Anda, yaitu membelinya secara tunai atau dengan cara kredit. Dengan cara cicilan maka Anda bisa membayar uang muka dan sisanya dibayar dengan dicicil setiap bulan sampai batas waktu yang telah ditentukan. Setelah melunasi cicilannya maka emas tersebut akan diserahkan kepada Anda. Selain itu, Anda bisa memenuhi beberapa kebutuhan jika menggunakan investasi emas. Pasalnya, investasi emas bisa digunakan sebagai dana darurat, dana pendidikan, dana pensiun ataupun sebagai modal usaha.

 

Plus dan minus mencicil emas

Berinvestasi dalam produk emas memang memberikan keuntungan jangka panjang tersendiri sekalipun membelinya dengan kredit. Pasalnya, memiliki emas dengan cara mencicil tidak membutuhkan modal besar. Anda diharuskan membayar uang muka yang besarnya sudah disesuaikan dengan harga emas. Bahkan, bisa jadi nilainya akan menjadi semakin tinggi karena biasanya harga emas selalu naik dari waktu ke waktu. Namun, mendapatkan emas dengan cara mencicil juga memiliki resiko. Hal ini terjadi lantaran suku bunga kredit yang ditetapkan ataupun biaya kredit lainnya terhadap nilai emas yang membuatnya menjadi lebih mahal daripada membelinya secara tunai. Selain itu, investasi emas dengan mencicil memiliki resiko lebih tinggi disaat harga emas menurun. Walaupun harga emas selalu naik, tapi tidak ada pakar ekonomi yang bisa memastikan bahwa nilai emas akan selalu bernilai tinggi.

 

Tempat untuk mendapatkan emas

Ada banyak tempat yang menawarkan emas bagi Anda. Diantaranya adalah tempat pegadaian dan juga bank syariah yang memang menjual emas dengan cara mencicil. Namun, sebelum Anda memastikan ingin membeli emas dengan cara mencicil maka sebaiknya perhatikan skema pembayarannya terlebih dulu. Anda bisa meminta informasi sebanya-banyaknya kepada petugas kreditur terkait bagaimana pembayaran cicilan emas disaat harganya sedang naik atau turun. Selain itu, pastikan tidak ada biaya administrasi yang terlewat sehingga tidak akan menjadi beban tersendiri bagi Anda dalam membayar cicilan emas.

 

Pilih dalam bentuk batangan ataupun koin

Dalam memilih investasi emas, maka sebaiknya Anda memperhatikan wujudnya. Artinya, Anda lebih baik memilih investasi emas dalam bentuk batangan ataupun koin. Jangan sampai berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan lantaran hal tersebut akan membuat nilainya turun. Pasalnya, nilai emas dalam bentuk perhiasan akan dipotong biaya pembuatan yang membuat nilainya menjadi lebih rendah.

 

Perhatikan tenor cicilan emas

Pada dasarnya, semua orang yang mengajukan kredit pasti akan memperhatikan tenor atau masa pelunasan pinjamannnya. Begitu pula dengan cicilan emas, besarnya jumlah emas yang dibeli dan uang muka yang dibayarkan akan berpengaruh pada tenor cicilan emas Anda. Biasanya, uang muka emas batangan harus dibayar minimal 20% dimana hal tersebut sesuai dengan kebijakan Bank Indonesia. Sementara itu, uang muka emas untuk perhiasan biasanya sedikit lebih besar yakni 30%.

Tenor cicilan emas paling singkat yang biasanya diberikan adalah dua tahun dan yang paling lama adalah lima tahun. Namun, terkait dengan masa pelunasan atau tenor ini biasanya bisa berubah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jangka waktu yang panjang akan memungkinkan bagi Anda untuk membayar cicilan emas lebih ringan. Namun, jangka waktu pembayaran cicilan yang lebih panjang akan menjadikan bunga pembayarannya menjadi lebih besar. Oleh karena itu, Anda harus lebih bijak dengan membandingkan kemampuan finansial dan jumlah emas yang akan dibeli secara kredit serta memperhatikan tenornya.

 

Sebaiknya mengasuransikan emas yang dibeli secara kredit

Emas yang dibeli secara kredit ataupun tunai sebaiknya diasuransikan demi menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berinvestasi. Pasalnya, dengan diasuransikan akan membuat emas Anda terlindungi saat hilang. Biasanya, biaya asuransi akan dibebankan kepada nasabah namun ada juga beberapa pihak kreditur yang justru menanggung biaya asuransi emas. Oleh karena itu, pastikan Anda mendapat informasi yang tepat dan lengkap sebelum memutuskan membeli emas dengan cara kredit.

Gold-Bar

Memiliki investasi emas yang nilai jualnya selalu stabil akan membuat Anda memiliki jaminan keuangan yang lebih baik di masa mendatang. Apakah Anda juga sedang berinvestasi emas? Silakan tulis komentar Anda melalui kolom di bawah ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: John]

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Jangan Takut Hutang!

Orang Terkaya ke-3 Dunia Dulunya Anak Seorang Buruh Miskin

10 Bisnis Aneh yang Membuat Beberapa Orang Menjadi Super Kaya

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+